Tips Menonjolkan Interpersonal Skill Saat Interview Kerja

  • Post author:
  • Post category:Special

 

(c) Freestock Set/Wikimedia

Interpersonal skill bisa menjadi poin penting untuk mendapatkan pekerjaan. Sebenarnya, interpersonal skill adalah sebuah taktik yang sering dipakai seseorang untuk bisa berinteraksi dengan orang lain dengan lebih efektif, baik di rumah ataupun tempat kerja.

Setiap melamar pekerjaan, pastikan Anda sudah cek company profile perusahaan yang bersangkutan agar mendapatkan gambaran bagaimana jika Anda bekerja di perusahaan tersebut. Setelah itu, Anda bisa mulai untuk menulis resume dengan menarik dan pastikan Anda menonjolkan interpersonal skill dalam resume agar perekrut tertarik untuk mengundang Anda ke tahap selanjutnya.

Setelah lolos tahap pertama, Anda akan dipanggil untuk melakukan interview atau wawancara kerja. Di tahap ini, menonjolkan interpersonal skill pun semakin penting dilakukan. Dikutip dari Wisestep, di bawah ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menonjolkan interpersonal skill saat interview kerja.

  1. Tonjolkan Skill Komunikasi

Paling penting saat interview kerja adalah memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Komunikasi adalah salah satu dasar bagaimana seseorang bisa menyampaikan informasi dengan jelas dan mudah dimengerti.

Karena setiap proses interview kerja adalah tanya jawab dengan perekrut, maka Anda harus mendengarkan dengan baik pertanyaan yang diberikan, sehingga Anda bisa memberikan jawaban yang runtut dan ringkas. Jangan lupa untuk jaga kontak mata selagi melakukan proses interview dan perhatikan bahasa tubuh.

  1. Tonjolkan Skill Kepemimpinan

Saat interview Anda bisa menunjukkan kapasitas kepemimpinan Anda, bisa meninjau pekerjaan sebelumnya dan highlight ketika Anda pernah menjadi pemimpin atau memberikan pelatihan pada staf lain. Pastikan pengalaman yang Anda ceritakan mendapatkan hasil yang baik agar perekrut tertarik dengan jiwa kepemimpinan Anda.

  1. Tonjolkan Skill Bekerja dengan Tim

Kemudian, skill dapat bekerja dengan tim juga sangat penting untuk ditonjolkan. Tunjukan bagaimana Anda bisa bekerja sama dengan baik meskipun sedang dalam keadaan sulit sekalipun. Ceritakan kerja keras Anda dalam tim secara positif, bagaimana Anda menangani perselisihan, dan menyelesaikannya dengan baik. Jangan pernah menjelekkan mantan rekan kerja di perusahaan sebelumnya karena bisa mendapat penilaian buruk dari perekrut.

  1. Menjadi Pendengar yang Baik

Untuk melatih interpersonal skill dengan baik adalah belajar menjadi pendengar yang baik dengan selalu mendengarkan orang dengan saksama. Memiliki skill komunikasi yang baik memang penting, namun menjadi pendengar yang baik juga tidak kalah penting. Bahkan beberapa ahli menyebutkan skill menjadi pendengar yang baik cukup penting.

  1. Ajukan Pertanyaan 

Saat interview kerja, sebisa mungkin ajukan pertanyaan. Dengan bertanya, Anda dinilai telah mendengarkan selama perekrut menjelaskan. Selain itu, dengan mengajukan pertanyaan, Anda bisa mendapatkan jawaban dari informasi yang belum Anda ketahui.

Bertanya juga bisa menjadi sebuah cara yang bagus untuk memulai percakapan yang menunjukkan jika Anda tertarik dengan topik yang sedang dibahas. Kemudian, pentingnya bertanya saat interview adalah Anda bisa terlihat cerdas saat berada dalam sebuah masalah. Tetapi, perlu diingat untuk mengajukan pertanyaan yang berkualitas dan penting.

  1. Bersikap Sopan selama Interview

Meskipun hal ini sudah menjadi hal umum diketahui, namun tak ada salahnya untuk selalu ingat agar tetap sopan selama interview. Dengan menunjukkan tata krama Anda secara baik, maka interpersonal skill yang Anda miliki pun akan lebih mudah ditonjolkan.

Dalam dunia bisnis, sopan santun sangat penting. Beberapa orang lebih memilih bekerja sama dengan mereka yang memiliki sopan santun baik. Meskipun budaya tiap negara berbeda-beda, namun budaya bisnis di seluruh dunia hampir sama dan sopan santun adalah poin penting ketika Anda bertemu dengan klien. Jadi, tunjukkan hal tersebut saat interview.

  1. Menunjukkan Kemampuan dalam Memecahkan Masalah

Membuat interpersonal skill yang kuat salah satunya adalah menunjukkan kemampuan dalam memecahkan masalah.

Anda bisa menceritakan pengalaman dari proyek yang pernah Anda pegang sebelumnya, mulai dari identifikasi sebuah masalah, membedah masalah hingga bisa dipahami, memeriksa bagian-bagian yang harus segera diselesaikan, dan mengatur strategi tersebut. Kemudian, ceritakan pula bagaimana cara Anda menerapkan strategi dan memantaunya agar hasil sesuai harapan.

  1. Manajemen Diri

Selanjutnya adalah menunjukkan bahwa Anda memiliki kemampuan untuk manajemen diri yang baik. Artinya, Anda punya kontrol yang baik atas emosi, seperti cara menyembunyikan stres, mengendalikan amarah, dan selalu terlihat tenang. Dengan memperlihatkan bahwa Anda bisa memanajemen diri dengan baik, perekrut akan menilai jika interpersonal skill Anda cukup baik.

  1. Tunjukkan Anda Adalah Orang yang Tanggung Jawab

Memperlihatkan bagaimana Anda adalah orang yang bertanggung jawab, ini bisa mempermudah perekrut untuk segera mengambil keputusan untuk bekerja sama dengan Anda dan mempercayai Anda untuk mengisi posisi yang kosong tersebut.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan ketika sedang interview untuk menunjukkan jika interpersonal skill di diri Anda sudah cukup baik. Dengan begitu, perekrut akan tertarik untuk mempekerjakan Anda.

Apakah Anda saat ini sedang mencari pekerjaan baru? Anda bisa cek website KitaLulus atau unduh aplikasinya di Google Play Store. Di sini, ada banyak jenis pekerjaan dari perusahaan terpercaya di Indonesia. Tidak perlu khawatir akan lowongan bodong, karena setiap lowongan yang dikirim perusahaan ke KitaLulus sudah diseleksi dengan baik. Yuk, langsung cek KitaLulus sekarang juga dan dapatkan pekerjaan impianmu!