Apa yang Harus Dilakukan jika MacBook Pro Anda Tidak Mau Hidup

Tidak ada yang menyebabkan perasaan tenggelam seperti saat Anda boot MacBook Pro Anda, dan tidak ada yang terjadi. Ini biasanya akan terjadi ketika Anda memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan, tenggat waktu yang membayangi, atau email penting untuk dikirim. Bukankah skenario itu ketika hal-hal seperti itu terjadi? Tentu mereka. Perangkat

Apple dikenal sangat andal (cukup, tetapi desain yang disengaja seperti keyboard dan lainnya tergantung pada model/rilis, memastikan umur yang lebih pendek, jadi Anda terpaksa membeli yang baru, tetapi kami tidak akan membahasnya di artikel ini ). Terlepas dari reputasinya, setiap perangkat memiliki masalah pada satu titik atau lainnya.

Panduan ini mengasumsikan Anda belum membuat perubahan terbaru pada MacBook Pro Anda, seperti menambah atau mengganti RAM atau melakukan modifikasi perangkat keras yang signifikan. Dalam kasus laptop macOS, inilah yang harus dilakukan jika MacBook Pro Anda tidak mau hidup.
1. Periksa Layar Hitam/Kosong

Saat pertama kali mencoba menyalakan MacBook Pro, apakah MacBook Pro tidak menyala sama sekali, atau layar tetap hitam?

A layar hitam adalah masalah biasa untuk laptop dan tidak terbatas pada Apple. Sebelum Anda melakukan hal lain, pertama-tama pastikan Anda tidak secara tidak sengaja menyetel kecerahan ke nol.

Ada dua tombol di sepanjang bagian atas keyboard yang memiliki ikon matahari. Salah satunya adalah untuk menggelapkan tampilan, dan yang lainnya untuk mencerahkannya. Meskipun sebagian besar laptop tidak akan menjadi hitam dengan pengaturan ini, itu masih perlu dikonfirmasi. Jika kecerahan tidak memengaruhi layar hitam, lanjutkan. Matikan laptop, lepaskan semua periferal yang Anda pasang, lalu hidupkan kembali sambil mendengarkan dengan seksama.

Apakah Anda mendengar suara mendesing? Ada bunyi bip? Suara kipas? Jika Anda mendengar sesuatu tetapi tidak melihat apa-apa, itu mungkin layar dan bukan laptop. Jika Anda tidak mendengar apa-apa, Anda perlu memecahkan masalah lebih lanjut.
2. Boot ke Recovery Mode

Jika Anda mendengar suara dan menerima umpan balik saat melakukan tindakan, tetapi layarnya hitam, Anda dapat mencoba mem-boot MacBook ke Recovery Mode untuk memperbaiki masalah apa pun yang dialaminya. Untuk boot ke Recovery Mode, tahan tombol power. Jika tindakan ini berhasil, Anda akan melihat utilitas macOS screen.

Jika Mode Pemulihan berhasil, reboot Macbook Anda, dan itu akan dimulai secara normal. Jika tidak, lanjutkan membaca; mungkin ada masalah lain.
3. Periksa Sambungan Daya

Colokkan pengisi daya MacBook Pro Anda ke laptop dan stopkontak di dinding. Pastikan kedua koneksi kencang. Pastikan kabel daya tidak rusak. Jika tidak terjadi apa-apa, coba stopkontak lain atau periksa yang Anda gunakan dengan perangkat lain.

Jika stopkontak berfungsi, periksa kabel daya atau adaptor. Jika Anda cukup beruntung memiliki cadangan keduanya, cobalah. Jika Anda dapat meminjam cadangan selama lima menit, lakukan itu. Tapi pertama-tama, berjanjilah untuk tidak merusaknya karena nilainya sangat berharga dalam emas. Jika laptop masih tidak dapat berfungsi dengan pengisi daya yang berbeda, lanjutkan pemecahan masalah.

Catatan: Pengisi daya yang digunakan harus sesuai dengan spesifikasi pengisi daya OEM untuk model spesifik Anda. Setidaknya ada beberapa pengisi daya yang berbeda. Misalnya, MacBook Pro Pertengahan 2015 menggunakan pengisi daya 85 watt.

Pastikan Anda menggunakan kabel bermerek Apple jika memungkinkan. Beberapa kabel pengisi daya pihak ketiga tidak memiliki arus listrik yang tepat yang diperlukan untuk memberi daya pada perangkat Anda dengan benar, atau kabelnya rapuh di bagian dalam dan dapat rusak. Menggunakan kabel dan blok pengisi daya yang disertakan dengan perangkat Anda mungkin merupakan trik untuk mengaktifkan komputer Anda.
4. Siklus Daya

Langkah berikutnya melibatkan menjalankan siklus daya lengkap MacBook Pro Anda. Meskipun kedengarannya terlibat, ini sangat mudah.

Yang perlu Anda lakukan adalah menahan tombol daya selama minimal sepuluh detik. Tindakan ini memutus semua daya ke laptop dan sama dengan melepas baterai. Anda mungkin mendengar suara saat melakukannya.

Setelah Anda menahan tombol daya dan melepaskannya, biarkan selama beberapa detik lalu tekan lagi untuk memulai MacBook Pro seperti biasa. Jika Anda beruntung, itu akan berhasil boot. Jika tidak, MacBook Pro masih akan gagal untuk memulai, dan Anda harus terus membaca.
5. Reset SMC

SMC adalah System Management Controller. Ini mengelola semua fungsi tingkat rendah dari Macbook Pro, seperti tombol daya, layar, baterai, kipas, penginderaan gerak, keyboard, lampu indikator, dan elemen serupa lainnya. Mengatur ulang SMC biasanya dibiarkan hingga terakhir karena mengatur ulang banyak pengaturan kembali ke default. Jika Anda sudah sejauh ini tanpa boot yang berhasil, coba atur ulang SMC di MacBook Pro Anda. Cabut laptop dari pengisi daya dan periferal. Tahan Shift + Control + Option dan tombol daya selama sepuluh detik. Lepaskan semua tombol dan sambungkan kembali pengisi daya. Kemudian, tekan tombol daya untuk mem-boot laptop Anda.
Jika kesalahan SMC menyebabkan MacBook Pro tidak bisa boot, sekarang seharusnya boot secara normal. Anda harus mengonfigurasi ulang beberapa pengaturan perangkat keras setelah berhasil dijalankan, tetapi itu adalah harga yang kecil untuk dibayar agar laptop Anda berfungsi kembali. Kemunduran ini tidak diragukan lagi lebih baik daripada pemeliharaan profesional yang membutuhkan waktu, dan biaya uang.
6. Lepaskan Baterai

Jika Anda menggunakan MacBook Pro lama, mungkin baterainya dapat dilepas. Periksa di bawah untuk melihat apakah baterai dapat dilepas atau tidak. Anda akan melihat klip pengunci kecil di sebelah baterai jika baterai keluar. Untuk melepaskan baterai, lakukan hal berikut:
Membatalkan klip pengunci di bawah MacBook Pro Anda.Angkat penutup plastik untuk membuka baterai.Tarik tab kecil untuk melepaskan baterai dan lepaskan.Balikkan proses untuk memasukkan kembali atau mengganti baterai, atau ganti penutup dan klip.
MacBook Pro yang lebih baru tidak akan memiliki baterai yang dapat dilepas, jadi prosedur ini tidak akan relevan bagi Anda jika Anda memilikinya.
7. Cabut Aksesori Anda

Ini mungkin terdengar aneh, tetapi jika MacBook Anda mengalami masalah saat booting dengan benar, ada baiknya mencoba mem-bootnya dengan semua yang dicabut.

Semua perangkat USB, printer, atau koneksi lain harus dicabut untuk sementara. Setelah selesai, coba reboot MacBook Anda dengan menekan dan menahan tombol power.

Jika MacBook Pro Anda masih tidak mau hidup, sangat sedikit yang dapat Anda lakukan saat ini tanpa membatalkan garansi. Mungkin lebih baik untuk menemukan Apple Store terdekat dan biarkan salah satu teknisi memeriksanya. Apa yang diharapkan dapat dicapai adalah membuat laptop Anda berfungsi kembali tanpa memengaruhi garansi atau berpotensi memperburuk keadaan!

Masalah Tambahan

Seperti yang disebutkan oleh beberapa orang di komentar, jika MacBook Anda menyala tetapi tidak ditampilkan, kemungkinan besar Anda memiliki masalah dengan layar Anda kabel, layar, atau kartu grafis.

Jika proses penginstalan ulang OS Anda terganggu, maka masalah Anda mungkin terkait dengan file sistem kritis yang rusak atau sekarang tidak ada. Anda akan ingin mencoba kembali proses penginstalan ulang menggunakan flash drive atau pemasangan jaringan. Jika ini terjadi pada Anda, ikuti langkah-langkah di atas, atau bawa ke bengkel terkemuka atau Apple Store jika masih dalam garansi.

Bagikan pemikiran dan pengalaman Anda tentang MacBook Pro yang tidak menyala di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: