Cara Membuat VPN di Windows

Berikut adalah cara membuat VPN di Windows yang bisa kamu praktekkan dengan Windows 7.

  1. Buka Control Panel dari menu Start pilih Control Panel, kemudian pilih Network and Internet.
  2. Pada halaman Nework and Internet pilih Network and Sharing Center.
  3. Pada halaman Network and Sharing Center, pilih Change adapter settings.
  4. Pada halaman Network Connection, klik menu File kemudian pilih New Incomming Connection. Pada komputer Windows 7 yang saya jadikan VPN server terdapat 2 NIC, yang satu terhubung ke jaringan Intenal dan yang satunya lagi ke jaringan Ekternal (internet) dan menggunakan IP Public, karena IP public inilah yang akan kita gunakan sebagai pintu masuk, sebagai contoh saya menggunakan IP 202.135.10.1.

  5. Pada halaman Who may connect to this computer?, di sini kamu bisa memilih user siapa saja yang boleh melakukan koneksi VPN, jika kamu ingin menambahkan user yang lain dapat mengklik tombol Add someone, selanjutnya jika sudah selesai klik Next.

    1. Pada halaman How will people connect? Jangan lupa mencentang Through the internet karena kita memanfaatkan koneksi internet untuk terkoneksi ke Server VPN.
  6. Selanjutnya pada halaman Networking software allow…., klik pada Internet proctocol Version 4 (TCP/IPv4) kemudian klik Properties untuk mengalokasikan IP untuk Client VPN. Jika kamu ingin menggunakan alamat IP versi 6 kamu bisa memilih Internet proctocol Version 6 (TCP/IPv6).
  7. Pada halaman IP Properties, alokasikan IP untuk client pada contoh saya mengalokasikan ip dari 192.168.10.1 sampai 192.168.10.10, dan jangan lupa untuk mencentang pilihan Allow callers to access my local area network agar kamu bisa mengkases jaringan Internal(private)-mu.
  8. Pada halaman The people you chose can now…, akan menampilkan nama komputer dari Server VPN kemudian klik tombol Close.
  9. Selanjutnya pada halaman Network Connection akan muncul Incomming Connection seperti terlihat pada gambar di bawah.

Selamat mencoba! semoga tutorial cara membuat VPN di Windows ini berguna.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: