AirPods Hanya Diputar di Satu Telinga – Cara Memperbaikinya

AirPods dengan cepat menjadi salah satu headphone paling populer di dunia berkat desainnya yang andal, sederhana, dan nyaman. Namun, sama seperti headphone lain di luar sana, AirPods dapat memiliki beberapa masalah.

Satu masalah umum yang dilaporkan oleh pengguna AirPods adalah audio mereka hanya diputar di satu telinga. Hal ini tentu saja bisa sangat mengganggu — terutama jika Anda mempertimbangkan biaya headphone nirkabel ini.

Mendengarkan audio hanya dengan satu telinga mungkin lebih buruk daripada tidak mendengarnya sama sekali. Kedengarannya konyol, tetapi jika Anda pernah mengalaminya, Anda tahu apa yang sedang kita bicarakan. Ini bisa sangat membingungkan, terutama jika Anda menyukai video game.

Untungnya, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk membantu mengatasi masalah ini dan mengembalikan AirPods Anda ke fungsi normal. Artikel ini hadir untuk membantu Anda memperbaiki AirPods yang hanya diputar di satu telinga.

Mari kita mulai.

Cara Memperbaiki AirPods Hanya Memutar di Satu Telinga

Ada banyak alasan mengapa AirPods dapat diputar hanya di salah satu telinga Anda, dan, tergantung pada penyebabnya masalah, solusinya akan berbeda.

Hal ini dapat disebabkan oleh masalah perangkat lunak, masalah koneksi Bluetooth, atau bahkan masalah baterai. Bagaimanapun, kita akan melihat beberapa penyebab paling umum dan bagaimana Anda dapat memperbaikinya.

Solusi ada di depan, jadi ikuti mereka dengan cermat.
Periksa apakah AirPod Anda Diisi Daya

Hal pertama yang harus Anda periksa adalah apakah AirPods Anda dibebankan dengan benar. Salah satunya mungkin kehabisan baterai yang dapat menyebabkannya mati.

Untuk memeriksa apakah AirPods Anda terisi daya, cukup masukkan ke dalam casing pengisi daya, buka penutup casing, dan pegang di dekat iPhone atau iPad Anda. Ini akan menunjukkan persentase baterai untuk AirPods Anda. Atau, Anda dapat membuka pengaturan Bluetooth untuk AirPods Anda di perangkat Apple mana pun dan memeriksa baterai di sana.

Jika ini masalah Anda, perbaikannya sangat sederhana dan dapat segera dilakukan. Cukup tempatkan AirPods dalam wadahnya dan isi daya dengan kabel Lightning.

Setelah mereka ditagih, coba mainkan sesuatu dengan mereka dan lihat apakah itu memperbaiki masalah. Jika masalah berlanjut dan Anda hanya memiliki suara di satu telinga, coba solusi berikutnya.

Bersihkan AirPods

AndaDalam beberapa kasus, masalahnya mungkin karena AirPods Anda tidak bersih. Pastikan kedua AirPods dibersihkan secara menyeluruh. Kedengarannya konyol, tetapi jika mereka penuh dengan kotoran telinga, mereka tidak akan berfungsi. Entah volumenya akan lebih rendah atau mereka akan benar-benar berhenti bekerja.

Gunakan cotton bud, q-tip, lap pembersih lembab, atau bersihkan dengan sikat gigi berbulu lembut. Gosok hingga mengkilat seperti baru lagi. Jangan gunakan air karena dapat merusak atau merusaknya. Jika Anda harus menggunakan cairan untuk membersihkan Airpods Anda, gunakan alkohol dalam jumlah minimal karena ini cepat kering. Berhati-hatilah untuk tidak menggunakan terlalu banyak jika tidak, Anda berisiko merusak komponen internal utama.

Terakhir, Anda juga harus membersihkan casing pengisi daya! Dengan menggunakan Q-tip, bersihkan wadah pengisi daya tempat AirPod yang tidak berfungsi membuat sambungan. Jika AirPod tidak mendapatkan daya yang baik, tidak akan ada suara yang keluar darinya. Bersihkan port dan isi daya sebentar.

Sekarang, pasang kembali dan uji. Apakah ada suara di kedua telinga Anda? Jika tidak, lanjutkan ke solusi berikutnya.
Hubungkan Kembali AirPods

AndaSeringkali, masalah AirPod disebabkan oleh koneksi Bluetooth yang buruk. Akibatnya, solusinya mungkin hanya menghubungkan kembali AirPods Anda ke ponsel cerdas Anda.

Yang ini mungkin sudah terpikirkan oleh Anda, tetapi masih layak dicoba. Memutuskan sambungan AirPods Anda dan menyambungkannya kembali adalah salah satu solusi sederhana (seperti mematikan dan menghidupkan kembali sesuatu) yang paling sering berfungsi. Inilah cara Anda dapat melakukannya di iPhone:
Buka Pengaturan di iPhone Anda. Pilih Bluetooth. Ketuk tombol “i” di dekat AirPods Anda. Klik Putuskan dan konfirmasi di pop-up.
Sambungkan kembali AirPods ke ponsel Anda sekali lagi dengan kembali ke pengaturan Bluetooth dan mengetuk Airpods Anda. Apakah mereka berdua bekerja sekarang? Jika tidak, ada solusi lain.

Matikan Bluetooth

Masalah Bluetooth pada perangkat Anda mungkin menyebabkan AirPods berperilaku tidak semestinya. Anda dapat menonaktifkan Bluetooth dari pengaturan Bluetooth. Meskipun ada opsi untuk memutuskan sambungan perangkat Bluetooth di Pusat Kontrol, ini tidak akan benar-benar menonaktifkan Bluetooth.

Setelah Anda mematikan Bluetooth sepenuhnya, tunggu sekitar satu menit lalu nyalakan kembali Bluetooth. Sekali lagi, periksa apakah kedua AirPod Anda berfungsi. Lanjutkan ke langkah berikutnya jika tidak.
Cari Keseimbangan Stereo Anda

Di dalam ponsel cerdas Anda, terdapat pengaturan untuk keseimbangan stereo. Keseimbangan stereo adalah distribusi suara di antara masing-masing headphone Anda. Headphone kiri dan kanan harus seimbang agar berfungsi, jika tidak, Anda akan mengalami masalah – seperti kemungkinan satu headphone berhenti bekerja.

Berikut cara memeriksanya di iPhone:
Buka Pengaturan di ponsel Anda.Pindah ke tab Aksesibilitas. Gulir ke bawah ke Audio/Visual dan ketuk.Lihat huruf L dan R. Gerakkan penggeser lurus di tengah, yang akan memberi Anda keseimbangan 50-50 yang sempurna.Matikan opsi Mono Audio jika diaktifkan.
Berikut caranya untuk memeriksa keseimbangan stereo di Mac:
Buka System Preferences.Pilih Suara dan klik Output.Pilih AirPods Anda di menu ini.Letakkan penggeser tepat di tengah antara kiri dan kanan jika belum.
Jika ini tidak menyelesaikan masalah Anda, maka inilah saatnya untuk mencoba satu langkah terakhir.
Periksa Perangkat Anda

Mungkin perangkat Anda yang harus disalahkan, dan bukan AirPods. Untuk melihat apakah ini masalahnya, sambungkan ke sepasang headphone Bluetooth lain dan lihat apakah Anda mengalami masalah yang sama. Jika ya, maka kesalahannya terletak pada perangkat Anda, bukan AirPods.

Dalam skenario ini, Anda harus mengatur ulang pengaturan perangkat Anda. Berikut cara melakukannya di iPhone:
Buka Setelan.Pilih tab Umum.Gulir ke bawah untuk Setel Ulang Pilih Setel Ulang Semua Setelan.
Perangkat Anda akan diatur ulang ke pengaturan default, tetapi jangan khawatir, data Anda tidak akan hilang. Hubungkan ke AirPods Anda lagi dan lihat apakah keduanya berfungsi. Jika tidak, maka inilah saatnya untuk mencari profesional.
Perbarui OS

AndaJika Anda pernah membaca salah satu dari banyak artikel kami, Anda mungkin pernah melihat rekomendasi ini sebelumnya. Itu karena banyak masalah teknis kami disebabkan oleh perangkat lunak yang sudah ketinggalan zaman. Ini juga berlaku untuk fungsi konektivitas Bluetooth yang diandalkan Airpods Anda agar berfungsi dengan baik.

Meskipun masalah perangkat lunak biasanya memengaruhi kedua Airpods, ada baiknya mencoba pembaruan. Berikut cara memperbarui perangkat apple Anda:

Perbarui Perangkat Lunak di iOS
Buka Pengaturan di iPhone Anda dan ketuk Umum. Ketuk Pembaruan Perangkat Lunak. Jika tersedia, ketuk Unduh dan Instal.
Perbarui Perangkat Lunak di Mac
Ketuk ikon Apple di kiri atas sudut Mac Anda.Ketuk Pembaruan Perangkat Lunak.Ikuti langkah-langkah untuk memperbarui macOS.
Jika pembaruan berhasil diselesaikan, sambungkan Airpods Anda untuk memeriksa apakah ini telah menyelesaikan masalah Anda.
Hubungi Dukungan Apple

Upaya terakhir adalah menghubungi Apple secara langsung. Buka situs web resmi mereka, dan lihat bagian AirPods. Temukan tab Kualitas Audio dan cari solusi di sana. Dari sana, Anda dapat menelepon atau menghubungi mereka secara online.

Jika tidak ada opsi lain yang sesuai untuk Anda, semoga Apple dapat memandu Anda mengatasi masalah Anda.

Pertanyaan Umum

Berikut adalah beberapa jawaban lagi untuk pertanyaan Anda tentang Airpods.
Apa yang harus saya lakukan jika salah satu AirPods saya hilang?

Jika hanya satu kuncup kecil yang hilang, Anda dapat mencoba menggunakan Cari iPhone Saya untuk menemukannya. Agar ini berfungsi, Anda harus berada dalam jangkauan AirPod dan menghubungkannya ke iPhone Anda. Ketuk AirPods Anda di Temukan iPhone Saya dan ketuk ‘Putar Suara’. Ini akan sangat sunyi sehingga Anda harus mendengarkan dengan seksama.

Jika AirPod Anda tidak berguna; Anda dapat membeli AirPod pengganti dari Apple.

Apakah AirPod saya hanya berfungsi dengan satu AirPod?

Ya. Jika Anda kehilangan satu, atau salah satunya tidak berfungsi, Anda masih dapat menggunakan kuncup telinga. Sayangnya, Anda tidak akan dapat memasangkannya ke perangkat baru tanpa kedua pod dalam casing.

Tapi, jika Anda sudah dipasangkan, Anda akan baik-baik saja dengan hanya satu AirPod untuk sementara.

Bagaimana saya tahu jika Airpod saya masih tercakup dalam garansi?

Untuk memeriksa cakupan garansi Airpods Anda, kunjungi situs web Apple ini. Anda akan memerlukan nomor seri yang ada di setiap Airpod, tetapi nomor itu sangat kecil dan sulit dilihat. Opsi yang lebih sederhana untuk menemukan nomor seri Airpods Anda adalah dengan masuk ke pengaturan Bluetooth pada perangkat yang terhubung (pastikan Airpods Anda ada di telinga Anda dan terhubung).

Ketuk ikon ‘i’ di sebelah kanan nama Airpods Anda untuk menampilkan nomor seri. Kembali ke situs web yang telah kami tautkan di atas dan masukkan nomor seri Anda.

Masalah Terpecahkan?

AirPods telah menjadi sangat populer berkat kemudahan penggunaan, keandalan, dan kesederhanaannya. Meskipun AirPods umumnya merupakan produk yang hebat, mereka dapat memiliki masalah seperti halnya sepasang headphone lainnya. Masalah seperti pemutaran audio hanya di satu telinga sangat umum dan sangat membuat frustrasi.

Semoga salah satu solusi yang diberikan dalam artikel ini berhasil untuk Anda. Setelah mengalami masalah ini sebelumnya, kami tahu betapa mengerikannya hal itu. Beri tahu kami pendapat Anda tentang masalah ini dan solusinya. Apakah mereka membantu? Kami tidak sabar untuk membaca komentar Anda!

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: