Cara Membuat Api Cukup Dengan Botol Plastik

Saat menjadi anggota Pramuka, sebagian dari kita mungkin pernah diajarkan bagaimana cara untuk “membuat api” dengan peralatan sederhana. Hal tersebut berguna saat kita dalam kedaan terdesak, seperti tersesat di hutan, atau gurun, dan kita memerlukan api untuk bertahan hidup.

Salah satu alat sederhana yang dapat digunakan untuk menyalakan api ialah botol air mineral. Mungkin banyak yang belum tahu bagaimana cara membuat api dengan botol plastik. Dalam video yang diunggah ke YouTube berjudul ‘Start a Fire With a Water Bottle bisa menjadi panduan bagi Anda untuk membuat api dengan botol plastik.

Langkah 1

Pastikan isi botol plastik diisi dengan air atau cairan lain, ukuran botol tidak penting, namun pastikan bagian atas botol halus dan berbentuk bulat. Gunakan botol plastik bening, botol berwarna tetap bisa digunakan tetapi mereka akan lebih sulit untuk memfokuskan panas matahari.

Setelah itu, siapkan tiga lembar kertas, pastikan bahwa kertas memiliki tinta hitam, atau warna gelap lainnya di dalamnya. Semakin gelap permukaan, semakin baik kertas akan menyerap panas, namun jika Anda hanya memiliki kertas putih, gosoklah bagian dari kertas ke dalam tanah untuk membuatnya menghitam.

Langkah 2

Lipat lembaran kertas tersebut higga tiga lipatan, jangan lupa pastikan bagian hitam pada kertas akan terkena sinar matahari langsung. Bagian hitam tersebut akan berfungsi sebagai panel penangkap sinar matahari untuk menyalakan api.

Siapkan pula dua lembar kertas lainnya, lalu robek menjadi setengah. Lipat empat buah kertas yang Anda miliki bersama-sama, lipat kembali kertas-kertas tersebut menjadi setengah.

Langkah 3

Robek label kemasan yang terdapat pada botol yang telah terisi air, lalu gunakan bagian pinggiran botol yang berbentuk cembung sebagai kaca pembesar untuk membiaskan sinar matahari. Setelah itu, fokuskan pantulan sinar matahari pada bagian tepi botol pada bagian hitam kertas.

Jika berhasil, asap akan mulai keluar dari bagian hitam kertas yang terkena pantulan sinar matahari. Api dari asap tersebut akan membakar dan membuat lubang kecil pada bagian hitam kertas.

Langkah 4

Setelah lubang kecil terbentuk pada kertas, masukan lembaran kertas tersebut ke dalam potongan kertas lainnya, lalu ayunkan kertas yang telah berasap tersebut perlahan-lahan hingga membuat api semakin besar. Dengan empat lembar kertas yang melapisi, Anda akan memiliki api yang cukup besar untuk digunakan.

Sumber: Okezone

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: