Mozilla Boot2Gecko Siap Jadi Sistem Operasi Smartphone

JAKARTA–Kreator browser Web Firefox menjelaskan mengenai rencananya untuk merilis sebuah OS berbasis-Web murni untuk perangkat mobile, seperti ponsel.

Proyek Mozilla Foundation yang dinamai Boot to Gecko (B2G) akan menyediakan jalan bagaimana aplikasi-aplikasi Web mengakses perangkat keras, tulis Technology Review dalam catatan editornya.

Itu memungkinkan aplikasi-aplikasi Web berjalan secepat aplikasi ponsel pintar konvensional, dan membuatnya lebih mudah untuk port pada platform berbeda.

Boot to Gecko adalah proyek untuk membangun sebuah OS yang menjalankan HTML5, Javascript, dan CSS secara langsung dari perangkat tanpa perlu lapisan OS menengah.

Sistem ini akan mencakup pengalaman pengguna yang kaya, APIs baru yang mengekspos kekuatan ponsel modern melalui antarmuka Javacript sederahana.

Boot to Gecko memanfaatkan BrowserID, aplikasi ekosistem Open Web dan identitas serta aplikasi yang menempatkan pengguna dan pengembang dalam kendali.

Dalam wikimozilla, dijelaskan bahwa B2G tidak berbasiskan Android, dan tidak akan cocok dengan Android, mungkin tidak akan bisa menjalankan aplikasi-aplikasi Android.

Mozilla berencana untuk mendemonstrasikan proyeknya itu dalam kuartal pertama 2012 dan sudah diproduksi untuk ponsel pada kuartal berikutnya.

Sumber: Republika, Antara

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: