Inilah BigDog, Robot Anjing Buatan Militer Amerika

Jakarta – Militer Amerika Serikat terus mengembangkan berbagai macam robot untuk mendukung operasi di lapangan. Salah satu yang disebut-sebut paling canggih adalah BigDog.

Robot yang punya empat kaki ini memang bentuknya mirip dengan binatang. Ia punya kemampuan canggih sehingga dapat berjalan di medan berbahaya, bahkan bangkit secara otomatis bila terjatuh.

3dlm

BigDog diciptakan pada tahun 2005 oleh Boston Dynamic, Jet Propulsion Laboratory dan Harvard University Concord Field Station. Pembuatannya didanai oleh Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA), lembaga militer AS.

Kegunaan utama BigDog adalah untuk membawa beban berat para prajurit di medan peperangan. Terutama di area yang sulit dilalui oleh kendaraan.

Robot tersebut bisa membawa beban sampai 150 kilogram. Robot berwarna hitam pekat ini tampak mengerikan bagai hewan buas dengan empat kakinya dirancang secara khusus untuk menjelajahi area berbahaya.

BigDog tampaknya tidak ditujukan untuk melakukan serangan ofensif ke pihak musuh karena tidak ada keterangan robot ini dibekali dengan senjata. Namun boleh jadi nantinya juga akan dibekali dengan berbagai persenjataan.

Komponen dan Teknologi BigDog

Boston Dynamics selaku pembuatnya mengklaim BigDog bisa berlari sekitar 4 mil perjam. Robot perang ini juga bisa berjalan pelan dan bahkan mendaki lereng dengan kemiringan sampai 35 derajat.

Kaki metal BigDog dibuat dengan bentuk yang mirip kaki binatang dan bisa menyerap kejut dengan baik. Kaki robot ini memang dibekali dengan berbagai macam sensor.

Sebuah kamera diletakkan di kepala robot dan mampu menampilkan model 3 dimensi medan yang sedang dilaluinya. Sedikitnya, 50 buah sensor dipasang pada tubuh sang robot.

Sensor-sensor tersebut punya beragam kegunaan. Diantaranya mengukur kecepatan kaki, temperatur dan sebagainya.

Sistem Kendali Anti Jatuh

Selalu ada kemungkinan si robot jatuh atau terpeleset saat melewati medan yang berbahaya. Namun ia punya teknologi canggih sehingga memungkinkannya cepat bangkit kembali.

Dengan kameranya, si robot bisa mengidentifikasi jalan yang paling aman, dan apakah dia perlu melompat atau tidak saat melewatinya. Si robot tercatat dapat melompat setinggi 1,1 meter.

Seluruh pergerakan robot dikendalikan dengan komputer on board. Terdapat kontrol khusus yang memastikan robot memulihkan posisinya meski terpeleset atau terjatuh.

Sistem kontrol juga memastikan berat terdistribusi secara merata pada keempat kaki BigDog. Sehingga memaksimalkan pergerakannya di daratan.

via detikINET

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: