Pengertian PC (PC Adalah)

Jika Anda membeli komputer yang menjalankan Windows, biasanya disebut “PC”. Tapi terkadang Mac juga disebut PC. Apa yang terjadi di sini, dan mengapa PC disebut “PC”? Kami akan menjelaskannya.

Pada bulan Agustus 1981, IBM merilis Komputer Pribadi IBM di Amerika Serikat. Karena nama produknya sangat banyak, orang-orang segera mulai menyebutnya sebagai “IBM PC”. Dalam beberapa tahun, perusahaan mulai mengkloning PC IBM dan membuat mesin yang kompatibel tanpa label IBM. Pada saat itu, istilah “Kompatibel dengan PC” atau hanya “PC” menjadi istilah umum untuk komputer non-IBM yang diturunkan dari PC IBM. PC ini dapat menggunakan periferal dan perangkat lunak yang dibuat untuk platform tersebut dan klonnya.

Microsoft Windows berasal dari platform IBM PC sebagai cangkang grafis yang berjalan di atas MS-DOS, yang berasal dari tahun 1981 bersama dengan PC IBM. Sementara Windows memang muncul sebentar di arsitektur alternatif (dan juga dapat berjalan pada chip ARM saat ini dalam versi khusus), secara historis dikaitkan terutama dengan platform yang kompatibel dengan PC. Jadi, ketika orang mengatakan “PC” akhir-akhir ini, yang mereka maksud adalah komputer yang menjalankan Windows, meskipun terkadang orang mengklarifikasi dengan mengatakan “PC Windows” sebagai gantinya.

RELATED40 Tahun Kemudian: Bagaimana Rasanya Menggunakan PC IBM pada tahun 1981? tidak menarik istilah “komputer pribadi” keluar dari udara tipis, dan di situlah hal-hal menjadi rumit. Karena “PC” adalah kependekan dari “komputer pribadi”, istilah ini juga dapat diterapkan pada jenis mesin lainnya. “Komputer pribadi” adalah kategori historis yang luas yang mendahului IBM PC, dan itu dapat mencakup komputer seperti Mac, Commodores, Ataris, dan banyak lagi.

Tapi tunggu—apa itu komputer pribadi?

Kelahiran PC

Apa yang membuat komputer pribadi komputer? Ini adalah topik yang diperdebatkan di antara para sejarawan. Misalnya, apa yang merupakan “komputer pribadi pertama” terus-menerus diperdebatkan, seperti video game pertama. Perdebatan itu berasal dari arti istilah “komputer pribadi” itu sendiri, yang dapat bervariasi tergantung pada kriteria subjektif seperti ukuran, harga, ketersediaan komersial, dan banyak lagi.

Secara garis besar, konsep “komputer pribadi” muncul di Amerika pada tahun pertengahan 1970-an (meskipun istilah itu sendiri dilaporkan berasal pada tahun 1968, dan pesaing awal dikirim pada tahun 1971). Biasanya mengacu pada gelombang baru komputer kecil berbasis mikroprosesor yang cukup murah untuk dimiliki dan dioperasikan oleh satu orang pada satu waktu.

 

Mengapa satu orang pada satu waktu? Karena sebelum era komputer pribadi, kebanyakan komputer berukuran sangat besar dan sangat mahal. Untuk tingkat yang berbeda-beda, mereka membutuhkan staf yang terlatih khusus untuk menjalankannya, dan umumnya hanya dimiliki oleh organisasi besar seperti pemerintah, perusahaan, dan universitas. beberapa atau banyak orang untuk menggunakan komputer besar pada saat yang sama, kadang-kadang dari jarak jauh melalui teletypes. Ini adalah semacam langkah peralihan antara komputer tugas tunggal monolitik dan komputasi pribadi karena individu dapat menjalankan sesi komputasi yang dipersonalisasi—tetapi komputer masih belum berada di bawah kepemilikan atau kendali pengguna.

Komputer memiliki banyak potensi, dan gagasan untuk memiliki komputer pribadi yang sepenuhnya dapat Anda kendalikan sangat menarik bagi banyak orang yang berpikiran teknis di tahun 1970-an. Ini melahirkan kelompok seperti Homebrew Computer Club di California, di mana anggota seperti Steve Wozniak dan Steve Jobs membentuk masa depan industri komputer pribadi.

Pengertian Mac PC?

Sejak istilah “komputer pribadi” dapat diterapkan ke komputer mana pun yang dapat dimiliki oleh seorang individu atau beroperasi, yang membuka pintu bagi non-PC (dalam pengertian IBM PC) untuk disebut juga PC.

 

Secara khusus, ketika Mac beralih dari PowerPC ke arsitektur x86, semakin banyak orang mulai mengelompokkan Mac dengan PC. Pada tahun 2000-an, Pemimpin Redaksi PC World Harry McCracken secara khusus memutuskan untuk meliput Mac di majalah yang secara historis kompatibel dengan PC. “Kami tidak pernah sepenuhnya meliput Mac di PC World, tetapi berhenti berpura-pura tidak ada,” katanya kepada How-To Geek. Apple memperhatikan, dan bahkan menyebutkan ulasan PC World di iklan Mac vs. PC-nya yang terkenal.

 

Tapi tunggu, lubang kelinci semakin dalam. Selama penampilan terkenal Steve Jobs di Konferensi D5 pada tahun 2007, Jobs sendiri mengelompokkan Mac dengan PC beberapa kali (menyebutkan “PC,” sebagai ide monolitik), yang menyebabkan klarifikasi bahwa yang dia maksud adalah “komputer pribadi secara umum” sebagai menentang tablet seperti iPad.

 

Tidak mengherankan jika Steve Jobs berpikir seperti itu. Pada tahun 1976, Jobs membantu memulai industri komputer pribadi sebelum IBM merilis PC IBM. Dan terlebih lagi, pada tahun 1980, Apple memasang iklan di Wall Street Journal yang ditulis dengan suara Steve Jobs yang mengklaim bahwa dia dan Steve Wozniak menemukan komputer pribadi (yang, harus kita perhatikan, umumnya tidak dianggap benar.)

 

Diskusi Pekerjaan yang disebutkan di atas tentang iPad dan PC dari D5 juga mencerahkan karena pernah ada perdebatan umum tentang apakah akan mempertimbangkan perangkat seperti ponsel cerdas dan tablet sebagai “PC” (atau bahkan hanya “komputer” ). Beberapa mendukung mengecualikan mereka karena mereka biasanya tidak dapat menjalankan perangkat lunak sewenang-wenang tanpa izin vendor, namun mereka adalah perangkat komputer yang dimiliki dan dioperasikan oleh satu orang. Namun, sebagian besar grup analis industri (seperti statistik di Statistia ini) tidak mengelompokkan ponsel cerdas dan tablet dengan komputer desktop dan laptop, dan malah menganggapnya sebagai segmen pasar yang berbeda.

Jadi, apa itu PC? Itu semua tergantung pada konteks. Seperti banyak istilah, itu bisa berarti banyak hal tergantung pada bagaimana Anda menggunakannya. Dan pada akhirnya, satu hal yang jelas: Bahasanya sangat rumit.

Itulah berita seputar Mengapa PC Disebut PC?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.