Kanal Terakhir 3G Indonesia Dilelang Juni

Jakarta – Sambil menunggu proses bersih-bersih di kanal 12 yang menjadi blok terakhir 3G di frekuensi 2.1 GHz, Kementerian Kominfo akan segera melakukan proses lelangnya. Paling cepat akhir semester I atau di bulan Juni sudah bisa diproses.

“Ya kita ingin cepat ya, target akhir semester I ini, sekitar bulan Juni. Tapi mudah-mudahan semuanya lancar,” jelas Dirjen Sumberdaya Perangkat dan Pos Informatika Muhammad Budi Setiawan, di sela-sela pelantikan anggota BRTI baru, di gedung Kominfo, Jakarta, Rabu (2/5/2012).

Saat ini Kominfo tengah memikirkan bagaimana menempatkan metode lelang yang tepat untuk kanal terakhir frekuensi 3G ini. Meski banyak operator yang berminat, namun perlu dilihat siapa yang membutuhkan.

“Metodenya masih kita cari, apakah benar-benar lelang atau pakai cara seleksi seperti beauty contest. Jadi diseleksi siapa yang benar-benar membutuhkan,” tambahnya.

Seleksi ini dirasa tepat oleh Budi, karena Kominfo merasa lelang yang dilakukan tak serta merta didasari karena mencari harga yang tinggi untuk keuntungan semata.

Pastinya sebelum kanal 11 dan 12 dilelang, perlu adanya bersih-bersih di blok 12 yang sejauh ini terlihat kotor karena interferensi guardband milik smartfren.

Menkominfo Tifatul Sembiring sendiri memastikan yang akan bertanggung jawab dalam membersihkan blok 12 tersebut adalah Smartfren. Sumber: detikINET

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: