Bagaimana Mengenalinya jika PC Anda Dapat Berjalan

Untuk penggemar Windows, penantian panjang akhirnya berakhir. Windows 11 ada di sini bersama kami. Sistem operasi baru dibangun di atas banyak fitur yang ditemukan di versi Windows sebelumnya tetapi jangan salah. Di bawah tenda, Anda akan menemukan pembaruan signifikan yang ditujukan untuk meningkatkan kinerja dan keamanan PC Anda.

Misalnya, ia hadir dengan desain mirip Mac baru di mana ikon Taskbar sekarang dipusatkan di tengah layar, dan jendela aplikasi sekarang menampilkan sudut membulat.

Meskipun sebagian besar pengguna Windows antusias dengan perubahan ini, persyaratan sistem/perangkat keras yang lebih menuntut adalah beberapa perhatian utama mereka. Sudah menjadi rahasia umum bahwa kebanyakan PC tidak akan berhasil karena mereka tidak cukup kuat.

Microsoft akan memberi pengguna kesempatan untuk meningkatkan ke Windows 11 secara gratis, tetapi mengingat persyaratan baru, penting untuk mengetahui apakah PC Anda diperlengkapi untuk pemutakhiran jauh sebelumnya.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi semua cara untuk mengetahui apakah PC Anda dapat menjalankan Windows 11 untuk membantu Anda merencanakan, mempersiapkan, dan menghindari gangguan pada alur kerja Anda.

Bagaimana Saya Dapat Mengetahuinya jika PC Dapat Menjalankan Windows 11?

Setelah lebih dari enam tahun “keheningan” yang tidak biasa oleh Microsoft, raksasa teknologi itu akhirnya menghadirkan Windows 11, meskipun tidak dengan keriuhan dan kegembiraan seperti pada peningkatan besar sebelumnya.

OS baru sudah digembar-gemborkan sebagai salah satu versi Windows tercepat dan teraman hingga saat ini, dengan fitur yang dirancang untuk bekerja dan bermain. Tetapi sebelum Anda meningkatkan perangkat Anda saat ini atau membeli PC baru, penting untuk memastikan bahwa perangkat tersebut dapat mendukung semua fitur Windows 11.

Perlu diperhatikan, Windows 11 hadir dengan persyaratan perangkat keras yang lebih ketat daripada Windows 10. Perangkat Anda akan membutuhkan setidaknya dua inti dari prosesor 64-bit yang kompatibel, penyimpanan minimum 64GB, dan firmware sistem UEFI dengan kemampuan Boot Aman.

Jika Anda ingin tahu apakah perangkat Anda memenuhi persyaratan ini, ada beberapa metode yang akan membantu Anda mengetahuinya .

Metode 1 – Menggunakan Pemeriksaan Kesehatan PC Microsoft

Seperti dengan semua peningkatan besar lainnya, Microsoft ingin menyebarkan informasi tentang sistem operasi barunya untuk mendorong penyerapannya dan memfasilitasi migrasi yang lancar di antara pengguna. Eksekutif puncak telah tampil di media dan menulis banyak blog tentang apa yang berubah dan apa yang tidak.

Tapi mungkin karena banyaknya perubahan dan beberapa masalah kompleks yang dapat menimbulkan masalah bahkan di antara pengembang berpengalaman dan teknisi Windows, Microsoft juga memutuskan untuk menawarkan solusi otomatis.

Dalam minggu-minggu menjelang peluncuran Windows 11, perusahaan mengumumkan telah mengembangkan alat khusus untuk membantu pengguna menilai kemampuan PC mereka untuk menjalankan sistem operasi baru. Aplikasi Pemeriksaan Kesehatan PC Microsoft, antara lain, mengevaluasi fitur sistem Anda untuk menentukan apakah fitur tersebut dapat mendukung Windows 11.

Berikut cara menggunakan aplikasi:
Unduh aplikasi dari halaman Windows 11 di Microsoft.Buka aplikasi, setujui persyaratan layanan, lalu tekan tombol “Instal”. Setelah Anda berhasil menginstal aplikasi, Anda akan melihat pesan di bagian atas halaman beranda aplikasi “Memperkenalkan Windows 11.” Untuk memeriksa kompatibilitas PC Anda dengan Windows 11, klik “Periksa Sekarang.”
Setelah mengambil langkah-langkah ini, aplikasi Pemeriksaan Kesehatan akan berjalan dengan cerdas di latar belakang dan menilai apakah PC Anda siap menjalankan tugas.

Jika PC Anda siap untuk Windows 11, Anda akan melihat pesan yang mengatakan, “PC ini memenuhi persyaratan sistem Windows 11.” Anda akan mendapatkan pesan yang mengatakan, “Anda bisa mendapatkan upgrade gratis saat tersedia.”

Tetapi jika sistem Anda tidak kompatibel dengan Windows 11, Anda akan melihat pesan yang mengatakan, “PC ini saat ini tidak memenuhi Persyaratan sistem Windows 11.” Aplikasi ini juga akan mencantumkan persyaratan yang tidak dipenuhi PC Anda di bawah pesan itu. Anda juga akan diberikan tautan ke informasi lebih lanjut.

Meskipun Anda dapat memperbaiki dan menyelesaikan beberapa masalah yang disebutkan, hanya sedikit yang dapat Anda lakukan tentang masalah lain. Misalnya, Anda mungkin dapat mengaktifkan Boot Aman dan TPM 2.0. Tetapi tidak ada yang dapat Anda lakukan jika prosesor Anda saat ini tidak didukung oleh Windows 11.

Meskipun aplikasi Pemeriksaan Kesehatan telah mempermudah evaluasi PC untuk kompatibilitas dengan Windows 11, kinerjanya tidak dapat dicela. Ada beberapa laporan yang menunjukkan bahwa proses evaluasinya cacat.

Faktanya, Microsoft menarik aplikasi dari peredaran hanya beberapa hari setelah rilis awal, mengatakan langkah itu dimaksudkan untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan “tingkat detail atau akurasi aplikasi. ” Beberapa pengguna mengklaim bahwa mereka telah dapat menjalankan Windows 11 di PC mereka bahkan setelah aplikasi menunjukkan bahwa mereka tidak bisa.

Meskipun aplikasi yang diperbarui sekarang tersedia, beberapa pengguna telah memilih untuk memberikan tempat yang luas sama sekali dan mencari cara lain untuk mengevaluasi kompatibilitas. Ini membawa kita ke metode 2.

Metode 2 – Menggunakan Aplikasi WhyNotWin11

Aplikasi WhyNotWin11 adalah program sumber terbuka yang dikembangkan sebagai alternatif untuk aplikasi Pemeriksaan Kesehatan Microsoft. Ini berjalan melalui sistem PC Anda untuk menguji kompatibilitas dengan Windows 11 dan kemudian menampilkan hasilnya.

Berikut cara menggunakannya:
Unduh dan instal aplikasi di PC Anda. Setelah penginstalan berhasil, aplikasi akan menanyakan apakah Anda ingin menjalankannya sebagai administrator PC Anda. Klik “Ya” untuk menyetujui permintaan ini.
Setelah itu, aplikasi akan memindai semua komponen perangkat lunak dan perangkat keras sistem Anda untuk menentukan apakah mereka cocok untuk Windows 11. Anda akan melihat pesan “Ok” di layar beranda aplikasi jika semua baik-baik saja. Jika tidak, Anda akan mendapatkan palang merah.

Meskipun antarmukanya mungkin tidak ramah atau menyenangkan secara estetika, aplikasi WhyNotWin11 tampaknya menawarkan informasi yang lebih baik. Ini menjadi jauh lebih detail jika menganggap PC Anda tidak kompatibel dengan Windows 11.

Anda dapat menjalankan aplikasi WhyNotWin11 di Windows 10 atau pendahulunya.

Metode 3 – Buka Manual

Jika Anda fasih dalam masalah Windows dan memiliki pemahaman yang baik PC Anda, Anda dapat secara manual mengevaluasi kompatibilitas sistem Anda dengan Windows 11. Meskipun Microsoft telah merilis daftar lengkap persyaratan Windows 11, berikut adalah rincian singkat dari apa yang Anda butuhkan:
Processor: Setidaknya dua inti dari prosesor 64-bit yang kompatibel dengan kecepatan 1Ghz atau lebih cepatRam: Setidaknya 4GBPenyimpanan: Minimal 64GB (bisa naik setelah pembaruan berikutnya)Sistem Firmware: UEFI, Boot Aman mampu Trusted Platform Module (TPM): Versi 2.0Graphics Card: Harus mendukung DirectX 12 atau lebih baru, dengan Driver WDDM 2.0Display: Minimal 9 inci pada resolusi high-def (720p) dan setidaknya 8 bit per saluran warna Koneksi Internet: Diperlukan untuk menyelesaikan instalasi (Juga diperlukan untuk pembaruan dan pilih fitur tures)
Selain persyaratan di atas, Anda memerlukan Akun Microsoft (MSA) untuk menyelesaikan instalasi Windows 11 di perangkat Anda.

Tetap Tahu

Jika Anda ingin tahu apakah PC Anda dapat menjalankan Windows 11, aplikasi Pemeriksaan Kesehatan PC Microsoft dapat membantu. Sederhana dan mudah digunakan. Yang Anda butuhkan hanyalah mengunduh dan menginstalnya di perangkat Anda.

Namun, aplikasi ini memiliki beberapa masalah yang menimbulkan keraguan tentang keakuratannya di antara pengguna. Jika Anda menginginkan evaluasi sistem yang lebih menyeluruh, lengkap dengan perincian semua masalah utama, Anda dapat memilih aplikasi WhyNotWin11.

Lebih baik lagi, Anda dapat memeriksa perangkat Anda dan membandingkannya dengan fitur yang diperlukan untuk Windows 11 seperti yang didokumentasikan di Situs web resmi Microsoft.

Jika PC Anda tidak kompatibel dengan Windows 11, Anda memiliki tiga opsi. Pertama, Anda dapat terus menggunakan Windows 10. Faktanya, Microsoft telah berjanji untuk terus mendukung Windows 10 hingga setidaknya tahun 2025. Ini berarti Anda masih akan mendapatkan pembaruan keamanan dan segala jenis dukungan lain yang mungkin Anda perlukan.

Kedua, Anda dapat mencoba untuk menyelesaikan masalah yang diangkat. Misalnya, ada cara untuk mengaktifkan TPM 2.0 atau bahkan Boot Aman pada sebagian besar model PC yang ada di pasaran saat ini. Jika PC Anda tidak memiliki penyimpanan yang cukup, Anda dapat memasang hard drive baru dengan volume yang lebih tinggi.

Jika tidak satu pun dari opsi ini berfungsi, Anda selalu dapat menyerbu pasar untuk model PC baru yang mendukung sistem operasi baru.

Apa pilihan Anda pendapat tentang pemutakhiran Windows terbaru Microsoft?

Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: