Perusahaan Jepang Bikin Dongle USB untuk Transfer Data via Cahaya

Cahaya tampak sebenarnya merupakan salah satu bagian dari spektrum elektromagnetik yang dapat ditangkap/diinterpretasikan oleh mata manusia. Selain cahaya tampak tersebut, sebenarnya masih banyak bentuk-bentuk dari spektrum elektromagnet, misalnya sinar gamma, sinar x, sinar ultraviolet, sinar inframerah dan gelombang mikro.

Dalam kata lain, tidak ada alasan bahwa cahaya tampak tidak bisa digunakan untuk mentransfer data, tentunya dengan sistem yang akurat.

Memang, penggunaan media cahaya tampak sebagai media transfer data sudah ditemukan beberapa tahun yang lalu ditemukan. Namun, implementasi dalam produk dipasaran masih nol.

Kabar terbaru yang bisa saya kutip dari Softpedia, sebuah perusahaan asal jepang, Outstanding Technology memperkenalkan produk Commulight Location System, yang menjadi dongle bagi smartphone dan tablet untuk bisa mendownload konten menggunakan foton (cahaya tampak) dibanding metode konvensional dengan gelombang radio.

Ada 2 dongle yang disediakan oleh Outstanding Technology, salah satunya berbentuk USB dan edisi dongle lain yang berupa jack diameter 3,5mm. Sensor dari dongle ini sendiri menggunakan teknologi LED.

Penerapan dari dongle ini akan semakin luas dan bahkan aplikatif dalam dunia sehari-hari, menjadi alternatif dari QR-code di tempat-tempat publik seperti museum, kupon, tempat pameran dll.

Sumber: Softpedia.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: