12 Pengaturan Default Microsoft Excel Yang Harus Anda Ubah

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Seperti program lainnya, Microsoft Excel hadir dengan beberapa pengaturan default yang tidak akan bekerja dengan baik untuk semua orang. Anda berpotensi menghemat waktu dan energi dengan mengubah apa yang terjadi setiap kali Anda membuka dan bekerja di Excel.

Meskipun Microsoft Excel memiliki lebih banyak pengaturan daripada yang akan kami sebutkan di sini, ini adalah beberapa yang paling umum yang harus Anda pertimbangkan untuk diubah.

Di mana harus Mengakses Pengaturan Default

Untuk setiap pengaturan yang kami cantumkan di bawah, Anda akan menuju ke tempat awal yang sama untuk membuat perubahan yaitu Opsi Excel.

Buka Excel dan pilih tab File. Di kiri bawah, pilih “Opsi.”

Ini membuka Opsi Excel di mana setiap pengaturan berada. Anda kemudian dapat memilih tab menu yang benar di sebelah kiri untuk pengaturan yang sesuai seperti yang akan kami jelaskan di bawah ini.

1. Bilah Alat Akses Cepat

Salah satu pengaturan terbaik untuk dilihat saat Anda menggunakan Excel adalah pengaturan untuk Bilah Alat Akses Cepat. Tempat praktis ini sangat ideal untuk menyelesaikan sesuatu dengan cepat. Misalnya, Anda mungkin menginginkan tombol untuk Simpan Sebagai alih-alih hanya Simpan atau cara cepat untuk mengirim file melalui email.

Pilih “Bilah Alat Akses Cepat” dan gunakan menu Pilih Perintah Dari- kotak bawah untuk melihat pilihan opsi. Pilih perintah dalam daftar dan pilih “Tambah” untuk memindahkannya ke bilah alat di sebelah kanan. Klik “OK” untuk menyimpan perubahan Anda.

2. Gaya dan Ukuran Font

Pengaturan default lain yang baik untuk diubah jika Anda memiliki preferensi font adalah gaya dan ukurannya. Anda mungkin lebih suka gaya font tertentu atau diharuskan menggunakan ukuran tertentu dengan setiap buku kerja baru yang Anda buka. Bagian Buku Kerja baru. Anda akan melihat dua pengaturan teratas di sini untuk gaya font default dan kemudian ukurannya. Tentukan pilihan Anda di kotak drop-down ini dan klik “OK” untuk menyimpannya.

3. Tampilan untuk Lembar Baru

Meskipun mungkin tidak biasa seperti mengubah font default, tampilan yang Anda gunakan di Excel mungkin sesuatu yang perlu Anda sesuaikan. Mungkin Anda selalu bekerja di Tampilan Tata Letak Halaman atau hanya ingin membuka lembar baru di Tampilan Istirahat Halaman.

Pilih “Umum” dan buka bagian Saat Membuat Buku Kerja Baru. Pilih kotak drop-down Tampilan Default untuk Lembar Baru dan pilih tampilan yang Anda inginkan. Seiring dengan dua opsi yang disebutkan, Anda dapat memilih “Tampilan Normal.” Klik “OK” untuk menyimpan perubahan Anda.

4. Workbook to Open

Apakah Anda hampir selalu membuka workbook yang sama di Excel? Anda dapat membuat perubahan sehingga buku kerja yang Anda perlukan terbuka secara otomatis saat Anda meluncurkan Excel.

Ada dua cara berbeda untuk mewujudkannya. Salah satunya melibatkan mengubah folder XLSTART bawaan Excel, dan Anda dapat menemukan detail lengkap tentang opsi ini di cara membuka buku kerja tertentu secara otomatis.

Opsi lain yang lebih sederhana adalah membuka buku kerja yang ada dalam folder yang Anda tentukan. Pilih “Lanjutan” dan pergi ke bagian Umum. Di samping Saat Memulai, Buka Semua File Di, masukkan jalur untuk folder tempat Anda menyimpan buku kerja yang Anda inginkan (Anda mungkin ingin menyalin jalur menggunakan File Explorer). Klik “OK” untuk menyimpan perubahan Anda.

5. Jumlah Buku Kerja Terbaru

Jika saat Anda membuka Excel Anda memilih buku kerja yang akan digunakan dari daftar Buku Kerja Terbaru, Anda bisa mengkustomisasi nomor yang ditampilkan. Daftarnya bisa sangat panjang, dan Anda mungkin hanya perlu melihat 10 buku kerja terbaru Anda dibandingkan dengan 50.

Pilih “Lanjutan” dan buka bagian Tampilan. Di bagian atas, di samping Perlihatkan Jumlah Buku Kerja Terbaru Ini, masukkan nomor atau gunakan panah untuk bergerak ke atas dan ke bawah. Klik “OK” untuk menyimpan perubahan Anda.

6. Jumlah Lembar

Saat Anda membuat buku kerja baru, Anda mungkin lebih suka memulai dengan jumlah lembar tertentu. Daripada menambahkannya saat Anda pergi, Anda dapat membuka buku kerja baru dengan sejumlah spreadsheet tertentu.

Pilih “Umum” dan buka bagian Saat Membuat Buku Kerja Baru. Di samping Sertakan Banyak Lembar Ini, masukkan nomor atau gunakan panah untuk memilih nomor. Klik “OK” untuk menyimpan perubahan Anda.

7. Satuan Penggaris

Sementara penggaris default ke satuan pengukuran untuk wilayah Anda, Anda mungkin ingin mengubahnya ke Inci, Sentimeter, atau Milimeter. Ini mungkin sangat berguna jika Anda berkolaborasi dengan rekan internasional.

Pilih “Lanjutan” dan buka bagian Tampilan. Gunakan kotak drop-down di sebelah Ruler Units untuk memilih yang Anda inginkan. Klik “OK” untuk menyimpan perubahan Anda.

8. Memasukkan Perilaku Kunci

Saat Anda bekerja dengan memasukkan data ke dalam lembar, menekan tombol Enter akan memindahkan kursor ke sel di bawahnya. Tetapi dalam kasus Anda, Anda mungkin memasukkan data Anda secara horizontal ke kanan atau kiri. Anda dapat mengubah arah default setelah menekan tombol Enter.

Pilih “Lanjutan” dan buka bagian Opsi Pengeditan. Gunakan kotak drop-down Arah di bawah Setelah Menekan Enter, Pindahkan Pilihan untuk memilih Bawah, Kanan, Atas, atau Kiri. Klik “OK” untuk menyimpan perubahan Anda.

9. Tempat Desimal

Jika Anda banyak bekerja dengan desimal di lembar Excel Anda dan selalu mengubah tempat desimal, Anda dapat menyesuaikan default ini juga.

Pilih “Lanjutan” dan buka bagian Opsi Pengeditan. Centang kotak untuk Sisipkan Titik Desimal Secara Otomatis, lalu masukkan angka atau gunakan panah di samping Tempat. Klik “OK” untuk menyimpan perubahan Anda.

10. Metode Perhitungan

Secara default, perhitungan di buku kerja Excel dilakukan secara otomatis. Ini adalah pengaturan lain yang mungkin ingin Anda ubah jika Anda lebih suka melakukannya secara manual atau hanya otomatis untuk semuanya kecuali tabel data.

Pilih “Rumus” dan buka bagian Opsi Perhitungan. Di sisi kiri bagian, tandai opsi yang ingin Anda gunakan untuk perhitungan buku kerja Anda. Jika Anda memilih Manual, Anda dapat secara opsional menandai pengaturan untuk menghitung ulang buku kerja sebelum menyimpan. Klik “OK” untuk menyimpan perubahan Anda.

11. Format File Saat Menyimpan

Jika Anda memerlukan format file tertentu selain format default Excel, XLSX, Anda juga dapat mengubahnya. Ini menghemat waktu Anda dari mengubah jenis file Simpan Sebagai untuk buku kerja baru.

Pilih “Simpan” dan buka bagian Simpan Buku Kerja. Di sebelah Save Files in This Format, pilih format dari daftar drop-down. Anda akan melihat opsi seperti versi Excel lama, CSV, teks, dan banyak lagi. Klik “OK” untuk menyimpan perubahan Anda.

12. Tata Letak Tabel Pivot

Mungkin Anda sering menggunakan tabel pivot di Excel untuk menganalisis data dalam jumlah besar. Jika Anda terus-menerus mengubah pengaturan khusus untuk tabel pivot Anda, sesuaikan defaultnya saja.

Excel Pilih “Data” dan buka bagian Opsi Data. Klik “Edit Default Layout” di sebelah Make Changes to the Default Layout of PivotTables.

Ketika kotak Edit Default Layout terbuka, gunakan kotak drop-down dan item kotak centang untuk membuat perubahan. Misalnya, Anda dapat menyesuaikan bagaimana subtotal dan total keseluruhan muncul di tabel Anda.

Klik “OK” di jendela kecil dan jendela Opsi Excel untuk menyimpan perubahan Anda.

Hemat sedikit waktu untuk menyesuaikan pengaturan yang sama setiap kali Anda membuka Excel dengan mengubah default sebagai gantinya. Dan ingat, jika Anda berubah pikiran nanti, cukup kembali ke tempat yang sama di Opsi Excel dan kembalikan pengaturannya.

Itulah berita seputar 12 Pengaturan Default Microsoft Excel Yang Harus Anda Ubah, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.