Bagaimana Mengenalinya Jika Orang Lain Menggunakan Akun Instagram Anda

Instagram adalah raksasa jejaring sosial, dan salah satu pemain paling transparan dalam gim ini. Plus, ia memiliki menu langsung di platform seluler dan web. Oleh karena itu, mengetahui apakah seseorang masuk ke akun Anda, menghapusnya, dan mengatur ulang kata sandi Anda tidak akan memakan waktu lebih dari beberapa menit.
Cara Melihat Pengguna Aktif Terbaru

Melihat login aktif terakhir adalah berjalan-jalan di taman. Instagram memungkinkan Anda menemukan semua info masuk penting di dalam aplikasi dan di situs resmi. Anda tidak perlu melewati rintangan atau meminta dan mengunduh data profil untuk mengakses info ini.

Di bagian berikut, cara melihat pengguna aktif terakhir untuk versi seluler dan web akan dibahas.

Android

Bagian ini menggabungkan platform Android dan iPhone, karena perbedaan dalam dua versi aplikasi dapat diabaikan. Berikut cara melihat penggunaan aktif terakhir di Instagram menggunakan aplikasi seluler. Perhatikan bahwa untuk tujuan tutorial ini, kami menggunakan ponsel Android.
Luncurkan aplikasi Instagram di perangkat Anda. Jika perlu, login. Jika tidak, Anda dapat pindah ke langkah kedua.
Langkah 1

Langkah 2

Ketuk ikon profil Anda di menu bawah. Ini akan membawa Anda ke bagian utama halaman profil Anda.

Langkah 3

Setelah itu, ketuk ikon menu di dekat bagian atas layar. Menu samping akan muncul, berisi beberapa tab pengaturan penting.

Langkah 4

Selanjutnya, ketuk entri Pengaturan di dekat bagian bawah layar.

Langkah 5

Setelah di layar Pengaturan, cari dan ketuk entri Keamanan dari menu.

Langkah 6

Berikutnya, ketuk entri aktivitas Login di layar Keamanan.

Saat layar aktivitas Login terbuka, Instagram akan menampilkan daftar lokasi dari mana Anda login ke akun Anda. Entri teratas dalam daftar adalah ponsel Anda, yang akan memiliki tag Aktif sekarang.

Dari PC atau Mac

Versi web Instagram memungkinkan Anda untuk melihat riwayat login Anda juga. Berikut cara menemukannya. Perhatikan bahwa langkah-langkah berikut ini untuk pengguna PC dan macOS.

Langkah 1

Luncurkan browser Anda dan buka situs resmi Instagram. Anda akan melihat Umpan Berita dengan Cerita aktif di dekat bagian atas layar. Ringkasan profil Anda akan berada di sisi kanan layar. Anda harus mengklik salah satu dari dua ikon profil yang Anda lihat di bagian kanan atas jendela browser.

Langkah 2

Klik roda gigi di sebelah tombol Edit Profil. Itu di dekat bagian atas layar.

Langkah 3

A menu akan muncul. Pilih entri Aktivitas Masuk.

Step 4

Instagram akan menampilkan daftar yang berisi semua lokasi masuk tempat Anda (atau orang lain) masuk ke akun Anda. Hasil teratas akan memiliki tag Aktif sekarang di bawah lokasi. Ini mewakili perangkat yang Anda gunakan untuk masuk.
Cara Keluar dari Semua Perangkat Lain

Mengeluarkan perangkat yang tidak Anda inginkan di profil Anda adalah proses yang mudah. Hanya perlu satu atau dua menit, dan Anda dapat melakukannya dari dalam aplikasi dan melalui situs web resmi platform.
Dari iPhone atau Android

Menghapus perangkat yang tidak diinginkan berfungsi sama di kedua versi aplikasi seluler. Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda ikuti:

Langkah 1

Anda harus mengikuti langkah 1-7 dari bagian melihat penggunaan aktif terakhir. Jika semuanya sudah selesai, Anda sekarang harus berada di halaman aktivitas Login.

Langkah 2

Pilih entri dari daftar yang ingin Anda hapus. Untuk melakukannya, ketuk tiga titik horizontal di sebelah kanan.

Langkah 3

Aplikasi kemudian akan menampilkan popup Info masuk. Ini akan menunjukkan peta dengan perkiraan lokasi perangkat. Anda akan melihat kota dan negara, serta waktu dan tanggal login dan sistem operasi perangkat.

Tap pada tombol Log Out di bagian bawah layar.

Step 4

Instagram akan menampilkan pesan Logout. Ini akan memberi tahu Anda bahwa aplikasi membuat Anda (atau orang lain) keluar dari sesi yang dimaksud.

Ketuk tombol OK untuk mengonfirmasi.

Dari PC atau Mac

Berikut cara menyingkirkan perangkat yang tidak diinginkan melalui situs web resmi.

Langkah 1

Luncurkan browser favorit Anda dan pergi ke situs resmi Instagram. Masuk jika perlu. Setelah itu, ikuti langkah 2-4 dari bagian “Dari PC atau Mac” sebelumnya. Anda akan sampai di halaman Aktivitas Masuk dan melihat daftar lokasi dan perangkat yang Anda gunakan untuk masuk.

Langkah 2

Selanjutnya, Anda harus mengklik panah yang mengarah ke bawah di sebelah entri yang ingin Anda hapus.

Instagram akan menunjukkan perkiraannya kepada Anda lokasi, waktu dan tanggal login, dan platform.

Langkah 3

Sekarang, klik tombol Log Out di bawah entri. Instagram akan menampilkan pesan Session Logged Out di layar.

Langkah 4

Klik OK untuk mengonfirmasi. Anda harus mengulangi proses untuk semua entri dalam daftar yang Anda ketahui atau duga dibuat oleh orang lain. Ulangi proses ini sebanyak yang diperlukan. Hapus semua entri yang terlihat mencurigakan.

Tindakan Keamanan

Setelah Anda melakukan langkah-langkah yang tercantum di atas, saatnya untuk mengamankan akun Anda.
Ubah Kata Sandi Anda

Di bagian ini, kami akan membahas mengubah kata sandi Anda untuk yang lebih kuat. Pertama, kita akan membahas versi seluler aplikasi.

Langkah 1

Luncurkan aplikasi di ponsel Anda dan buka profil Anda.

Langkah 2

Ketuk ikon tiga garis horizontal (menu).

Langkah 3

Pilih ikon Pengaturan dari bagian bawah menu.

Langkah 4

Selanjutnya, ketuk tab Keamanan, diikuti oleh Kata Sandi.

Langkah 5

Masukkan kata sandi Anda saat ini di kotak teks atas. Setelah itu, masukkan yang baru lalu masukkan kembali.

Langkah 6

Ketuk ikon Tanda Centang untuk menyimpan perubahan.

Versi Web

Berikut cara mengganti kata sandi melalui situs web:

Langkah 1

Luncurkan browser dan buka situs resmi Instagram.

Langkah profil Anda, diikuti oleh Pengaturan cog.

Langkah 3

Pilih entri Ubah Kata Sandi dari menu popup.

Langkah 4

Masukkan kata sandi lama Anda dan ketik yang baru di bidang yang diperlukan.

Langkah 5

Klik tombol Ubah Kata Sandi.

Jalankan Antivirus

Akhirnya, antivirus untuk memeriksa perangkat atau perangkat Anda. Jalankan pemindaian menyeluruh untuk melihat apakah ada virus atau malware lain di sistem. Sebaiknya biarkan antivirus aktif di latar belakang untuk perlindungan waktu nyata.

Pertanyaan Umum

Di bagian ini, kita akan membahas jawaban atas beberapa pertanyaan lain yang mungkin Anda miliki tentang keamanan Instagram.
Apakah Instagram memberi tahu Anda tentang login baru?

Sayangnya, jawabannya adalah Instagram tidak selalu memberi tahu kami ketika seseorang masuk ke akun kami. Kami memiliki artikel lengkap tentang masalah ini di sini.

Namun, Instagram memiliki bagian di bawah Pengaturan Privasi yang mencantumkan peringatan atau pesan apa pun dari platform media sosial. Selama Anda memiliki akses ke akun Anda, buka Pengaturan Anda seperti yang kami lakukan di atas. Kemudian, ketuk ‘Keamanan,’ dan terakhir, ketuk ‘Email dari Instagram.’ Jika ada login yang tidak biasa, mereka harus terdaftar di sini.

Apakah Instagram menawarkan otentikasi dua faktor?

Ya. Buka Pengaturan Privasi dan nyalakan fitur tersebut. Meskipun Instagram tidak akan mengirimi Anda email jika seseorang mencoba masuk, Anda akan mendapatkan kode autentikasi masuk jika seseorang mencoba mengakses akun Anda.

Tanpa kode yang tepat, pengguna lain tidak akan dapat mengakses akun Anda. Pastikan untuk selalu memperbarui informasi akun Anda jika tidak, Anda mungkin mengalami masalah saat mencoba mendapatkan akses.

Apa yang dapat saya lakukan jika akun saya dibajak sepenuhnya?

Jika Anda tidak dapat mengakses akun Anda karena seseorang mengubah informasi login , Anda tidak sepenuhnya kurang beruntung. Pertama, melalui pilihan reset password (meskipun mungkin tampak sia-sia). Instagram dapat mengirimkan pengaturan ulang ke email yang dapat Anda akses.

Selanjutnya, hubungi tim Dukungan Instagram untuk mendapatkan bantuan. Jika Anda tidak dapat memperoleh verifikasi untuk mengambil kembali akun Anda, Anda memerlukan bantuan.

Akun Anda Aman

Metode yang diuraikan dalam artikel ini akan membantu Anda menjaga Instagram Anda tetap utuh atau mengklaim kembali kedaulatannya jika disusupi.

Apakah Anda menemukan sesuatu yang mencurigakan di daftar login Anda? Sudahkah Anda mengubah kata sandi dan mengaktifkan antivirus Anda? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: