14 Fungsi Google Sheets yang Dibutuhkan Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah aplikasi spreadsheet berfitur lengkap yang umum digunakan, tetapi tidak sempurna. Saingan lamanya, Google Sheets, menawarkan fitur yang tidak dimiliki Excel, termasuk banyak fungsi bermanfaat. Mari kita lihat!

Daftar ini tidak termasuk semua, dan Excel dapat menambahkan satu atau beberapa fungsi ini kapan saja. Tetapi pada tulisan ini pada bulan April 2022, ini adalah fungsi Google Sheets yang ingin kami lihat di Microsoft Excel. Sebagai bonus, kami akan menunjukkan cara menggunakannya di Google Spreadsheet jika Anda baru mengenal ini.

Perhitungan Dasar: ADD, MINUS, MULTIPLY, dan DIVIDE

Anda tentu saja dapat menambah, mengurangi, mengalikan, dan membagi angka di Microsoft Unggul. Namun, persamaan umum ini dilakukan dengan rumus dan operator, bukan fungsi. Excel memang menawarkan fungsi SUM, yang berfungsi seperti ADD, tetapi memiliki kumpulan fungsi yang jelas dan terpadu untuk bekerja membuat organisasi dan alur kerja lebih mudah.

Sintaks untuk setiap fungsi di Google Spreadsheet adalah sama dengan nama fungsi dan dua argumen. Jadi, ADD(nilai1, nilai2), MINUS(nilai1, nilai2,), dan seterusnya. Anda dapat menyisipkan nilai, menggunakan referensi sel, atau memasukkan kombinasi keduanya.

Untuk mengurangi nilai di sel A1 dan A2, gunakan rumus ini:

=MINUS(A1,A2)

Untuk mengurangi 10 dari nilai di sel A1 , Anda akan menggunakan rumus ini:

=MINUS(A1,10)

Untuk mengurangi 10 dari 20, Anda akan menggunakan rumus ini:

=MINUS(20,10)

Count Unique Values: COUNTUNIQUE

Jika Anda perlu menghitung jumlah nilai yang berbeda di Google Sheets, maka COUNTUNIQUE adalah fungsi Anda. Hitung jumlah pelanggan yang memesan sekali, produk tanpa inventaris, atau apa pun yang Anda inginkan nilai uniknya menggunakan fungsi ini.

Sintaks untuk fungsi tersebut adalah COUNTUNIQUE(value1, value2, …) di mana argumen pertama diperlukan. Anda dapat menggunakan referensi sel atau nilai yang disisipkan.

Untuk menemukan jumlah pelanggan unik dalam rentang kami A1 hingga A10, kami dapat dengan cepat melihat siapa yang memesan satu kali menggunakan rumus ini.

=COUNTUNIQUE(A1:A10)

Untuk menghitung nilai unik dalam daftar dari nilai yang disisipkan, Anda dapat menggunakan rumus ini untuk mengganti nilai dengan:

=COUNTUNIQUE(1,2,3,3,3,4)

Fungsi Bahasa: DETECTLANGUAGE dan GOOGLETRANSLATE

Spreadsheet tidak hanya tentang angka dan perhitungan. Anda mungkin sedang mengerjakan selembar kertas dengan orang lain yang berbicara dengan dialek yang berbeda. Dengan DETECTLANGUAGE Anda dapat mengidentifikasi dialek teks dan dengan GOOGLETRANSLATE Anda dapat menerjemahkan teks ke bahasa lain.

Sintaks untuk fungsi pertama adalah DETECTLANGUAGE(teks) di mana Anda dapat memasukkan yang sebenarnya teks atau referensi sel.

Untuk mengidentifikasi bahasa di sel A1, Anda akan menggunakan rumus berikut:

=DETECTLANGUAGE(A1)

Untuk mengidentifikasi bahasa teks tertentu, Anda akan menggunakan rumus ini dengan teks Anda sendiri yang disisipkan di antara tanda kutip:

=DETECTLANGUAGE("Bon Jour")

Sintaks untuk fungsi kedua adalah GOOGLETRANSLATE(text, from_language, to_language) di mana Anda dapat menggunakan referensi sel atau teks untuk argumen pertama. Untuk argumen bahasa, Anda menggunakan singkatan dua huruf. Anda juga dapat menggunakan “otomatis” untuk argumen from_language untuk secara otomatis mendeteksi dialek sumber.

Untuk menerjemahkan teks di sel A1 dari bahasa Inggris ke Spanyol, gunakan rumus ini:

=GOOGLETRANSLATE(A1,"en","es")Advertisement

Untuk menerjemahkan frasa tertentu ke bahasa Spanyol menggunakan deteksi otomatis, Anda dapat menggunakan rumus ini:

=GOOGLETRANSLATE("Hello","auto","es")

Lebih Besar Dari, Kurang Dari, dan Sama dengan: GT, GTE, LT, LTE, EQ

Pernahkah Anda menginginkan cara mudah untuk menampilkan jika satu nilai lebih besar dari, kurang dari, atau sama dengan yang lain di lembar Anda? Fungsi-fungsi ini melakukan hal itu dan akan menjadi tambahan yang bagus untuk Excel.

  • GT: Lebih Besar dari, sintaks GT(nilai1, nilai2)
  • GTE: Lebih Besar dari atau Sama dengan, sintaks GTE(nilai1, nilai2)
  • LT: Kurang Dari, sintaks LT(nilai1, nilai2)
  • LTE: Kurang dari atau Sama dengan, sintaks LTE(nilai1, nilai2)
  • EQ: Sama dengan, sintaks EQ(nilai1, nilai2)

 

Rumus untuk setiap fungsi mengembalikan hasil Benar atau Salah. Misalnya, jika nilai1 lebih besar dari nilai2, Anda akan menerima hasil Benar. Jika tidak, Anda akan menerima False.

Untuk melihat apakah nilai di sel A1 lebih besar dari yang ada di sel A2, Anda akan menggunakan rumus ini:

=GT(A1,A2)

Untuk melihat apakah nilai yang dimasukkan pertama lebih besar dari yang kedua, gunakan rumus berikut:

=GT(4,5)

Untuk melihat apakah nilai di sel A1 lebih besar dari nilai yang dimasukkan, Anda bisa menggunakan rumus ini:

=GT(A1,5)

Insert dan Menyesuaikan Gambar: IMAGE

Bersama dengan angka dan teks, Anda mungkin ingin menyertakan gambar di spreadsheet Anda. Meskipun Anda dapat dengan mudah menyisipkan gambar di Google Spreadsheet, fungsi IMAGE memungkinkan Anda menyisipkan gambar dari web dan kemudian menyesuaikan ukurannya.

Sintaks untuk fungsi tersebut adalah IMAGE(url, mode, height, lebar) di mana hanya argumen pertama yang diperlukan. Berikut adalah opsi yang dapat Anda gunakan untuk argumen mode:

1: Sesuaikan gambar di dalam sel dan pertahankan rasio aspek. Ini adalah mode default.2: Regangkan atau peras gambar agar pas di dalam sel tanpa mempertahankan rasio aspek.3: Pertahankan gambar pada ukuran aslinya.4: Gunakan ukuran khusus dengan memasukkan argumen tinggi dan lebar dalam piksel.

Untuk menyisipkan gambar dari web dan mempertahankan ukuran aslinya, gunakan rumus ini dengan mengganti URL dengan milik Anda sendiri:

=IMAGE("https://www.howtogeek.com/wp-content/uploads/2022/02/ DateOptions-GoogleSheetsCustomDateTime.png",3)

Untuk menyisipkan gambar yang sama tetapi menggunakan ukuran khusus, Anda akan menggunakan rumus ini untuk mengganti URL, lebar, dan tinggi dengan detail Anda sendiri:

=IMAGE("https://www.howtogeek .com/wp-content/uploads/2022/02/DateOptions-GoogleSheetsCustomDateTime.png",4,200,500)

Cara hebat lainnya untuk menggunakan fungsi IMAGE adalah dengan membuat kode QR di Google Spreadsheet!

Menambahkan Grafik Mini: SPARKLINE

Anda tidak selalu memerlukan bagan yang lebih besar dari kehidupan di spreadsheet Anda. Google Sheets memungkinkan Anda menambahkan grafik mini menggunakan fungsi SPARKLINE. Di Excel, Anda dapat membuat grafik mini menggunakan fitur bagan, tetapi fungsinya lebih sederhana dan lebih cepat untuk disiapkan.

Sintaksnya adalah SPARKLINE(data, kustomisasi) di mana hanya argumen pertama yang diperlukan. Untuk menyesuaikan grafik dengan argumen kedua, seperti memilih jenis grafik, menambahkan warna, menyempurnakan sumbu, dan banyak lagi, lihat tutorial kami untuk membuat grafik mini di Google Sheets.

Untuk menambahkan grafik mini dasar dengan data dari sel rentang B2 hingga E2, Anda akan menggunakan rumus ini:

=SPARKLINE(B2:E2)

Untuk menggunakan diagram batang dengan rentang sel yang sama, Anda akan menggunakan rumus ini:

=SPARKLINE(B2:E2,{"charttype", "column"})

Untuk lebih banyak lagi fungsi yang akan Anda temukan di Google Spreadsheet tetapi tidak di Microsoft Excel, lihat cara menggabungkan teks atau cara melakukan reverse dan split text.

Itulah berita seputar 14 Fungsi Google Sheets yang Dibutuhkan Microsoft Excel, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.