Inilah 6 Aplikasi Tablet Baru dari Adobe

Jakarta – Meski Adobe Flash tak bisa berjalan di iPad, bukan berarti Adobe akan mengacuhkan begitu saja platform tersebut. Serangkaian aplikasi baru dari Adobe telah disiapkan untuk iPad serta perangkat tablet lain berbasis Android.

Aplikasi itu diumumkan dalam konferensi tahunan MAX 2011. Bersamaan dengan itu, Adobe juga mengumumkan layanan bernama Creative Cloud.

Enam aplikasi kreativitas itu dikenalkan sebagai seri Adobe Touch Apps. Meski demikian, keenamnya akan tersedia secara terpisah sebagai aplikasi independen yang terkait erat dengan layanan Creative Cloud.

Berikut adalah kilasan fitur masing-masing aplikasi seperti dikutip detikINET dari keterangan tertulis, Selasa (4/10/2011):

Adobe Photoshop Touch

Sesuai namanya, ini adalah Photoshop untuk tablet. Dijanjikan, aplikasi ini akan lebih garang dari aplikasi ‘menggambar’ lain yang ada di iPad.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna menggabungkan beberapa gambar / foto dalam layer-layer terpisah. Penyuntingan dan penggunaan filter pada gambar pun bisa dilakukan.

Salah satu fitur unggulannya adalah Scribble Selection Tool. Pengguna bisa memisahkan gambar dari latarnya dengan melakukan scribble (corat-coret) di atas area yang mau diambil lalu pada area yang mau dibuang.

Dok. Adobe

Adobe Collage

Aplikasi ini memberi kesempatan penggunanya untuk mengumpulkan gambar, foto ataupun teks dari berbagai tempat ke sebuah bidang yang disebut ‘mood board’.

Kemudian, setiap ‘mood board’ bisa diberikan tema warna yang sesuai, ditambahkan teks, impor foto hingga menggambar dengan empat jenis pena.

Dok. Adobe

Adobe Debut

Aplikasi ini ditujukan bagi mereka yang ingin mempresentasikan konsep atau mock-up ke klien. App ini bisa membuka file dari Creative Suite, termasuk Photoshop atau Illustrator. Sang klien pun bisa mencoret-coret atau memberi catatan langsung di atas gambar.

Dok. Adobe

Adobe Ideas

Aplikasi ini merupakan aplikasi gambar berbasis vector. Beberapa kemampuannya termasuk memilih tema warna dan menambahkan layer dari file gambar terpisah.

Dok. Adobe

Adobe Kuler

Pengembangan dari web-app Adobe Kuler, app ini digunakan untuk membuat tema warna yang diinginkan. Tema dari komunitas situs Kuler pun tersedia di sini.

Dok. Adobe

Adobe Proto

Aplikasi ini bisa dimanfaatkan untuk merancang prototipe desain antar muka, misalnya untuk aplikasi mobile, situs web dan lainnya. Hasil akhir bisa diekspor ke HTML, CSS dan JavaScript.

Dok. Adobe

Adobe akan menyediakan rangkaian Adobe Touch Apps pada November 2011 untuk Android. Sedangkan iPad baru akan diumumkan pada awal 2012, kecuali untuk Adobe Ideas yang sudah tersedia di iPad.

Diperkirakan app itu akan dijual pada kisaran harga USD 9.99. Harga itu sudah termasuk akses ke Adobe Creative Cloud untuk melihat, berbagi dan mengirim karya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: