8 Skill Teknis yang Wajib Dikuasai Oleh Blogger Pemula

Kunci Sukses Menjadi Seorang Blogger untuk Pemula

Ingin tahu bagaimana cara membuat blog yang baik dan benar untuk pemula? Atau ingin tahu keahlian apa saja yang diperlukan untuk menjadi seorang blogger profesional? Nah, kali ini kami akan membahas semua skill yang harus Anda miliki untuk menjadi seorang blogger.

Skill yang akan kami bahas di sini merupakan skill teknis atau yang dikenal juga dengan hard skill. Tanpa berlama-lama lagi, berikut kami jelaskan apa saja hard skill yang harus Anda kuasai.

1.     Keahlian Menulis Artikel

Kemampuan menulis artikel adalah kemampuan yang paling basic untuk menjadi blogger. Untuk memulai blog pribadi maupun blog yang Anda gunakan untuk digital marketing, keahlian menulis adalah yang paling utama.

Untuk menghasilkan tulisan yang berkualitas dan enak dibaca, maka asah terlebih dahulu keahlian menulis Anda. Selain itu, Anda juga bisa kursus menulis artikel agar tahu cara menulis artikel blog yang baik dan benar.

2.     Paham Cara Membuat dan Mengelola Blog

Ada dua platform yang umum digunakan untuk membuat blog. Dua platform tersebut yaitu Blogger dan WordPress. Pada dasarnya keduanya bisa digunakan secara gratis. Namun untuk WordPress, fitur blog gratisnya tidak bisa memuat iklan dan fiturnya pun terbatas.

Blogger dan WordPress memiliki kelebihan masing-masing. Untuk pemilihan platform silahkan Anda sesuaikan saja dengan kebutuhan masing-masing dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya.

Pastikan Anda paham bagaimana cara membuat blog, baik itu di WordPress maupun Blogger. Selain itu, pastikan  juga Anda paham bagaimana cara mengelolanya.

3.     Memiliki Keterampilan SEO (Search Engine Optimization)

Teknik SEO (Search Engine Optimization) juga merupakan salah satu teknik penting yang harus dikuasai. SEO akan membantu blog Anda agar menempati posisi di halaman pertama mesin pencari.

Teknik SEO sendiri tergolong cukup banyak. Beberapa di antaranya seperti riset keyword, penempatan keyword pada artikel, penulisan artikel yang readable, dan sebagainya.

SEO juga akan membantu Anda untuk meningkatkan kualitas blog di mesin pencari. Dengan begitu, orang yang sedang mencari topik yang Anda tulis akan mudah untuk menemukannya.

4.     Mengolah Tulisan dari Sumber Kredibel

Tidak semua blogger merupakan orang yang ahli dalam suatu bidang. Meski begitu, blogger tetap bisa menulis topik yang tidak dikuasainya dengan merujuk pada sumber yang kredibel.

Contohnya menulis artikel bertema kesehatan. Umumnya artikel dengan tema tersebut harus ditulis oleh orang yang ahli. Meski begitu, blogger tetap bisa menulisnya dengan mengambil sumber kredibel dan mencantumkan sumber tersebut.

Selain itu, pastikan juga tulisan tidak plagiat atau copy paste. Alangkah baiknya Anda cek persentase tingkat plagiat artikel menggunakan tools plagiarism yang ada di internet. Pasalnya, artikel plagiat atau copy paste akan menurunkan kualitas blog Anda.

5.     Menentukan Topik

Pemilihan topik juga harus Anda pertimbangkan secara matang. Terlebih untuk Anda yang baru memulai blog pribadi. Pasalnya, topik sangat penting untuk kelangsungan blog yang akan Anda buat.

Sebaiknya hindari pemilihan berbagai topik dalam satu blog. Pilihlah satu niche atau tema yang Anda sukai atau sesuai dengan keahlian Anda. Kemudian Anda fokuskan topik artikel yang akan Anda buat sesuai dengan niche tersebut.

Selain itu, pilih juga topik yang sangat disukai oleh masyarakat atau pembaca. Dengan begitu, artikel ini berpotensi untuk dibaca oleh banyak orang.

6.     Memiliki Keahlian Riset

Riset yang kami maksud di sini yaitu riset dalam berbagai aspek. Mulai dari riset kata kunci hingga riset topik yang banyak dicari namun tetap relevan dengan blog Anda.

Seorang blogger harus memiliki keahlian riset. Artinya, blogger tidak boleh malas melakukan riset. Karena riset sangat penting agar Anda bisa menentukan kata kunci yang tepat dan topik yang banyak dicari.

7.     Mengasah Kemampuan Berkomunikasi

Selain menulis, Anda juga harus terus belajar bagaimana berkomunikasi yang baik. Pasalnya, tulisan Anda merupakan sebuah media untuk mengomunikasikan suatu topik tertentu pada pembaca.

Membangun komunikasi yang baik melalui artikel adalah salah satu kunci sukses bagi para blogger. Selain komunikasi melalui isi artikel, juga komunikasi melalui kolom komentar saat Anda membalas komentar dari para pembaca.

Untuk memudahkan Anda dalam membangun komunikasi, maka buatlah artikel dengan kata yang sederhana dan mudah dicerna. Selain itu, usahakanlah untuk membalas setiap komentar yang masuk.

8.     Terus Berusaha untuk Selalu Kreatif

Seorang blogger dituntut harus menjadi orang yang terus kreatif. Kreativitas sendiri merupakan modal utama agar Anda bisa membuat sebuah tulisan yang menarik.

Ada 3 hal yang berkaitan dengan kreativitas blogger. 3 hal tersebut yaitu menggunakan pendekatan baru, memanfaatkan media pendukung (gambar, infografik, dan lainnya) dan memberikan informasi yang fresh.

Kesalahan yang Sering Dilakukan Blogger Pemula

Selain mengetahui keahlian apa saja yang harus Anda kuasai, kenali juga apa saja kesalahan yang umum dilakukan blogger pemula. Tujuannya agar Anda bisa belajar dari kesalahan orang lain untuk mengoptimalkan kualitas blog yang Anda buat.

Berikut telah kami rangkum apa saja kesalahan blogger pemula saat memulai membangun blog:

1.     Mengabaikan Optimasi SEO

SEO merupakan salah satu hal penting yang harus Anda optimasi. SEO akan membantu halaman website Anda muncul saat orang mencari topik yang Anda posting di blog Andai.

Tanpa mengoptimasi SEO, maka halaman website Anda akan sulit ditemukan oleh pembaca. SEO juga menjadi salah satu optimasi penting untuk meningkatkan jumlah pengunjung website.

2.     Menggunakan Layanan Hosting Berkualitas Rendah

Kebanyakan blogger pemula suka dengan layanan hosting murah. Namun sayangnya, mereka mengabaikan kualitas dari hosting tersebut. Padahal hosting sangat berpengaruh pada performa blog.

Kualitas hosting yang buruk akan menyebabkan blog Anda susah diakses oleh pembaca. Akhirnya pembaca meninggalkan blog Anda. Hal tersebut mengakibatkan blog Anda mendapat penilaian kurang bagus dari Google.

3.     Terlalu Mengedepankan Desain Blog

Blog yang unik dan menarik memang banyak disukai. Namun, desain yang terlalu berlebihan akan mengakibatkan blog tersebut menjadi lemot karena terlalu banyak memasang elemen website.

4.     Salah Memilih Nama Domain

Pertimbangkan nama domain blog Anda sebelum mendaftarkannya. Pastikan namanya mudah diingat dan mudah diketik. Contohnya seperti www.namaanda.com. Nama tersebut salah satu contoh nama sederhana dan mudah diketik oleh audiens.

5.     Ingin Hasil yang Instan

Kebanyakan blogger pemula kurang sabar dalam menjalani proses menjadi seorang blogger.  Tidak sedikit blogger pemula yang ingin mendapatkan hasil instan dari kegiatan blogging yang mereka lakukan.

Kesimpulan

Untuk menjadi seorang blogger sukses dan profesional, maka Anda harus membekali diri dengan hard skill yang relevan. Selain mengetahui cara menulis yang baik dan benar,  seorang blogger juga harus pandai membangun komunikasi dengan pembaca dan paham tentang SEO.

Blogger pemula tidak hanya harus tahu cara membuat blog saja. Kini melalui tips-tips yang kami bagikan di atas, sedikit banyaknya Anda sudah tahu apa saja hard skill yang harus Anda asah untuk menjadi seorang blogger profesional.

 

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: