Apa yang Harus Dilakukan jika Komputer Windows 10 Anda Berhenti Merespons

Ada alasan mengapa Windows 10 adalah versi terakhir yang akan dirilis Microsoft ke publik: Windows 10 lebih cepat, lebih aman, dan lebih mampu daripada versi apa pun yang telah ada sebelumnya. Alih-alih memutakhirkan Windows ke versi 11 atau versi 12, Microsoft beralih untuk mendorong pembaruan besar dengan fitur-fitur baru setiap enam hingga dua belas bulan, dengan perbaikan bug yang datang dalam beberapa tambalan reguler setiap beberapa minggu.

Tentu saja, hanya karena Windows 10 lebih stabil daripada versi Windows sebelumnya, bukan berarti Anda tidak akan mengalami kendala saat menggunakan komputer. Setiap sistem operasi memiliki bug dan masalah yang wajar, dan Windows 10 masih termasuk dalam kategori itu.

Jika PC Windows 10 Anda terus membeku atau tidak merespons, Anda mungkin kehabisan akal. Komputer yang terus membeku saat Anda mencoba bekerja sangat menyebalkan, dan dapat mengakibatkan hilangnya data, waktu yang hilang, dan produktivitas yang hilang.

Jika tidak ada yang berfungsi pada PC Anda sampai Anda melakukan hard reboot, Anda tidak sendirian. Ini adalah kejadian umum dan yang ingin Anda perbaiki. Daripada meninggalkan komputer Anda untuk terus membeku, mari percepat Windows 10 dan dapatkan komputer Anda kembali dan berjalan dalam waktu singkat.

Komputer Windows 10 Berhenti Merespon

Penguncian komputer seperti ini biasanya merupakan masalah perangkat lunak. Jarang perangkat keras karena itu akan menyebabkan sistem macet daripada membeku. Terlalu panas akan menyebabkan komputer mati, kegagalan perangkat keras biasanya akan menyebabkan layar biru. Masalah RAM

A dapat menyebabkan pembekuan tetapi itu jarang terjadi. Hal ini terutama ke perangkat lunak. Entah terlalu banyak program yang membutuhkan sumber daya, file yang hilang, kerusakan file, interupsi sistem, atau antrian tugas prosesor menjadi macet.

Sebelum kita melanjutkan ke perbaikan jangka panjang, mari kita tinjau apa yang dapat Anda lakukan untuk membuat Windows merespons.

Force Restart Komputer Anda

Tahan tombol daya selama beberapa detik hingga mati. Tunggu sekitar 30 detik sebelum mem-boot ulang. Untuk sebagian besar masalah, ini akan membuat Anda kembali aktif dan berjalan dengan cepat.

Buka Pengelola Tugas

Menggunakan kombinasi keyboard CTRL+ALT+Hapus buka pengelola tugas Anda dan tutup paksa semua aplikasi terbuka yang dibekukan. Jika satu aplikasi mengalami kesalahan serius, itu dapat menyebabkan perlambatan dengan seluruh sistem Anda.

Selanjutnya, Anda akan ingin melakukan beberapa pemecahan masalah dasar untuk mencari tahu dan secara permanen memperbaiki alasan yang mendasari masalah Anda.

Pemecahan masalah di Windows 10

Untungnya, Windows 10 memudahkan untuk memulai proses pemecahan masalah. Setelah Anda memperbaiki masalah awal dan komputer Anda merespons, mulailah proses pemecahan masalah. Ini sangat penting jika komputer Anda terkunci lebih dari sekali.
Pertama, periksa opsi apa pun untuk memecahkan masalah kesalahan yang terdeteksi. Jika tidak muncul, buka Pengaturan Komputer Anda dan klik Pemecahan Masalah. Jika tersedia, itu akan muncul di sini.
Menjalankan pemecah masalah dapat mempercepat solusi Anda dengan mengarahkan Anda langsung ke masalahnya. Anda juga dapat mencoba menjalankan perangkat Windows 10 Anda dalam Safe Mode untuk menemukan masalahnya. Safe Mode pada dasarnya hanya menjalankan proses asli di perangkat Anda. Ini berarti bahwa jika komputer berhenti membeku, ada perangkat lunak pihak ketiga yang menyebabkan masalah.
Dengan asumsi komputer Anda saat ini tidak dibekukan, gunakan pintasan keyboard Win+R dan ketik ‘msconfig’ dan klik OK. Selanjutnya, centang kotak ‘Safe boot’ di bawah tab Boot dan restart komputer Anda. Setelah restart, komputer Anda dalam Safe Mode dan Anda dapat mulai mendeteksi perangkat lunak yang menyebabkan masalah pembekuan Anda.
Periksa Perubahan di Windows 10

Ketika komputer Windows 10 berhenti merespons tanpa alasan biasanya karena ada sesuatu yang berubah. Sebelum kita masuk ke pemecahan masalah, apakah Anda membuat perubahan baru-baru ini? Menambahkan program baru? Menginstal antivirus atau perangkat lunak keamanan baru? Baru-baru ini mengenkripsi hard drive Anda? Membuat perubahan signifikan lainnya? Jika demikian, itu adalah tempat untuk memulai.

Jika Anda membuat perubahan dan komputer Windows 10 Anda mulai membeku, batalkan perubahan itu atau hapus program. Nyalakan ulang komputer Anda dan lihat apakah komputer membeku lagi. Jika ya, lanjutkan ke teknik pemecahan masalah lainnya. Jika komputer tidak lagi membeku, perubahan yang Anda buatlah yang menyebabkannya. Selidiki lebih lanjut.

View Running Programs

Terkadang, membuka terlalu banyak tab browser atau terlalu banyak program yang berjalan sekaligus dapat menyebabkan komputer Windows 10 terkunci. Windows cukup bagus dalam mengirim aplikasi ke mode tidur tetapi tidak sempurna.
Klik kanan ruang kosong di Bilah Tugas dan pilih Pengelola Tugas. Tetap buka di desktop Anda dan pantau program yang berjalan.
Awasi terus Pengelola Tugas dan penggunaan prosesor. Jika Anda beruntung, Anda akan menangkap sebuah program yang menggunakan prosesor Anda saat komputer Anda membeku atau akan membeku dengan Task Manager terlihat dengan program yang menyinggung berwarna merah. Hapus atau instal ulang program tersebut jika ada.

Mungkin tidak ada program yang memonopoli sumber daya, jadi jika Anda tidak melihatnya, lanjutkan ke tugas berikutnya.

Cari File yang Hilang

Jika komputer macet saat Anda melakukan tugas tertentu, seperti seperti pengolah kata, mengedit video, atau sesuatu, mungkin program itu yang menyebabkan pembekuan. Jika Anda dapat mengidentifikasi satu program, hapus instalan dan instal ulang program tersebut. File yang diperlukan mungkin rusak atau tertimpa secara tidak sengaja dan menyebabkan lockups.

Hapus program dan instal ulang untuk melihat apakah itu masalahnya. Periksa dulu apakah data Anda dari program akan disimpan sebelum menghapusnya!

Korupsi File Menyebabkan Windows 10 Membeku

Windows 10 memiliki kecenderungan untuk mengacaukan dirinya sendiri kadang-kadang dan membutuhkan sedikit usaha untuk mengembalikannya ke normal. Ada beberapa alat yang dibangun ke dalam sistem operasi yang dapat membantu, SFC, dan DISM.

Pemeriksa Berkas Sistem, SFC, adalah alat terintegrasi yang memindai kesalahan Windows dan memperbaikinya secara otomatis. DISM, Deployment Image Servicing, dan Management dapat memeriksa Windows Store dan Windows Update untuk kesalahan. Keduanya dapat dijalankan dari baris perintah.
Klik kanan tombol Start Windows dan pilih Command Prompt (Admin). Ketik ‘sfc / scannow’ dan tekan Enter. Tunggu hingga pemeriksaan selesai. Ketik ‘dism / online / cleanup-image / restorehealth’ dan tekan Enter.
Kedua pemeriksaan benar-benar terpisah sehingga Anda harus menunggu SFC selesai sebelum memulai DISM. Anda akan melihat kemajuan di layar bersama dengan menyebutkan kesalahan atau masalah file yang ditemukan alat. Kedua alat akan secara otomatis mengganti file yang rusak atau hilang jadi setelah selesai, itu saja untuk ini.

Masalah Driver Menyebabkan Komputer Berhenti Merespon

Bentuk lain dari masalah file adalah driver. Jika pemeriksaan Windows 10 berjalan dengan baik, Anda mungkin ingin mencoba menginstal ulang semua driver Anda. Karena pembaruan driver selalu merupakan hal yang baik, ini adalah praktik yang baik. Inilah cara melakukannya.
Pertama, navigasikan ke Device Manager di PC Anda dengan mengklik kanan menu Start dan mengkliknya. Selanjutnya, cari driver yang perlu Anda perbarui atau instal ulang. Setelah Anda mengklik driver pilih opsi ‘Uninstalldevice’ dari menu dropdown.
Reboot komputer Anda dan Windows akan menginstal ulang driver untuk Anda.

Instal ulang atau Pulihkan Windows 10

Jika tidak ada yang berhasil, satu-satunya pilihan Anda yang sebenarnya adalah menginstal ulang Windows 10 atau melakukan pemulihan sistem. Pilih Titik Pemulihan sebelum pembekuan mulai terjadi atau boot dari media instalasi Windows 10 Anda dan pilih untuk menginstal ulang sambil menyimpan file dan pengaturan Anda. Mudah-mudahan, itu harus memperbaikinya!

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...