Inilah Spesifikasi Komputer Server

Spesifikasi komputer server memang tidak serta merta didapat dengan pas. Semuanya tergantung kebutuhan dan jenis penggunaan si server itu sendiri. Untuk kebutuhan rumahan dengan kebutuhan untuk data center tentulah berbeda. Maka, inilah spesifikasi komputer server untuk beberapa kebutuhan dan beberapa macam jenis penggunaan.

  1. Untuk kebutuhan Rumah Tangga

Spesifikasi komputer server untuk kebutuhan rumah tangga disini, misalnya untuk kebutuhan sharing media (film, musik, dokumen) dan kebutuhan sharing printer. PC rakitan sederhana dengan harddisk berkapasitas besar (misal > 1TB) sudah sangat mencukupi. Selain memperhitungkan faktor kapasitas storage yang besar, untuk kebutuhan semacam ini, spesifikasi komputer server lain yang dicari adalah dari segi keiritan daya dan tingkat kebisingan yang dihasilkan. Semakin irit dayanya semakin bagus. Semakin tenang, tidak berisik, tentunya semakin membuat kondisi rumah yang memiliki server seperti ini sangat kondusif.

Untuk rumah tangga yang mempunyai budget lebih bisa langsung menggunakan solusi server mini branded, seperti Qnap, Synology dll yang menawarkan solusi hardware server storage dan sharing yang mumpuni.

  1. Untuk kebutuhan kantor kecil

Spesifikasi komputer server untuk skala kantor kecil tentu berbeda dengan skala rumah tangga. Setidaknya, komputer server yang dimiliki oleh sebuah kantor kecil merupakan server dengan klas Tower atau Rack.Harganya sekitar 10-30an juta tergantung merek, misalnya Rainer server yang seharga 10 jutaan sudah sangat cukup untuk kebutuhan kantor kecil.

Spesifikasi komputer server untuk skala ini harus dilengkapi dengan solusi catu daya yang bagus, termasuk backup power seperti UPS dan genset lebih bagus.

Itulah spesifikasi komputer server untuk dua kebutuhan yang umum ditanyakan. Untuk kebutuhan kantor yang lebih besar, silakan gunakan solusi rack server atau blade server.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: