Kemenkominfo Resmi Luncurkan Pengurusan Ijin Radio Secara Online

JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Rabu 17 April 2013, meresmikan pemuktahiran teknologi dalam penyediaan layanan perizinan spektrum secara online, yaitu E-Licensing.

Teknologi ini terintegrasi melalui Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SIMS).

Dengan adanya sistem registrasi dan perizinan elektronik ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan layanan sistem informasi manajemen Ditjen Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) kepada pemegang izin penggunaan spektrum frekuensi radio di Indonesia secara efisien dan efektif.

Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring mengatakan, keberadaan SIMS akan dikembangkan sesuai dengan tuntutan yang berkembang.

“Khususnya bagi pengguna spektrum frekuensi radio,” kata Tifatul Sembiring, di Jakarta.

Dengan SIMS, ia menambahkan, pengajuan izin penggunaan spektrum radio dapat dilakukan tanpa harus bertemu dengan petugas dari Kemenkominfo. “Semua perizinan itu dapat dilakukan secara online dan real time,” ujarnya.

“Sistem ini akan menghadirkan transparansi yang jelas kepada masyarakat. Semua hasil pelayanan dapat diawasi oleh masyarakat, sehingga dapat mengurangi praktik-praktik penyelewengan dan pemberian amplop di bawah meja,” kata Tifatul Sembiring.

Aplikasi SIMS juga dirancang untuk menjamin kemudahan sumber daya dan layanan secara optimal berbasis komputasi awan (Cloud computing).

Bentuk-bentuk pelayanan yang diberikan SDPPI pada sistem E-License SIMS di antaranya, E-Licensing Izin Stasiun Radio Dinas tetap bergerak darat (ISR-DTBD), E-Licensing Izin Radio Non Dinas tetap bergerak darat (ISR-NDTBD), E-Licensing BHP Pita, Billing (termasuk sistem host to host dan payment gateway multibank), E-Sertifikasi (terintegrasi dengan pengujian).

sumber: Vivanews

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: