Peluncuran Pesawat Soyuz TM21 untuk 50 tahun Peluncuran Yuri Gargarin

Pesawat antariksa berawak, Soyuz TMA-21 milik Rusia Selasa (5/4) dini hari waktu setempat diluncurkan menuju Stasiun Antariksa Internasional (ISS) dengan mengangkut awak stasiun yang baru.

Pesawat yang dikaitkan di atas roket pendorong Soyuz-FG diluncurkan pada pukul 02.18 waktu Moskwa dari pusat ruang angkasa Baikonur di Kazakhstan.

Soyuz TMA-21 telah mencapai orbit yang direncanakan setelah berpisah dari roket induk dan dijadwalkan berlabuh di ISS pada 7 April pukul 03.18 waktu Moskwa.

Anggota ISS yang baru terdiri dari kosmonot Rusia, Alexander Samokutyayev dan Andrei Borisenko serta astronot Amerika Serikat, Ronald Garan.

Mereka akan bergabung dengan awak ISS saat ini yang terdiri dari Kosmonot Rusia, Dmitry Kondratyev, astronot Badan Antariksa Eropa, Paolo Nespoli dan astronot Badan Antariksa dan Aeronautika Nasional (NASA), Catherine Coleman.

Peluncuran TMA-21 yang berjuluk “Gagarin” sebagai peringatan atas 50 tahun penerbangan antariksa oleh Yuri Gagarin sebenarnya dijadwalkan meluncur pada 30 Maret namun tertunda karena terdapat masalah teknik.

Video Persiapan peluncuran:

[media id=4 width=320 height=240]

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: