Apakah Fitbit atau Apple Watch Lebih Akurat?

Smartwatch dan pelacak kebugaran memiliki banyak kesamaan. Saat ini, Anda dapat membeli jam tangan pintar dengan berbagai fitur kesehatan atau pelacak kebugaran dengan berbagai aplikasi. Meskipun ini berarti produk memiliki lebih banyak untuk ditawarkan, itu membuat memilih di antara mereka lebih sulit.

Fitbit dan Apple Watch adalah nama terkenal di dunia jam tangan pintar. Jika Anda mencari pelacak kebugaran baru, Anda ingin memastikan bahwa Anda membeli produk yang akan menunjukkan hasil yang akurat dan tepat. Apple Watch lebih akurat dalam keadaan tertentu. Dengan bantuan kami, Anda akan dapat membuat keputusan yang tepat tentang apa yang lebih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Apakah Fitbit atau Apple Watch Lebih Akurat untuk Langkah Pelacakan?

Anda tidak perlu menjadi atlet profesional untuk memantau kebugaran Anda. Banyak orang menemukan bahwa menghitung langkah telah membantu mereka menjadi lebih aktif dan membuat jalan-jalan mereka lebih menyenangkan. Dengan mencapai target, orang merasakan pencapaian, yang membuat mereka berusaha lebih keras.

Dengan demikian, tidak mengherankan jika ini adalah salah satu fungsi penting Fitbit dan Apple Watch. Namun pertanyaannya, mana yang lebih akurat?

Apple Watch lebih fokus pada pembakaran kalori dan pergerakan saat mengukur langkah Anda. Ada alasan bagus untuk ini: Anda dapat membuat 10.000 langkah dengan mudah sepanjang hari dengan berjalan perlahan. Tetapi ketika Anda mengambil 10.000 langkah dalam waktu yang lebih singkat dan dengan menanjak, Anda membakar lebih banyak kalori. Dalam hal itu, penghitungan kalori Apple Watch memiliki keunggulan dibandingkan langkah.

Di sisi lain, Fitbit berfokus pada langkah aktual yang Anda ambil sepanjang hari. Terlebih lagi, Fitbit memungkinkan Anda melihat jumlah langkah saat berjalan. Dengan begitu, Anda dapat menentukan apakah hasilnya benar.

Tidak seperti Fitbit, Apple Watch tidak memiliki fitur penghitungan langkah bawaan di Apple Watch Face. Ini berarti Anda tidak bisa hanya melihat pergelangan tangan Anda dan melihat jumlah langkah Anda. Banyak pengguna menganggap opsi ini sebagai pemecah kesepakatan dan memilih Fitbit atau merek lain yang mengaktifkan fitur ini.

Menurut banyak pengguna, Fitbit lebih akurat dalam menghitung langkah. Karena memungkinkan Anda untuk melihatnya sambil berjalan, ini lebih andal dan ramah pengguna. Tentu saja Apple Watch masih bagus, terutama saat Anda mengkalibrasinya. Perbedaannya adalah apakah Anda lebih peduli dengan jumlah langkah yang sebenarnya atau kalori yang terbakar dan aktivitas umum sepanjang hari.

Namun, penting untuk diingat bahwa perangkat ini tidak 100% akurat. Keduanya dapat memiliki positif palsu dan mencatat langkah saat Anda tidak berjalan. Ini karena perangkat menghitung langkah berdasarkan gerakan Anda. Misalnya, arloji Anda mungkin merekam langkah saat Anda mengemudi atau duduk. Plus, banyak pengguna menyarankan akurasi juga tergantung pada apakah Anda memakai jam tangan di tangan dominan Anda atau tidak.

Pemenang: FitBit

Apakah Fitbit atau Apple Watch Lebih Akurat untuk Menghitung Kalori yang Terbakar?

Fitbit dan Apple Watch dapat menghitung berapa banyak kalori Anda membakar sepanjang hari.

Fitbit berfokus pada tingkat metabolisme basal (BMR) dan aktivitas Anda untuk menghitung berapa banyak kalori yang telah Anda bakar. Anda dapat menetapkan tujuan Anda sendiri dalam hal ini, yang berguna jika Anda berfokus pada penurunan berat badan.

Apple Watch juga menggunakan BMR Anda untuk menghitung kalori yang terbakar. Seperti Fitbit, Apple memungkinkan Anda memasukkan informasi pribadi Anda seperti jenis kelamin, berat badan, dan tinggi badan untuk menghitung berapa banyak kalori yang harus Anda bakar rata-rata. Desain Apple Watch menampilkan tiga dering, salah satunya adalah jumlah kalori yang disarankan yang harus Anda bakar setiap hari. Tentu saja, Anda selalu dapat menyesuaikan target kalori.

Perbedaan penting antara keduanya adalah jumlah kalori yang mereka catat. Fitbit mulai mengukur kalori Anda di tengah malam dan menunjukkan total kalori yang terbakar. Ini berarti kalori yang Anda bakar saat tidur dan istirahat juga akan dimasukkan ke dalam jumlah total.

Tidak seperti Fitbit, Apple membuat perbedaan antara “kalori aktif” dan “kalori istirahat”. Cincin yang mencatat kalori, cincin Pindah, hanya mengukur kalori aktif.

Ini bisa baik dan buruk. Beberapa pengguna suka melacak berapa banyak kalori yang mereka bakar hanya saat berolahraga dan tidak peduli dengan kalori yang terbakar saat istirahat. Di sisi lain, beberapa pengguna ingin melihat total kalori yang terbakar sepanjang hari.

Keduanya tepat dalam mengukur kalori, tetapi faktanya Fitbit akan mencatat lebih banyak kalori. Ini hanya karena ia mencatat kalori “istirahat” juga. Yang mana yang akan Anda pilih hanya bergantung pada kalori yang ingin Anda lacak, itulah sebabnya tidak ada pemenang yang jelas dalam kategori ini.

Pemenang: Tie

Apakah Fitbit atau Apple Watch Lebih Akurat dalam Melacak Detak Jantung?

Kedua merek menggunakan photoplethysmography (PPG) untuk melacak detak jantung Anda, jadi mari kita jelaskan sedikit lebih jauh.

Saat jantung Anda berdetak, kapiler Anda berkontraksi dan mengembang karena perubahan volume darah. Kedua perangkat memiliki lampu LED hijau yang berkedip ratusan kali per detik dan mencatat perubahan volume darah ini, sehingga melacak detak jantung Anda. Perangkat kemudian menganalisis data ini dan memberikan jumlah detak jantung tertentu per menit.

Fitbit mendeteksi tiga zona detak jantung: puncak, kardio, dan pembakaran lemak, yang bergantung pada detak jantung maksimum Anda. Zona puncak adalah saat Anda berada di 80-100% dari detak jantung tertinggi Anda selama bagian paling intens dari latihan Anda. Zona kardio adalah 70-84% dari detak jantung maksimum Anda, sedangkan zona pembakaran lemak adalah sekitar 50-69% dari detak jantung maksimum Anda. Selain itu, Fitbit memungkinkan Anda untuk menyesuaikan zona HR yang ingin Anda lacak.

Dengan Fitbit, Anda juga dapat merekam detak jantung istirahat atau jumlah detak jantung saat Anda diam untuk waktu yang lama. Waktu terbaik untuk mengukur ini adalah di pagi hari atau setelah 30 menit tidak aktif.

Seperti yang disebutkan, Apple Watch menggunakan teknologi yang sama untuk mengukur detak jantung Anda, dengan sedikit perbedaan. Tidak seperti Fitbit yang menyediakan pembaruan detak jantung setiap lima detik, Apple Watch melakukannya dalam interval yang bervariasi, tergantung seberapa aktif Anda. Tentu saja, Anda selalu dapat mengakses fitur detak jantung dan mengukurnya saat dibutuhkan.

Pengecualiannya adalah saat menggunakan aplikasi Latihan. Dalam hal ini, Apple Watch terus-menerus mengukur detak jantung Anda dan terus melakukannya selama tiga menit setelah Anda menyelesaikan latihan untuk merekam laju pemulihan.

Apple Watch juga merekam detak jantung istirahat Anda. Anda dapat mengaktifkan pemberitahuan detak jantung yang akan memperingatkan Anda jika ada perbedaan yang terjadi sepanjang hari.

Kedua perangkat memberikan pembacaan yang relatif akurat, tetapi banyak pengguna lebih memilih Apple Watch. Ini lebih sensitif terhadap ketidakteraturan detak jantung tinggi dan rendah, bahkan saat Anda tidak berolahraga.

Model baru dari kedua merek dapat merekam elektrokardiogram (EKG atau EKG). Ini adalah pengukuran sinyal listrik yang datang dari jantung Anda yang dapat menimbulkan ketidakteraturan. Menjalankan tes EKG pada kedua perangkat itu sederhana, dan hasilnya bisa sangat membantu.

Meskipun kedua perangkat dapat membantu Anda memahami detak jantung rata-rata selama istirahat dan berolahraga, keduanya tidak 100% akurat. Jika Anda merasa tidak enak badan atau mencurigai adanya masalah jantung, penting untuk mengunjungi dokter.

The Battle of the Titans

Fitbit dan Apple Watch adalah produk terkenal yang menawarkan banyak fitur pelacakan kebugaran. Meskipun tidak 100% akurat, mereka memberikan wawasan terperinci tentang aktivitas fisik harian dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Selain itu, perangkat menyimpan data, sehingga Anda dapat meninjaunya dan melacak kemajuan Anda kapan saja.

Apple Watch adalah pilihan yang baik jika Anda menginginkan pelacak kebugaran dan jam tangan pintar. Jika Anda hanya fokus pada pelacakan kebugaran, Anda harus memilih Fitbit.

Apakah Anda memakai pelacak kebugaran? Menurut Anda merek apa yang paling akurat untuk pelacakan kebugaran? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: