Menerima Donasi Apple MacBook dan iPhone 5?

Pemikiran seputar gerakan FOSS ini mungkin terkesan konyol bagi anda yang hanya menggebu-gebu melahap ideologi FOSS Richard Stallman dkk. Seberapapun sempurna argumennya, FOSS bagi masyarakat developer awam masih sangat sulit memberi penghidupan yang layak. Untuk dapat hidup layak dari FOSS, anda harus punya produk yang populer, kaya fitur, efektif, efisien dan punya determinasi tinggi (baca: unik) dibanding produk lain. Masalahnya, tidak semua produk FOSS berujung populer mendatangkan rejeki bagi pembuatnya.

Jika berbicara dikonteks negeri ini yang penuh dengan dominasi materialisme dan hedonisme, menjual dengan gratis atau menjual dengan source code adalah hal yang menggunung dihati sebagai sesuatu yang membunuh diri sendiri. Tingkat pembajakan tinggi, baik kasar maupun intelektual tidak bisa membuat developer tidur nyenyak, apalagi ngopi dengan santai menikmati kebanggaan softwarenya dipakai orang banyak.

Pun demikian jika terjun ke pasar OEM ditanah air. Banyak hal yang bisa dibuat dengan Linux dan software-software jika ingin membuat sebuah perangkat khusus dari pabrikan yang populis. Softwarenya boleh saja opensource, tapi solusi kompak hardware-software plus Quality Assurance tidak bisa dimiliki publik secara luas. Ehh, tapi membuat pabrikan OEM disini juga hal yang sangat sulit. Semua barang masih harus impor dari China, kecuali plastik pembungkus dan kardusnya yang masih bisa dibikin massal disini.

Donasi Apple MacBook dan iPhone 5, adalah standar yang menurut saya tinggi untuk memenuhi kebutuhan mengopensourcekan sebuah produk. Katakanlah, oke saya opensource-kan produk saya ini selama setiap bulan Donasi yang jelas masuk sudah bisa memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. Jika tidak, hanya benar-benar ‘Geek’ saja yang menyempatkan waktunya mengoprek software untuk orang banyak tanpa memikirkan panggaweane dewe. Itulah yang kini dilakukan oleh pemilik Lunduke.com.

Berikan dulu saya MacBook dan iPhone 5 baru source code saya bebas kalian nikmati. Haha, KEMARUK !!!!

*) ditulis saat menanti pesanan Raspberry-pi datang, rencananya akan dioprek R&D untuk beberapa solusi OEM sekolah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: