Survey: Manusia Akan ke Mars 20 Tahun Lagi

Massachusetts – Sebuah jajak pendapat menghasilkan temuan bahwa 71% dari publik di AS percaya manusia akan pergi ke planet Mars dalam 20 tahun mendatang. Apa alasannya?

Jajak pendapat itu dibuat oleh kelompok advokasi nirlaba bernama Explore Mars bekerja sama dengan sebuah firma yang bergerak di bidang public relations untuk mengukur opini publik tentang eksplorasi Mars.

Dari situ, didapati bahwa warga AS meyakini manusia dapat pergi ke Mars. Setelah diberitahu jika saat ini ada robot milik NASA yang beroperasi di planet merah tersebut, 67% dari mereka setuju AS harus mengirim manusia dan robot.

Dilaporkan PopSci, 73% dari mereka berpikir penghalang terbesar pergi ke Mars adalah masalah keterjangkauan biaya, sementara 67% berpendapat hambatan terbesarnya adalah masalah politik. Adapun kemampuan teknologi dan motivasi tidak dilihat sebagai kendala utama.

Mengapa manusia harus pergi ke Mars?

Tiga alasan utama adalah untuk memahami Mars lebih baik, untuk mencari kehidupan dan untuk mempertahankan kepemimpinan AS di mata dunia, demikian menurut para responden.

“Hasil jajak pendapat ini adalah pemberitahuan bagi para pemimpin kita bahwa rakyat AS masih memiliki jiwa penjelajah,” papar Chris Carberry, Direktur Eksekutif Explore Mars.

Jajak pendapat ini dilakukan pada tanggal 4 Februari hingga 6 Februari 2013 dengan melibatkan 1.101 responden.

Sumber: Inilah.com

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: