Pengertian BTS (Base Transceiver Station)

Banyak yang pernah mendengar istilah BTS, namun belum tahu kepanjangan dan pengertiannya. Berikut adalah pengertian BTS (base transceiver station) yang diolah dari berbagai sumber:

Menurut Bahasa (lughowi): BTS adalah michathotul irsalu wal istaqbal (محطة الارسال والاستقبال) atau base transceiver station atau statiun basis pemancar.

Menurut Istilah: adalah sebuah infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara piranti komunikasi dan jaringan operator. Piranti komunikasi penerima sinyal BTS bisa telepon, telepon seluler, jaringan nirkabel sementara operator jaringan yaitu GSM, CDMA, atau platform TDMA. BTS mengirimkan dan menerima sinyal radio ke perangkat mobile dan mengkonversi sinyal-sinyal tersebut menjadi sinyal digital untuk selanjutnya dikirim ke terminal lainnya untuk proses sirkulasi pesan atau data. Nama lain dari BTS adalah Base Station (BS), Radio Base Station (RBS), atau node B (eNB). Hingga saat ini masyarakat belum bisa membedakan antara perangkat BTS dan menara BTS padahal menara BTS bukanlah BTS itu sendiri.

Berikut adalah gambar jeroan dari BTS itu sendiri:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: