LAPAN: Indonesia Siap Luncurkan 2 Satelit Baru

Bogor – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) akan meluncurkan dua satelit baru. Kedua satelit ini nantinya akan digunakan untuk membantu penanggulangan bencana alam di Indonesia.

Dua satelit yang rencananya akan diluncurkan pada Juni 2013 ini adalah Satelit LAPAN A2 dan LAPAN A3. Masing-masing satelit ini mempunyai keunggulan dalam pengamatan jarak jauh. Keduanya juga bisa memberikan peringatan dini ketika ada bencana.

“Dua satelit baru ini diluncurkan untuk melakukan pengembangan kapasitas penyediaan data bencana dan monitoring pertanian dan perairan,” kata Kepala Humas LAPAN Elly Kuntjahyowati, seperti dikutip dari Antara, Selasa (26/6).

Lebih lanjut dijelaskan Deputy of Aerospace Technology LAPAN Soewarto Hardienata dalam siaran persnya, peluncuran satelit dijadwalkan akan dilakukan pada pertengahan Juni 2013.

“Masing-masing satelit mempunyai misi yang berbeda-beda. Selain untuk komunikasi, juga untuk membantu penanggulangan bencana alam,” ungkap Soewito.

Kedua satelit yang akan diluncurkan ini merupakan karya bangsa Indonesia. Namun, karena keterbatasan teknologi di Indonesia, proses peluncuran akan dilakukan di India.

Menurut Soewarto, saat ini kedua satelit tersebut tengah di kembangkan di Laboratorium LAPAN di Kecamatan Ranca Bungur, Kabupaten Bogor.

Selain mengembangkan dua satelit tersebut, LAPAN juga sedang mengembangkan pesawat tanpa awak guna menjangkau lokasi-lokasi bencana yang sulit ditempuh. Sumber: Inilah.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: