Apa yang Harus Dilakukan jika Perangkat Android Anda Tidak Dapat Mengunduh atau Menginstal Aplikasi

Banyak sistem operasi seluler telah gagal dalam beberapa tahun terakhir karena kompatibilitas dan keterbatasan aplikasi. BlackberryOS dan Windows adalah yang paling menonjol dari sistem operasi ini; sangat membatasi untuk memiliki sedikit atau tidak ada akses ke aplikasi pada perangkat seluler.

Hal yang sama berlaku untuk kesalahan dan gangguan yang memengaruhi perangkat AndroidOS Anda. Meskipun sistem operasi mendukung beragam aplikasi, masih ada kemungkinan untuk menemukan kesalahan yang membuat ponsel cerdas Anda hampir tidak berguna. Jadi apa yang dapat Anda lakukan jika perangkat Android Anda tidak dapat mengunduh atau menginstal aplikasi? Apps

Google Play Store cukup andal sehingga jarang mengalami komplikasi serius. Tetapi, jika Anda tidak dapat mengunduh aplikasi sekarang, ada sesuatu, di suatu tempat, yang salah. Mari kita tinjau beberapa hal yang harus Anda periksa terlebih dahulu sebelum beralih ke solusi yang lebih intuitif.

Jika Anda tidak dapat mengunduh aplikasi, periksa ini dari daftar Anda terlebih dahulu:
Apakah perangkat Anda terisi daya? – Beberapa perangkat mungkin tidak mengizinkan Anda mengunduh aplikasi baru hingga perangkat Anda terisi lebih dari 15% atau bahkan 30%. Apakah Anda memiliki koneksi WiFi yang stabil? – Mungkin Anda menggunakan data seluler, atau Anda terhubung ke WiFi tetapi sinyalnya lemah. Coba jaringan WiFi lain jika memungkinkan. Sudahkah Anda menghidupkan perangkat Anda? – Restart cepat ponsel Anda sering kali memperbaiki sebagian besar masalah; termasuk masalah dengan Google Play Store. Apakah Google Play Store mengalami masalah di seluruh sistem? – Periksa situs web downdetector. Mungkin Google mengalami masalah besar dan Anda hanya perlu menunggu pengembang untuk memperbaikinya.
Sekarang kami telah membahas dasar-dasar perbaikan cepat, coba lagi untuk mengunduh aplikasi dari Play Store. Jika ini tidak memperbaiki masalah Anda, berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda coba jika perangkat Android Anda tidak dapat mengunduh atau menginstal aplikasi.

Periksa Ruang Kosong Anda

Setiap kali Anda memecahkan masalah perangkat, sebaiknya jangan pernah melupakan dasar-dasarnya. Unduhan bergantung pada ketersediaan ruang kosong untuk mengunduh. Sebagian besar aplikasi hanya beberapa megabita tetapi beberapa lebih besar. Apakah Anda memiliki cukup ruang di perangkat Anda? Apakah Anda harus melakukan pembersihan pegas sebelum menambahkan barang baru?

Pertama, periksa penyimpanan perangkat Anda dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Catatan: Karena antarmuka Android bervariasi menurut produsen dan versi, tutorial kami mencakup spesifikasi umum yang seharusnya berfungsi untuk semua orang.
Buka Pengaturan pada perangkat Anda dan gunakan kaca pembesar untuk mencari Penyimpanan. Ketuk Penyimpanan dalam daftar yang muncul. Tinjau jumlah penyimpanan yang tersedia yang terdaftar.
Jika penyimpanan Anda penuh, Anda dapat dengan cepat menghapus aplikasi yang jarang digunakan dengan mengetuk Aplikasi, memilih aplikasi yang ingin Anda hapus, lalu ketuk Uninstall.

Sekarang, kembali ke Google Play Store dan coba unduh aplikasi yang diinginkan lagi. Namun, jika Anda memiliki banyak penyimpanan, teruslah membaca untuk solusi lainnya.

Periksa Jaringan Anda

Kami telah menyebutkannya secara singkat di atas, tetapi koneksi jaringan Anda sangat berkaitan dengan kemampuan untuk mengunduh aplikasi Apakah unduhan Anda berjalan sangat lambat, atau mereka tidak terjadi sama sekali, mari kita lihat lebih dalam koneksi internet Anda.

Namun Anda mengunduh aplikasi Anda (menggunakan WiFi atau data seluler), periksa untuk memastikan jaringan yang Anda sambungkan memiliki kekuatan yang cukup untuk mempertahankan koneksi. Jika WiFi Anda macet atau Anda hampir di luar jangkauan atau Anda hanya memiliki satu atau dua batang sinyal, Anda mungkin ingin menunggu sampai Anda berada di posisi yang lebih baik sebelum mengunduh aplikasi Anda.

Salah satu indikator pertama bahwa Anda memiliki jaringan masalah koneksi adalah situs web dan aplikasi tidak dapat dimuat dengan benar. Anda dapat menjalankan tes kecepatan menggunakan browser ponsel Anda, atau jika Anda sudah memiliki aplikasi untuk memverifikasi koneksi yang solid.

Jika Anda menggunakan WiFi, coba beralih ke data seluler. Atau, Anda dapat mencoba jaringan WiFi lain jika tersedia. Dengan asumsi bahwa data seluler adalah satu-satunya pilihan Anda, periksa Pengaturan pada perangkat Android Anda untuk memastikan bahwa penggunaan data latar belakang tersedia. Anda dapat melakukan ini dengan membuka opsi Pengaturan> Aplikasi> Google Play Store> Data Seluler. Pastikan Izinkan penggunaan data latar belakang diaktifkan.

Reboot Perangkat Anda

Ini selalu merupakan langkah pemecahan masalah pertama yang tepat yang harus Anda ambil saat terjadi kesalahan. Betapapun baiknya penulisannya, perangkat lunak bergantung pada waktu dan pada balet pemrosesan, alokasi, dan eksekusi yang rumit agar semuanya berjalan dengan sempurna. Jika waktunya habis atau baris kode sebelumnya macet karena suatu alasan, semuanya bisa berbentuk buah pir.

. Reboot akan menyebabkan ponsel menghapus semua kode yang sedang diproses dan memulai lagi. Proses baru akan dimuat ke dalam memori dan Anda mungkin dapat mengunduh aplikasi tanpa kesalahan.

Periksa Pengaturan Waktu & Tanggal Anda

Autentikasi adalah proses seluler yang memerlukan waktu yang tepat untuk mengotentikasi perangkat Anda dengan Google Play dan server unduhan. Sebagian besar dari kita memiliki ponsel untuk menyinkronkan tanggal dan waktu secara otomatis dengan jaringan, tetapi perlu diperiksa.

Yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa apakah OS Anda berada di zona waktu yang tepat. Jika benar, lanjutkan. Jika tidak, perbaiki atau setel ke otomatis. Begini caranya:
Buka Pengaturan di perangkat Android Anda dan ketik Tanggal dan Waktu di bilah pencarian. Alihkan sakelar untuk Tanggal dan waktu otomatis agar menyala.Matikan ponsel Anda, lalu hidupkan lagi dan verifikasi bahwa waktu telah diperbarui.
Hapus Google Play Store Cache

Jika perangkat Android Anda tidak dapat mengunduh atau memasang aplikasi bahkan setelah semua pemeriksaan ini, mungkin ada baiknya mengosongkan cache Store. Ini adalah penyimpanan sementara di mana Google Play Store menyimpan semua data yang digunakan dan/atau perlu berfungsi. Itu bisa menjadi rusak jadi patut dicoba jika ada yang tidak sesuai rencana.
Pilih Pengaturan dan Aplikasi.Pilih Semua aplikasi dan Google Play Store.Pilih Penyimpanan dan Hapus cache.Ulangi untuk layanan Google Play dan Kerangka Layanan Google jika ada.
Ubah Izin Google Play Store Anda

Idealnya, Anda tidak perlu menyentuh izin karena sudah diatur secara otomatis. Namun, jika Anda sudah sejauh ini dan Anda masih tidak dapat mengunduh atau memasang aplikasi, ada baiknya mencoba.
Pilih Pengaturan dan Aplikasi.Pilih Google Play Store.Pilih Izin.Pastikan SMS dan Telepon diaktifkan. Kontak dan Lokasi bersifat opsional tetapi aktifkan untuk menguji. Pilih Layanan Google Play dari Aplikasi dan Izin. Pastikan izin disetel ke Aktif untuk Sensor tubuh, Log panggilan, Kamera, Kontak, Lokasi, Mikrofon, SMS, Penyimpanan, dan Telepon. Tes Ulang download aplikasi.
Beberapa aplikasi keamanan akan mengacaukan pengaturan ini tetapi Google Play Store dapat peka terhadapnya. Jika Anda tidak ingin semua layanan ini dapat diakses, Anda dapat mematikannya setelah pengujian.

Jika perangkat Android Anda tidak dapat mengunduh atau memasang aplikasi, salah satu langkah di atas pasti akan membantu. Apakah Anda tahu cara lain untuk membuat unduhan berfungsi? Beri tahu kami tentang hal itu di bawah jika Anda melakukannya!

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: