Inilah Galium Nitrid, Pengganti Silikon Semikonduktor Di Masa Depan

Material silikon yang telah 60 tahun bertahan sebagai material utama pembuatan semikonduktor sebagai jantung transistor berpotensi tergantikan oleh material baru yang lebih hemat. Material pengganti tersebut bernama galium nitrida atau GaN. Meskipun belum dipakai di komputer, semikonduktor GaN telah mulai dipakai di purwarupa mobil pintar, perangkat realitas virtual, dan siap digelar di berbagai produk elektronika konsumer.

Adalah Alex Lidow yang sepanjang kariernya berupaya mencari material yang bisa menjalankan operasi elektronika lebih cepat dan mampu menahan kondisi kerja yang lebih berat dibandingkan silikon. Tak heran beliau dijuluki sebagai “Bapak Revolusi GaN”.

Transistor yang dibuat dari GaN bisa dihidupkan dan dimatikan lebih cepat serta mampu menahan voltase lebih tinggi dibandingkan silikon. Keunggulan lainnya, dengan GaN, produk dimungkinkan untuk dibuat lebih kecil namun tetap berkinerja lebih cepat, pintar, serta hemat energi.

Karena transistor GaN bisa dihidupkan dan dimatikan lebih cepat dibandingkan silikon. memungkinkan untuk mengontrolnya dengan lebih presisi. Sebagai hasilnya, perusahaan bisa membuat sistem konversi daya listrik yang lebih kecil dan efisien untuk dipakai di industri atau rumah.

Guru besar teknik elektro dan teknik komputer Universitas California di Santa Barbara Umesh Mishra menyatakan, bila seluruh perangkat diganti dengan transistor berbahan GaN, diperkirakan akan terjadi penghematan listrik setara dengan 40 pembangkit listrik tenaga nuklir per tahun.

Disadur dari Republika “Material Ini Bisa Gantikan Silikon sebagai Transistor”

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: