Penjelasan Kemendikbud Soal Kegagalan UKG

JAKARTA – Kepala Badan Pembinaan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDM-PMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Syawal Gultom mengatakan, ada dua persoalan yang menyebabkan pelaksanaan uji kompetensi guru (UKG) di sejumlah daerah gagal dilaksanakan. Persoalan tersebut bersifat teknis dan administratif.

“Kalau teknis, bahwa operator di tempat uji kompetensi itu gagal melakukan instalansi program, set up program, padahal mereka sudah kita latih,” kata Syawal, di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Selasa (31/7/2012).
Syawal menjelaskan, meski petugas operator berhasil meng-install program, akan tetapi koneksi keserver menjadi gagal karena ada data yang tidak valid. Dalam pantauannya, ketidakvalidan data tersebut terjadi karena banyak guru yang mengubah datanya tanpa sepengetahuan panitia di tingkat daerah dan pusat.

“UKG online itu harus taat azas, tertib, tidak boleh diubah datanya. Kenapa? Karena server kita telah terisi data peserta dan mata pelajaran yang diujikan. Begitu nomor peserta dimasukkan, dia akan dapat soal ujian yang harus dikerjakan sesuai dengan mata pelajarannya,” kata Syawal.

Ia menekankan, semua guru peserta UKG akan mendapatkan soal sesuai dengan mata pelajaran yang diajarnya. Seorang guru Matematika, akan langsung mendapatkan soal Matematika setelah guru tersebut memasukkan nomor peserta.

“Kalau ada satu saja data yang diubah, tentu server tak akan bekerja,” katanya.

Seperti diberitakan, pelaksanaan UKG pada hari pertama, kemarin, diwarnai banyak permasalahan di sejumlah daerah. Secara umum, masalah lahir dari proses UKG online karena sistem yang tidak berjalan dengan baik. Terkait itu, banyak guru yang akhirnya “telantar” dan gagal mengikuti UKG. Sumber: Kompas

Kalau niat, lebih baik gandeng para engineer Detik, Kaskus, Kompas, Kapanlagi atau Tokobagus yang sudah berpengalaman menangani ribuan user sekaligus. Jangan coba-coba dengan perusahaan yang belum punya pengalaman menangani user dan page view jutaan deh!

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: