Kerjasama mig33 dan Gree dalam Pengembangan Game

Mig33, komunitas mobile-first terbesar di dunia, bekerjasama dengan Gree, penyedia layanan jaringan sosial terbesar di Jepang untuk mengadopsi platform Gree pada smartphone, membuka komunitas mig33 untuk social games developer di Jepang maupun di negara lainnya.

Perjanjian kerjasama ini akan memberikan kesempatan besar bagi para social games developer yang ingin meningkatkan jumlah pengguna baru dan memperbesar pendapatan, karena semua permainan yang sebelumnya hanya dikembangkan untuk platform Gree telah dapat diadaptasikan dan tersedia untuk 47 juta pengguna mig33 terdaftar saat ini.

Perjanjian mig33 dan Gree merupakan gaung dari pengumuman kerjasama Gree dan Tencent di China sebelumnya. Mencontoh model layanan Gree dan Tencent, mig33 membedakan dirinya dengan menyediakan komunitas mobile dan hiburan bagi miliaran konsumen yang berada dalam pasar mobile-first di Asia Tenggara, Asia Selatan, Timur Tengah dan Afrika.

Secara bersamaan, kedua kerjasama ini menunjukkan bahwa games developer di Asia dan sekitar dapat menciptakan social games dan aplikasi lain di mig33 dengan mudah, serta memanfaatkan ekonomi virtual mig33 yang bertumbuh cepat.

“Dengan senang hati mig33 bekerjasama dengan Gree. Hal ini tentu saja akan membuka kesempatan luar biasa bagi social games developer seluruh dunia,” kata Steven Goh, CEO dan co-founder mig33.

“Pengumuman hari ini juga akan mengubah wajah social games di seluruh Asia, dimana jutaan pengguna ponsel di pasar negara berkembang selain Cina dan Jepang sekarang dalam jangkauan,” ujarnya.

Terlepas dari peluang pasar yang sangat besar, mig33 juga membuka kesempatan bagi games developer untuk memonetisasi pasar di negara-negara mobile-first yang belum terjamah sebelumnya.

“Sistem merchant mig33 (penjual migCredit di mig33) yang unik telah berhasil memonetisasi pengguna mig33 di pasar yang sebelumnya sulit dijangkau, dan pembukaan platform GREE untuk smartphones tentunya akan memberikan kesempatan bagi pengembang social games untuk menghasilkan pendapatan dari pengguna mig33 yang besar dan potensial,” lanjut Goh.

Pemberitaan hari ini akan mengembangkan Program Game Developer mig33 yang telah diumumkan pada bulan November 2010 lalu, dimana menawarkan dukungan integrasi API penuh, kesempatan promosi yang signifikan, berbagai barang virtual dan pembagian pendapatan yang menguntungkan.

Beberapa partner pengembang games mig33 sangat antusias mengenai kesempatan yang lebih besar ini.

“Kooky Panda sangat senang untuk berpartisipasi dalam peluncuran platform GREE pada smartphone bersama mig33. Tidak hanya akan mempermudah integrasi games kami ke mig33 secara dramatis tetapi juga meningkatkan keterikatan pengguna, tetapi juga akan memungkinkan Kooky Panda untuk memperluas distribusi melalui platform GREE untuk smartphone secara mendunia,” ujar Cherry Wu, CEO dan Co-founder Kooky Panda yang berpusat di Beijing, Cina.

“Kami telah memiliki hubungan kerjasama yang hebat dengan mig33 dengan membawa social games kepada pengguna mig33. Saya yakin, peluncuran API ini memungkinkan kami untuk menyediakan permainan dengan pengalaman sosial yang lebih seru dan peluang monetisasi yang lebih baik,” ujar Alvin Yap, pendiri dan CEO Mobile Gamer.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: