Apa itu Poliuretan Termoplastik (TPU)?

Jika Anda berbelanja casing smartphone, pilihan bahannya sering kali adalah silikon, polikarbonat, plastik keras, dan Poliuretan Termoplastik (TPU). Jika Anda bertanya-tanya apa itu TPU, kami akan (secara kiasan) menguraikannya.

Apa itu Termoplastik?

Plastik, seperti yang mungkin Anda ketahui, adalah (biasanya) bahan sintetis yang terbuat dari polimer sintetis. Polimer adalah zat yang tersusun dari monomer. Molekul monomer membentuk rantai panjang dengan tetangganya, menciptakan makromolekul besar.

Plastisitas adalah sifat yang memberi nama plastik. Menjadi plastik berarti bahwa bahan padat dapat berubah bentuk secara permanen. Plastik dapat dibentuk kembali dengan mencetak, mengekstrusi, atau menerapkan tekanan.

Termoplastik mendapatkan namanya dari cara mereka bereaksi terhadap panas. Termoplastik menjadi plastik pada suhu tertentu, yaitu ketika dibentuk sesuai kebutuhan. Saat mendingin, bentuk barunya menjadi permanen sampai dipanaskan kembali.

Suhu yang dibutuhkan untuk membuat termoplastik lentur jauh lebih tinggi daripada, misalnya, yang pernah dialami ponsel Anda. Jadi, kecil kemungkinan produk termoplastik akan kehilangan bentuknya selama penggunaan normal.

Fused Deposition Modeling Printer 3D, yang saat ini merupakan printer 3D paling umum di pasaran, menggunakan termoplastik. Filamen plastik diumpankan melalui ekstruder dan printer membuat produknya dalam lapisan yang cepat dingin dan mengeras.

Bagaimana Dengan Polyurethane?

Polyurethane (PU) mengacu pada kelas polimer organik yang disatukan oleh tautan uretan. “Organik” dalam hal ini mengacu pada kimia organik, yang berpusat di sekitar senyawa karbon. Karbon adalah dasar untuk kehidupan seperti yang kita kenal, maka namanya.

Salah satu hal yang membuat poliuretan istimewa adalah bahwa itu bukan senyawa kimia tertentu. Poliuretan dapat dibuat dari sejumlah monomer yang berbeda. Inilah sebabnya mengapa ini adalah “kelas” polimer.

Karena Anda dapat membuat PU dari bahan yang berbeda, itu berarti bahwa PU yang berbeda memiliki sifat yang berbeda. Kebanyakan poliuretan dibuat menjadi busa, seperti spons dapur.

Mengapa TPU Sangat Bagus untuk Melindungi Perangkat

Meskipun TPU terbuat dari berbagai bahan, produk yang terbuat dari TPU umumnya memiliki elastisitas, transparansi, dan bobot yang rendah. TPU bisa sangat tipis dan mempertahankan kekuatannya. Kombinasi elastisitas dan kekuatan menjadikan TPU pilihan yang baik untuk wadah pelindung karena bahannya tidak akan retak, sobek, atau pecah di bawah jenis gaya yang biasanya dialami perangkat yang terjatuh.

Properti bonus lainnya TPU adalah ketahanannya yang kuat terhadap minyak dan cairan. Jadi minyak alami dan keringat dari jari-jari Anda seharusnya tidak menodainya!

TPU Ada Di Mana-Mana

TPU memiliki berbagai macam aplikasi sehingga Anda hampir pasti memiliki banyak barang tergeletak di sekitar. Panel dasbor mobil, casing perkakas listrik, selang, tabung, selongsong kabel, sepatu, dan banyak lagi terbuat dari atau menggunakan TPU.

Ini juga merupakan pilihan yang bagus untuk bahan casing ponsel cerdas, tetapi ponsel Anda sudah dibuat dari beberapa bahan luar biasa seperti polikarbonat dan Gorilla Glass. Jadi mungkin Anda tidak harus membuat pilihan sama sekali, dan bisa menjadi salah satu dari orang-orang pemberani yang tidak memiliki masalah. Di sisi lain, jika Anda benar-benar suka menyesuaikan tampilan ponsel Anda, ada argumen yang dibuat untuk memiliki banyak casing ponsel.

Itulah berita seputar Apa itu Poliuretan Termoplastik (TPU)?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.