Medyedev Terpilih Sebagai Perdana Menteri

J AKARTA — Majelis rendah parlemen Rusia atau Duma pada hari Selasa menyetujui Dmitry Medvedev sebagai perdana menteri dalam pemerintahan yang baru.

Para anggota parlemen memberikan suara 299-144 untuk memilih Medvedev. Ia didukung oleh dua dari empat fraksi Duma, yaitu Rusia Serikat dan Partai Demokrat Liberal Rusia.

Para anggota parlemen dari Partai Komunis Rusia dan A Just Russia memberikan suara menentang.

Dalam pidatonya kepada anggota parlemen, Medvedev mengatakan pemerintah baru akan fokus pada masalah ekonomi dan sosial.

Ia juga mengatakan akan siap untuk berdialog dengan semua partai politik ketika menjadi perdana menteri baru. Sebelum pemungutan suara, Presiden baru Rusia Vladimir Putin memperkenalkan Medvedev kepada anggota parlemen sebagaimana lazimnya.

Presiden menggambarkan calon perdana menteri adalah seorang tokoh politik yang berpengalaman, yang berdiri di belakang reformasi yang signifikan di negara itu.

Medvedev akan memiliki waktu sepekan untuk menyerahkan kepada presiden komposisi kabinet baru, serta calon wakil perdana menteri dan menteri-menteri federal.

Putin pada Senin menyerahkan satu rancangan undang-undang kepada Duma Negara, tentang pencalonan mantan Presiden Medvedev sebagai perdana menteri.

Medvedev memfokuskan selama kepresidenannya antara lain pada reformasi politik, modernisasi ekonomi, anti korupsi, promosi inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi.

Berdasarkan peraturan Rusia, untuk disetujui sebagai perdana menteri, calon harus mengumpulkan suara terbanyak di 450 kursi Duma Negara, yang berarti untuk mengumpulkan setidaknya 226 suara. Sumber: Republika

Iki piye toh, jabatan Presiden dan PM wolak-walik tok…

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: