WikiPedia for Android meraih 500.000 install di Dua Minggu Pertama

Aplikasi resmi Wikipedia untuk Android (Wikipedia for Android) yang baru saja diluncurkan beberapa minggu lalu kini telah mencapai 500.000 instalasi. Hal itu disampaikan oleh Tomasz Finc, direktur pusat Mobile dan Special Project Wikipedia dalam blog resmi Wikipedia.

“Kami melihat reaksi yang luar biasa dari pengguna kami dari Android. Kami mendapati lebih dari 500.000 instalasi telah dilakukan, dan membuat aplikasi WikiPedia for Android menjadi salah satu aplikasi dalam Top Free Book & Referense dan menjadi no 1 pada trending spot Android Market minggu lalu. ” Ungkap Tomasz.

Aplikasi tersebut sejatinya masih sederhana, namun praktis, sama halnya dengan versi WikiPedia biasanya. Pengguna dapat mencari artikel wiki yang diinginkan dan ditampilkan dalam tampilan yang disesuaikan untuk layar kecil. Faktanya, tampilan halaman wiki yang ada memang sangat familiar. Link, gambar dan sumber daya lainnya sangat mirip dengan Wikipedia regular.

Walaupun terkesan sangat mirip dengan versi web WikiPedia, namun salah satu hal yang patut diapresiasi dari aplikasi ini adalah platform developmentnya yang menggunakan HTML5. Aplikasi ini keseluruhan dibangun diatas platform HTML5, yang pada platform smartphone Android dan iPhone memang sudah didukung secara native.

Sumber: Softpedia, WikiPedia Blog.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: