Habibie Segera Bangkitkan Lagi Produksi N250

Bandung – Mantan Presiden yang juga pernah menjabat sebagai Menristek, BJ Habibie membocorkan rencana untuk kembali membangkitkan pesawat N-250 pada konferensi pers seusai upacara bendera peringatan Hakteknas 2012.

“Besok saya akan menandatangani peresmian pendirian PT Ragio Afiasi Industri (RAI). Perusahaan ini merupakan hasil kerjasama PT Iltabi Rekatama dan PT. Eagle Cap,” ujar Habibie di Gedung Sate, Bandung, Jumat (10/8).


Menurut Habibie, PT Iltabi Rekatama yang dipegang oleh Ilham Habibie, menguasai 51% perusahaan. Sementara PT Eagle Cap yang dipegang oleh Erry Firmansyah (Dirut BEJ), menguasai 49% perusahaan.

Habibie mengatakan bahwa proyek pertama dari PT RAI adalah untuk membangkitkan pesawat N-250. “Namun semuanya tentu disesuaikan dengan kondisi sekarang. Mesin tentunya akan disesuikan dengan yang baru,” ungkapnya.

Habibie juga menyebutkan bahwa hasil dari pendirian PT RAI bisa dilihat dalam kurun waktu lima tahun ke depan.

“Nantinya untuk proyek PT RAI ini berbagai elemen seperti Kemenristek, BPPT, PT DI dan lain-lain akan turut dilibatkan,” ujarnya.

Pesawat N-250 pertama kali diluncurkan pada 1995 oleh IPTN (sebelum berganti nama menjadi PT DI). Pesawat tersebut seketika menjadi primadona di Indonesia. Bahkan menjadi ‘bintang’ di pameran Indonesian Air Show 1996.

Namun pada tahun 1997, proyek N-250 dihentikan karena krisis ekonomi yang melanda seluruh wilayah Asia saat itu. Sumber: Inilah.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: