Pembatasan Penggunaan Ponsel di Korea Utara dicabut

Jakarta – Pemerintahan komunis Korea Utara dikenal sangat membatasi apa saja yang boleh dimiliki rakyatnya, termasuk ponsel. Namun sang pemimpin utama Korut, Kim Jong Un memperlunak kebijakan tersebut.

Kim Jong Un dilaporkan akan memperlonggar pembatasan kepemilikan ponsel. Akan lebih banyak ponsel tersedia untuk rakyat setempat. Meski memang panggilan hanya terbatas di dalam negeri, tidak bisa menghubungi nomor mancanegara.

Korut terbilang belum lama mengadopsi teknologi ponsel. Jaringan selular 3G baru didirikan pada tahun 2008. Dari sekitar 24 juta penduduknya, pelanggan ponsel baru di kisaran ratusan ribu. Itu pun beberapa kali sempat dilarang digunakan pada periode tertentu.

“Ini adalah bagian dari pencitraan Kim Jong Un untuk menghadirkan kesan hangat dan kebapakan,” kata Dong Yong Sueng, pengamat Korut dari Samsung Economic Research Institute yang detikINET kutip dari DailyMail, Rabu (4/7/2012).

Selain memperlonggar kepemilikan ponsel, Kim Jong Un juga memberi izin penjualan beberapa makanan yang semula dilarang. Seperti pizza, french fries dan burger.

Kim Jong Un sendiri baru berusia 29 tahun. Dia menggantikan ayahnya, Kim Jong Il yang meninggal dunia pada tahun lalu. sumber: detikINET

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: