Pesantren Lahirkan Produk Pendidikan Karakter

Jepara, NU Online. Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes), Prof Dr Sudijono Sastroatmodjo MSi mengungkapkan pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan tertua di Indonesia sejak lama telah melahirkan produk pendidikan karakter. Menurutnya, salah satu karakter yang menonjol adalah santri selalu menunduk dan unggah-ungguh kepada siapa saja terutama kepada seorang kiai.

“Santri menurut saya memiliki karakter yang luar biasa, unggah-ungguh serta sopan santunnya selalu dikedepankan apalagi hal itu ketika kali pertama saya menginjakkan kaki di pesantren ini,” ungkapnya dalam orasi pendidikan karakter yang disampaikan pada Rapat Koordinasi dan Pembinaan SMK Pesantren se-Jawa Tengah bertempat di pondok pesantren “Roudlotul Mubtadiin” Balekambang desa Gemiring Lor, kecamatan Nalumsari, Jum’at (08/4) kemarin.

Selain karakter sopan santun, menurutnya hal lain yang juga menarik adalah mengenai kerapian, kebersihan serta kedisiplinan. “Sebenarnya saya tidak pantas berbicara tentang pendidikan karakter karena disini sejak lama telah mengajarkan pendidikan karakter,” akunya.

Seharusnya, lanjut Sudijono pesantren yang semestinya berbicara mengenai pendidikan karakter kepada petinggi-petinggi negara ini.

Sementara, Wakil Bupati Jepara, H Ahmad Marzuqi SE dalam sambutannya mengatakan dengan Rakor dan Pembinaan SMK Pesantren se-Jawa Tengah dirinya berharap SMK Balekambang semakin maju berkembang apalagi kegiatan tersebut dilaksanakan pada bulan April.

“Bulan April kata KH Maimun Zubair adalah Rabi’ artinya kesuburan. Saya berharap SMK Balekambang semakin maju berkembang pada tahun-tahun yang akan datang. Sehingga SMK pesantren tidak kalah dengan SMK umum,” harapnya.

Dalam kesempatan itu, juga ditanda tangani MoU kerjasama antara SMK Balekambang dengan Universitas Negeri Semarang (Unnes), Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) dan IKIP Veteran Semarang. Hadir dalam kesempatan itu, Direktur PSMK Kemendiknas RI, Dr Joko Sutrisno.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: