Pengertian Printer

printer adalah alat yang dipakai untuk mencetak tampilan monitor ke kertas. Informasi yang dicetak berupa teks ataupun gambar. Berdasarkan teknologi yang digunakan untuk melakukan pencetakan, macam-macam printer dapat dibedakan menjadi dot-matrix, laser, dan ink-jet.

  • Printer dot-matrix adalah jenis printer yang digunakan kepala cetak berupa sekumpulan jarum. Kumpulan jarum ini memukul pita dan menghasilkan cetakan pada kertas.
  • Printer laser adalah jenis printer yang menggunakan sinar laser untuk mengendalikan pencetakan. Cetakan dihasilkan oleh bubuk toner.
  • Printer ink-jet adalah jenis printer yang melakukan cetakan dengan cara menyemprotkan titik-titik tinta yang bermuatan listrik ke kertas.
  • Printer 3D adalah jenis printer mutakhir yang dapat melakukan pencetakan obyek tiga dimensi dengan bahan-bahan yang mudah dibentuk ulang seperti plastik, logam.

Pada saat ini juga telah beredar printer multifungsi yaitu printer yang mampu malkukan fungsi pencetakan, fotokopi, scanner dan bahkan mesin faksimile.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: