Dear Client PSBOnline Pro, saya tidak menipu…

Kisah ini sengaja saya tulis untuk menjadi pelajaran bagi anda (yang ndilalah keblasuk Google) baca tulisan ini dan juga bagi saya sendiri. Di era e-Commerce yang menebar bagai kuman flu ini, kita semua harus berhati-hati menentukan sikap. Berhati-hati jadi pembeli biar ga ditipu, dan berhati-hati menjual biar ga dikira penipu.

Kisah ini 2 hari yang lalu, dan baru pertama kali ini saya alami. Seorang klien mengontak untuk membeli plugin PSBOnline Pro dan pada esok harinya melunasi pembayaran. Seperti biasa, plugin saya kirim via email Gmail {sisteminformasibiz[at]gmail.com}.

Screenshot email Gmail berisi source code

Karena sedang tidak fit, saya memutuskan istirahat setelah plugin saya kirimkan.

Saya bangun sekitar pukul 13.00 dan melihat handphone penuh notifikasi. Ada WhatsApp, Message (SMS), Facebook dan Disquss/WordPress. Ada apa???

Saya lihat satu per satu, semuanya berisi tuduhan saya menipu. Dia merasa belum menerima email yang saya kirimkan berjam-jam lalu. Saya hanya tanggapi dengan tenang, karena saya juga tidak menipu dia.

Message di Fans Page emka.web.id

Usut punya usut, email saya nyangkut di folder SPAM miliknya. Entah karena kalimat pada email saya atau karena filter anti-spam miliknya yang terlalu galak. Saya tidak tahu, dimana saja beliau menuliskan jejak negatif tentang proses jual beli kemarin.

Beberapa jam kemudian Si klien pun meminta maaf, dan memohon untuk mendapat support penggunaan plugin. Semuanya berakhir damai.

Setidaknya (jika anda mengikuti tulisan tidak jelas diatas 🙂 ) anda akan mengambil pelajaran, berhati-hatilah di dunia maya. Saya berjanji tidak akan menghapus seluruh komentar klien tadi di FB, WA maupun WordPress, buat kenang-kenangan pernah dituduh jadi penipu.

wkwkwkwk

 

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: