Proyek Pembuatan Otak Tiruan

Jakarta – Manusia membuat otak tiruan dengan teknologi artificial intelligence. Otak tiruan ini berguna untuk mendeteksi penyakit otak.

Otak manusia adalah perangkat yang canggih. Manusia tidak mampu membuat tiruan yang menyerupai otak. Dan walaupun komputer dapat bekerja dengan baik dalam hal penyimpanan memori, tapi tetap ia tak bisa bekerja sebaik otak.

Namun ternyata manusia bisa memadukan kedua fungsi perangkat tersebut (komputer dan otak). Proyek Blue Brain dimulai tahun 2005 oleh orang Swedia, Henry Markram.

Diberitakan Discovery, proyek ini berusaha menciptakan otak elektronik untuk membantu manusia, menghasilkan simulasi kerja otak.

Alat ini dapat memberi informasi kepada para ahli syaraf otak untuk mendiagnosis dan mengobati penyakit otak. Markam menggunakan perangkat komputasi khusus, yang menangani replika yang menyerupai otak sungguhan. Teknologi yang digunakan dalam proyek Blue Brain adalah artificial intelligence (kecerdasan buatan). Sumber: Inilah.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: