Jateng Ditunjuk Jadi Provisi Desa Inovatif

Jawa Tengah telah ditunjuk sebagai provinsi percontohan untuk desa inovatif. Pemerintah provinsi ini menargetkan dalam waktu dekat akan mengembangkan desa di seluruh Jawa Tengah. Biro Perekonomian Jawa Tengah akan mengembangkan teknologi informasi (TI) agar desa menjadi lebih inovatif.

Menurut laman resmi Kadin Jawa Tengah, Provinsi Jawa Tengah menjadi provinsi pertama di Indonesia yang berkomitmen untuk pengembangan desa. Ini sesuai dengan slogan “Desa Bangun Desa”.

Secara nasional, ada tiga desa yang termasuk desa inovatif. Salah satunya Desa Jati Royo, Demak. Desa ini memiliki tanaman padi dan buah yang lebih unggul dibanding varietas lainnya.

“Ada juga di Karanganyar dan Boyolali. Namun, kami masih memiliki 29 kabupaten yang belum tergarap,” ujar Sri Puryono, kepala biro Perekonomian Jawa Tengah usai membuka Rembug Nasional Pengembangan Desa Inovatif di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang, Kamis 12 Juli 2012.
Tantangan pun hadir dalam pengembangan desa di 29 kabupaten itu. Untuk menuju desa inovatif, perlu dukungan sarana TI. Tapi, sarana ini tidak ada di desa-desa itu.

“Sedangkan sekarang IT itu penting, makanya kami akan coba fasilitasi dengan adanya WiFi untuk desa-desa itu,” tegas Sri Puryono. Sumber: Vivanews

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: