Apa itu Anynet+ dan Cara Mematikannya

Kemajuan dalam teknologi berarti kita sekarang dapat menghubungkan perangkat kita bersama-sama dan mengakses semuanya dari satu titik. Ambil smart TV Anda, misalnya. Sebagian besar smart TV memungkinkan Anda menyambungkan soundbar, konsol game, dan hampir semua hal menggunakan koneksi HDMI ke perangkat.

Namun berkat konektivitas yang mudah itu, tidak jarang ada beberapa remote control di dudukan TV Anda. Tapi yang mana yang mengontrol perangkat mana? Dan kemudian ada kemungkinan besar bahwa Anda akan salah menempatkan satu atau lebih dari mereka.

Tapi dengan Samsung Anynet+, kekhawatiran seperti ini bisa menjadi sesuatu dari masa lalu. Artikel ini menjelaskan dengan tepat apa itu Anynet+, cara menggunakannya, dan prasyarat untuk menggunakannya.

Untuk Apa Anynet+ Digunakan?

Bayangkan bisa mengontrol semua perangkat hiburan rumah Anda dari satu titik? Nah, Anda beruntung karena Samsung Anynet+ dirancang untuk melakukan hal itu. Ini memungkinkan Anda menggunakan remote TV untuk mengontrol beberapa fitur perangkat HDMI yang terhubung ke TV Anda.

Apa Itu Anynet+(HDMI-CEC)

Fitur Anynet + memungkinkan Anda mengontrol perangkat yang terhubung dengan antarmuka multimedia definisi tinggi (HDMI), melalui satu ” Consumer Electronics Control” (CEC) device.

Dengan kata lain, standar koneksi untuk mentransmisikan video dan audio secara bersamaan dari perangkat streaming Anda – terhubung dan ditampilkan di TV Anda (misalnya perangkat HDMI) – dikendalikan dari satu remote (CEC) .

Apa Itu Anynet+ di TV Samsung

Fitur Anynet+ mengontrol perangkat HDMI yang terhubung ke TV Samsung Anda. Ini hanya dapat digunakan dengan perangkat Samsung yang mengaktifkan Anynet+ (HDMI-CEC). Cari logo Anynet+ di perangkat Samsung Anda untuk memastikannya.

Untuk mengontrol perangkat Anda dari remote, sumber aktif perangkat harus disetel ke “TV.”

Cara Mematikan Anynet+ di TV Samsung

Karena fitur ini ada di dalam, tidak dapat dihapus. Namun, Anda dapat mematikan Anynet+ dengan melakukan hal berikut:
Di remote, tekan lama tombol “Kanan”. Lanjutkan menahan hingga “OFF – ANYNET+” ditampilkan di layar Anda.
Tanya Jawab Umum Tambahan
Bagaimana Cara Mengaktifkan HDMI di TV Samsung Saya?

Sebelum memulai, lihat Anynet + Samsung yang mengaktifkan prasyarat untuk penyiapan yang berhasil:

• Pastikan perangkat yang ingin Anda sambungkan dan kontrol mendukung HDMI-CEC. Logo Anynet + akan ditampilkan di suatu tempat di perangkat.

• Perangkat Anda harus terhubung ke TV menggunakan kabel HDMI yang mendukung Anynet+. Tidak semua kabel HDMI mendukung HDMI-CEC, jadi pastikan untuk memeriksanya.

• Jika remote control Anda tidak berfungsi pada awalnya, coba atur perangkat sebagai perangkat berkemampuan Anynet+ lagi.

• Fitur Anynet+ dapat mengontrol hingga 12 yang kompatibel perangkat eksternal dan hingga tiga dari jenis yang sama.

• Anynet+ hanya dapat mengontrol satu sistem home theater.

• Untuk mengakses audio saluran 5.1 dari perangkat, sambungkan ke TV Anda menggunakan kabel HDMI, lalu sambungkan home theater 5.1 secara langsung ke konektor output audio digital perangkat.

• Jika salah satu perangkat eksternal Anda diaktifkan untuk remote control universal dan Anynet+, itu hanya dapat dikontrol dengan remote control universal.

Untuk mengaktifkan Anynet+ di TV Samsung Anda:

1. Menggunakan remote TV Samsung Anda, tekan tombol “Home” untuk mengakses “Eden Menu” di bagian bawah layar Anda.

2. Pilih “Pengaturan” lalu “Umum.”

3. Dari daftar menu tengah, pilih opsi “Pengelola Perangkat Eksternal”.

4. Sorot opsi “Anynet+ (HDMI-CEC)”, lalu tekan enter melalui remote Anda untuk mengaktifkan/menonaktifkan fitur.

5. Sambungkan salah satu perangkat berkemampuan HDMI-CEC menggunakan kabel HDMI yang mendukung HDMI-CEC, lalu hidupkan perangkat.

Perangkat akan otomatis tersambung ke TV Anda. Setelah koneksi berhasil, Anda akan dapat mengakses menu perangkat dan mengontrolnya menggunakan remote TV.
Bagaimana Cara Menghapus Pengaturan Remote Universal?

Jika perangkat Anda dikontrol dengan remote universal, perangkat akan tetap dikontrol dengan cara itu bahkan setelah diaktifkan untuk Anynet+. Untuk mengakhiri koneksi ini, melalui remote, hapus kode yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat Anda. Begini caranya:

1. Keluarkan baterai dari remote.

2. Biarkan kompartemen baterai kosong setidaknya selama dua menit. Ini akan menguras daya yang tersimpan dalam kapasitor yang membuat memori tetap utuh.

3. Selama empat detik, tekan lama tombol daya untuk membantu menguras semua daya yang tersimpan.

4. Tekan tombol daya lagi untuk memastikan lampu sinyal tidak menyala.

Semua kode yang disimpan untuk mengoperasikan perangkat sekarang akan dihapus.

Mengendalikan Remote Anda

Kontrol jarak jauh entah bagaimana cenderung berakhir di tempat yang tidak kita ingat saat meletakkannya. Dalam upaya untuk membuatnya tetap berguna, kami dapat mencoba meletakkannya kembali di tempat yang sama, atau bahkan menempelkannya ke sofa dengan Velcro yang terpasang di bagian belakang.

Untungnya, fitur Anynet+ Samsung dirancang untuk mengakhiri ketidaknyamanan ini. Fitur Anynet+ berarti Anda dapat menghubungkan semua perangkat yang didukung HDMI-CEC ke TV Samsung dan mengontrolnya menggunakan remote TV – keren kan? Sekarang Anda hanya perlu khawatir kehilangan satu kendali jarak jauh.

Di tempat aneh mana kendali jarak jauh Anda berakhir? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: