Krait: Prosessor 2,5 GHz dari Qualcomm

Qualcomm pada kesempatan kali ini mengumumkan serangkaian informasi mengenai prosesor yang akan hadir pada generasi mendatang dalam jajaran keluarga Snapdragon. Prosesor tercepat dari Qualcomm akan hadir dengan kecepatan hngga 2.5GHz per core dengan nama Krait. Krait akan hadir dengan performance 150 persen lebih cepat dan memakan daya lebih efisien, hanya sekitar 65 persen daripada ARM. Rencananya prosesor ini akan hadir dengan pilihan single, dual hingga quad core sebagai seri Adreno GPU yang mampu menghadirkan empat 3D core dan terintegrasi dengan modem LTE (31/3).

Kehadiran prosesor terbaru dari Qualcomm rencananya akan ditanamkan untuk tablet yang mampu menghadirkan suara dolby stereoscopic hingga 7.1, serta memiliki kemampuan kamera sebesar 20 megapixel. Pada masa mendatang, Harry K. Nugraha selaku Senior Director and Country Manager Qualcomm International juge memaparkan akan hadirnya berbagai perangkat menggunakan sistem operasi Android dengan harga di bawah 3 juta, tentunya dengan dukungan chipset dari Qualcomm yang lebih cepat dan lebih hemat daya. Harry juga memaparkan beberapa perangkat sekarang menggunakan prosesor lain, namun niscaya prosesor Qualcomm yang telah berdiri lebih dari 25 tahun mampu menghadirkan kemampuan yang lebih cepat dari prosesor sejenisnya.

Prosesor dari Qualcomm hadir dengan chipset yang terintegrasi dengan modem, menjadikan ukurannya yang lebih kecil, lebih cepat, dan tentu saja lebih hemat daya, sehingga dapat digunakan pada berbagai perangkat dalam berbagai ukuran. Prosedurnya bahwa setiap brand yang menggunakan prosesor Qualcomm akan mendapatkan berbagai masukkan serta informasi akan bentuk perangkat yang akan dihadirkan, sehingga brand tersebut memudahkan dalam membentuk perangkat baru, karena bagannya telah diberikan. Setelah itu akan terjadi berbagai penyesuaian dan testing dalam beberapa waktu, baik dari sisi Qualcomm dan brand yang bersangkutan, sebelum pada akhirnya perangkat baru itu muncul dipasaran.

Keluarga chipsets Snapdragon dengan single-core adalam MSM8930, dengan dual-core adalah MSM8960 yang akan hadir pada pertengahan tahun ini, sedangkan jenis quad-core yaitu APQ8064 akan hadir pada pertengahan tahun 2012 mendatang. Seluruh jenis chipsets tersebut akan terintegrasi dengan solusi konektivitas seperti WiFi, GPS, Bluetooth dan FM termasuk di dalamnya dengan Near Field Communication (NFC), stereoscopic 3D (S3D) video dan menangkap foto.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: