Akun Facebook Saya Diretas dan Dihapus – Apa yang Harus Saya Lakukan?

A akun Facebook yang diretas sangat membuat frustrasi, dan dapat menyebabkan kesalahpahaman. Tetapi beberapa peretas melangkah lebih jauh dan menghapus akun sama sekali. Jika ini terjadi lebih dari 30 hari yang lalu, satu-satunya pilihan Anda adalah membuat akun baru.

Namun, jika penghapusan terjadi kurang dari sebulan yang lalu, Anda mungkin masih memiliki kesempatan untuk menyimpan akun Anda. Mari kita lihat apa yang perlu Anda lakukan.

Hal yang Perlu Diketahui

Sebelum kita menyelami masalah ini, pertama-tama mari kita pelajari tindakan yang dapat Anda lakukan sebelum peretas sempat menghapus akun Anda.

Jika Anda tidak yakin apakah akun Facebook Anda disusupi, kami memiliki artikel bagus di sini yang akan membantu Anda. Menangkap masalah lebih awal adalah skenario kasus terbaik untuk memulihkan akun Anda.

Setiap pengguna Facebook harus selalu memperbarui informasi kontak mereka. Ini termasuk email dan nomor telepon Anda. Facebook akan mengirimkan peringatan untuk login baru dan perubahan pada informasi login Anda. Jika seseorang telah mengambil alih akun Facebook Anda, tempat pertama yang ingin Anda tuju adalah akun email Anda. Cari komunikasi dari Facebook.

Jika Anda menerima email dari Facebook yang memperingatkan Anda tentang perubahan, buka email dan klik tautan Amankan akun Anda. Ini akan membawa Anda ke halaman bantuan yang akan membantu Anda memulihkan akun Anda.

Dengan asumsi Anda tidak menerima email ini tepat waktu, tidak apa-apa. Kami masih memiliki banyak opsi untuk membantu Anda memulihkan akun Facebook Anda setelah dihapus. Bahkan jika peretas mengubah kredensial login Anda.

Cara Memulihkan Akun yang Diretas dan Dihapus

Hal yang baik tentang penghapusan akun adalah Facebook tidak langsung menghapusnya. Sebaliknya, itu membuat akun “hidup” tetapi membuatnya tidak terlihat oleh teman-teman Anda selama 30 hari. Berikut cara memulihkan akun yang diretas dan dihapus.
Password dan Email Tidak Diubah

Ada kemungkinan kecil peretas lupa mengubah data login Anda sebelum mereka menghapus akun. Jika demikian, inilah yang harus dilakukan untuk mengaktifkan kembali dan mendapatkan kembali akses ke akun Anda.
Buka browser di komputer Anda dan buka https://facebook.com. Jika Anda menggunakan ponsel cerdas atau tablet, luncurkan aplikasi Facebook. Selanjutnya, masukkan email dan kata sandi Anda. Jika Anda biasa masuk dengan nomor telepon Anda, ketikkan nomor telepon Anda sebagai gantinya. Klik atau ketuk tombol Masuk.
Jika Anda berhasil, Anda akan melihat semua kontak, foto, kiriman, dan sebagainya – dengan asumsi peretas tidak menghapusnya.
Password Diubah

Skenario yang paling umum, terutama dengan peretas yang tidak berpengalaman, adalah mereka hanya akan mengubah kata sandi. Meskipun Anda tidak dapat mengaktifkan kembali akun Anda dengan kata sandi lama, Anda masih bisa mendapatkan akun Anda kembali. Inilah cara melakukannya.
Buka browser di komputer Anda dan navigasikan ke halaman utama Facebook. Jika Anda menggunakan ponsel cerdas atau tablet, luncurkan aplikasi Facebook.Masukkan kredensial login lama Anda dan klik/ketuk Log In.Facebook akan menampilkan layar yang mengatakan bahwa Anda telah memasukkan nama pengguna atau kata sandi yang tidak valid.Klik atau ketuk Lupa Kata Sandi option.Pilih akun email yang telah Anda kaitkan dengan Facebook. Anda akan menerima email dengan kode enam digit. Ketik di bidang “Masukkan kode” dan klik atau ketuk untuk melanjutkan. Anda kemudian akan diminta untuk memberikan kata sandi baru untuk akun Anda. Ketikkan kata sandi baru. Pastikan itu adalah yang kuat. Gunakan karakter khusus, campur huruf besar dan kecil, dan masukkan beberapa angka juga. Ketuk atau klik tombol Lanjutkan. Selanjutnya, Anda akan melihat pesan yang memberi tahu Anda kapan akun Anda akan dihapus jika Anda tidak membatalkan penghapusan. Perlu diingat bahwa setelah tanggal tersebut, pemulihan tidak mungkin dilakukan.Jika Anda Tidak Dapat Mengakses Email

Katakanlah bahwa peretas sedikit lebih teliti daripada kasus sebelumnya dan mereka telah menonaktifkan akses Anda ke akun email yang Anda gunakan untuk masuk ke Facebook. Anda masih memiliki cara untuk mendapatkan kembali akun Anda. Pertama, Anda harus memeriksa apakah kata sandi masih valid.
Buka browser di komputer Anda atau luncurkan aplikasi Facebook di perangkat seluler Anda. Setelah halaman utama Facebook terbuka, klik foto profil Anda (di aplikasi seluler).Jika Anda di komputer, masukkan kata sandi terakhir yang Anda gunakan. Jika peretas belum mengubahnya, Facebook akan mengizinkan Anda untuk membatalkan penghapusan akun Anda. Jika Anda menggunakan aplikasi tersebut, ketikkan kata sandi terakhir yang Anda gunakan. Jika sudah selesai, Facebook akan menampilkan pesan Konfirmasi Identitas Anda. Ketuk Mulai. Anda kemudian akan melihat pesan tentang kapan akun Anda dijadwalkan untuk dihapus. Ketuk opsi Batalkan Penghapusan.
Tapi bagaimana jika peretas mengubah segalanya?
Email dan Kata Sandi Diubah untuk memulihkan akun Anda dengan nomor telepon Anda. Begini cara kerjanya di komputer.
Luncurkan browser dan buka halaman utama Facebook.Masukkan kredensial terakhir yang berfungsi dan klik Masuk.Klik opsi Lupa Kata Sandi.Periksa opsi “Kirim kode melalui SMS”.Ketika Anda mendapatkan teks , salin kode ke kolom Masukkan kode dan klik Lanjutkan.Masukkan kata sandi baru dan klik Lanjutkan.Klik Batal Penghapusan.
Pengguna ponsel cerdas harus melakukan hal berikut.
Luncurkan aplikasi.Ketuk opsi Temukan akun Anda.Centang “Konfirmasi melalui SMS” dan ketuk lanjutkan. Pilih apakah Anda ingin tetap masuk di perangkat lain atau tidak, lalu ketuk Lanjutkan. Buat kata sandi baru dan ketuk Lanjutkan. Pada layar Konfirmasi Identitas Anda, ketuk Mulai. Ketuk Ya, Lanjutkan ke Facebook tombol. Ini akan membatalkan penghapusan akun Anda.
Jika tidak ada metode yang membantu, Anda harus melaporkan bahwa akun Anda diretas ke Facebook.

Pertanyaan Umum

Facebook adalah platform media sosial yang kompleks. Jika seseorang telah meretas akun Anda, atau akun tersebut dihapus, Anda mungkin memiliki lebih banyak pertanyaan.
Dapatkah saya memulihkan data Facebook saya setelah 30 hari?

Facebook memberi pengguna opsi untuk mengunduh dan menyimpan semua data Facebook mereka di situs web. Namun, jika akun Anda sudah dihapus setelah periode penahanan 30 hari, tidak ada cara untuk mengambilnya kembali. Sementara Facebook menyatakan bahwa mereka dapat menyimpan beberapa informasi, ini tidak memiliki posting pribadi, gambar, atau apapun yang berhubungan dengan individu tersebut.

Pada dasarnya, jika seseorang telah meretas akun Anda dan menghapusnya, tidak ada cara untuk memulihkan apa pun setelah 30 hari pertama.

Apakah Facebook memiliki tim dukungan pelanggan yang dapat saya hubungi?

Sayangnya, Facebook tidak memiliki nomor telepon atau layanan obrolan yang menghubungkan Anda dengan perwakilan layanan pelanggan untuk bantuan lebih lanjut. Satu-satunya pilihan yang Anda miliki adalah menghubungi tim dukungan Facebook. Anda tidak akan langsung menerima umpan balik, tetapi tim akan melakukan yang terbaik untuk membantu Anda.

Anda dapat menghubungi Tim Dukungan Facebook menggunakan tautan ini. Ingatlah untuk sedetail mungkin saat mengisi formulir. Ini akan mengurangi jumlah interaksi yang harus Anda miliki, dan oleh karena itu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya.

Tetap Aman

Setelah Anda mengklaim kembali akun Anda, pastikan untuk membuat kata sandi yang sangat kuat. Selain itu, pertimbangkan untuk mengubah email terkait dan menambahkan autentikasi 2 faktor untuk membuat peretasan di masa mendatang semakin kecil kemungkinannya.

Apakah akun Anda pernah diretas, dan apakah Anda bisa mendapatkannya kembali? Beri tahu kami tentang pengalaman Anda di komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: