Presiden Ahmadinejad Nyatakan Siap Jadi Astronot untuk Iran

Dubai – Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad, mengatakan siap menjadi orang pertama yang dikirim ke orbit oleh program ruang angkasa Iran.

Minggu lalu, Iran menyatakan telah berhasil meluncurkan monyet ke luar angkasa dan membawanya kembali dalam kondisi hidup. Capaian itu dinilai sebagai langkah besar menuju misi mereka mengirim manusia ke ruang angkasa.

Keberhasilan peluncuran itu justru menambah kekhawatiran barat. Barat menilai teknologi roket yang sama berpotensi untuk digunakan membawa hulu ledak nuklir pada rudal balistik.

“Saya siap untuk menjadi orang pertama yang akan dikirim ke luar angkasa oleh para ilmuwan Iran,” kata Ahmadinejad, Senin lalu, di sela pameran pencapaian ruang angkasa di Teheran, menurut kantor berita Mehr. “Mengirim makhluk hidup ke ruang angkasa adalah hasil dari upaya Iran dan dedikasi dari ribuan ilmuwan Iran.”

Ahmadinejad terkenal karena komentar provokatifnya. Tidak jelas apakah rencananya itu benar-benar serius. Masa jabatan keduanya sebagai Presiden Iran akan berakhir pada Agustus 2013.

Sumber: Tempo

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: