5 dari 10 Robot Unikom Juara di Amerika

Tim Robotika Unikom membawa sepuluh robot untuk mengikuti dua kompetisi robot tingkat dunia di Amerika Serikat. Dari sepuluh robot tersebut, lima diantaranya berhasil menjadi juara.

“Lima robot kita berhasil meraih juara. Empat dapat emas dan satu dapat perunggu,” ungkap Rektor Unikom, Eddy Soeryanto Soegoto saat berbincang dengan detikINET, Selasa (19/4/2011).

Unikom bertandang ke Amerika Serikat untuk mengikuti dua kejuaraan robot tingkat dunia. Kedua kejuaraan tersebut adalah 18 th Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest, di Trinity College, Hartford, Connecticut dan 2011 RoboGames di San Mateo, California.

Di dua kompetisi ini, tim robotika Unikom membawa 10 robot. Tiga robot dipersiapkan untuk mengikuti pertandingan di 18th Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest dan tujuh robot disiapkan untuk berlaga di 2011 RoboGames.

Kesepuluh robot buatan Unikom tersebut adalah DU99 RWS, DU99 RWS4, DU99 RWE, DU116 RP, DU114 v.11, DU114 v.11 RR4, DU112 SE, DU112SE1, DU112 MS dan KARAT. Robot seri DU99 adalah robot yang berlaga di 18 th Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest dan sisanya akan berlaga di 2011 RoboGames.

Dalam 18th Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest, Tim Robotika Unikom berhasil meraih dua emas dan satu perunggu untuk kategori RoboWaiter. RoboWaiter adalah kategori dimana robot-robot tersebut harus bisa menjadi pelayan bagi manusia. Robot tersebut harus memindahkan satu obyek dari satu titik ke titik yang lain. Arena pertandingan diatur sedemikian rupa sehingga robot ini akan melalui beberapa rintangan.

Sedangkan di RoboGames, tim ini berhasil meraih emas untuk kategori Open Fire Fighting Autonomous dan kategori Open Ribbon Climber Autonomous.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: