Unnes Serahkan 9.984 Sertifikat Pendidik bagi Guru se-Jawa Tengah

Pembantu Rektor Bidang Akademik Universitas Negeri Semarang Agus Wahyudin menyerahkan sebanyak 9.984 sertifikat pendidik kepada guru rayon 112 Unnes. Penyerahan secara simbolis dilakukan di ruang 405 Gedung H Lantai IV kampus Sekaran, Jumat (27/2).

Dalam sambutannya, Agus Wahyudin mengungkapkan, pemerintah sebenarnya tidak berhenti pada kata profesional, tapi lebih dari itu, guru hendaknya berkarakter dan bermartabat, ketiga hal tersebut menyatu dengan penerimaan sertifikasi pendidik atau sertifikasi guru. “Siapa pun yang memegang sertifikat pendidik itu, maka harus mengemban amanat itu” ujarnya.

Agus Wahyudin juga mengungkapkan, guru yang telah menerima sertifikat profesi akan mendapat tunjangan mulai tahun berikutnya. Setelah mendapat hak tersebut mereka harus bisa meningkatkan kompetensi serta profesional dalam mendidik siswa. ”Harapannya, guru yang saat ini lulus dan menyandang nama sebagai guru bersertifikat pendidik harus bisa menunjukkan bahwa dirinya profesional. Selain itu, mereka harus terus-menerus mengembangkan kompetensi, meningkatkan kinerja, dan menjadi teladan bagi guru lain,” ungkapnya.

Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Profesi (LP3) Unnes Prof DYP Sugiharto melaporkan, pada tahun 2011 jumlah peserta PLPG 11.167 orang, lulus 9.984 orang (89,9%), dan belum lulus 69 orang. 90 orang gugur dengan berbagai sebab.

“Dosen yang tersertifikasi tahun ini menyebar di tiga kementerian, yaitu kementerian agama, kementerian pendidikan dan kebudayaan, dan kementerian kelautan,” katanya.

Sumber: Unnes.ac.id

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: