Bagaimana Mengenalinya Kartu Grafis Apa yang Anda Miliki

Kartu grafis Anda adalah komponen penting dari perangkat keras komputer Anda. Jika Anda ingin memainkan video game apa pun, Anda akan menemukan bahwa kartu grafis Anda terdaftar di antara spesifikasi paling penting untuk game apa pun yang ingin Anda mainkan, memberi daya pada hampir semua visual yang Anda lihat di layar. Kartu grafis yang kuat sama pentingnya untuk pengeditan video, karena rendering dan inti CUDA semuanya didukung melalui kartu grafis di dalam mesin Anda.

Kebanyakan game dan program Windows menyertakan detail kartu grafis dalam persyaratan sistemnya, dan Anda mungkin perlu memeriksa kartu grafis apa yang Anda harus melihat apakah itu sesuai dengan persyaratan.

Apakah Anda bingung tentang kartu grafis khusus versus kartu grafis terintegrasi, jumlah VRAM dalam kartu khusus Anda, atau produsen apa yang membuat kartu Anda, mudah untuk memeriksanya—bahkan tanpa membuka laptop, desktop Anda , atau tablet. Mari kita lihat bagaimana Anda dapat mengetahui informasi kartu grafis Anda di Windows 10.

Penting juga untuk diingat bahwa beberapa perangkat, khususnya beberapa model Macbook Pro, memiliki GPU terintegrasi dan khusus, dengan kemampuan untuk beralih di antara kedua chip tergantung pada apa yang Anda lakukan dengan PC Anda.

Mencari Info Kartu Grafis Anda di Windows 10

Mencari kartu grafis Anda dalam Windows 10 itu mudah, dan ada beberapa cara untuk melakukannya tergantung pada seberapa banyak informasi yang Anda cari pelajari tentang kartu Anda.

Metode pertama kami menggunakan Alat Diagnostik DirectX bawaan Windows, yang dapat Anda gunakan untuk membaca informasi sistem mesin Anda sambil merinci informasi tentang komponen DirectX dalam sistem Anda. DirectX, bagi yang belum tahu, adalah API Windows untuk menangani konten multimedia, termasuk video dan game di platform Anda.

Metode kedua kami menggunakan alat perangkat lunak eksternal, GPU-Z, untuk membaca informasi di perangkat Anda, sering kali menawarkan lebih banyak informasi dengan biaya tambahan untuk menginstal aplikasi terpisah.

Menggunakan Alat Diagnostik DirectX untuk Mengidentifikasi Informasi GPU di Windows 10

Untuk menemukan detail lebih lanjut tentang GPU Anda, Anda dapat menggunakan Alat Diagnostik DirectX bawaan Windows, yang digunakan untuk membaca informasi sistem dari mesin Anda.

Meluncurkan Alat Diagnostik DirectX relatif sederhana. Alat ini disertakan dalam semua versi Windows 10, jadi terlepas dari PC Anda, Anda akan dapat mengakses alat ini melalui menu Mulai. DirectX juga merupakan standar yang cukup lama, jadi Anda seharusnya dapat menemukannya di versi Windows yang lebih lama seperti 7, 8, dan 8.1. Berikut cara mengakses information.
Mulai dengan menempatkan tombol Windows di sudut kiri bawah. Klik dengan mouse Anda dan ketik “Run” setelah menu Start terbuka. Setelah “Run” terbuka di desktop Anda, ketik “dxdiag” ke dalam bidang teks dan klik “OK.” Jika, sebelum peluncuran aplikasi, Anda menerima kotak dengan prompt “Ya” atau “Tidak” tentang meluncurkan “Alat Diagnostik,” tekan “Ya.” Setelah Alat Diagnostik DirectX dimuat, Anda akan melihat beberapa tab, bersama dengan banyak informasi sistem, termasuk pabrikan motherboard Anda, jumlah memori di dalam PC Anda, dll. Pilih tab “Tampilan”. Anda akan melihat semua informasi umum tentang preferensi tampilan sistem Anda saat ini, termasuk grafik kartu, merek dan model, jumlah VRAM (RAM video), dan resolusi saat ini yang didorong oleh perangkat Anda. Bagi siapa saja yang memiliki dua kartu grafis di sistem mereka (terintegrasi dan khusus), Anda akan memiliki dua “Tampilan” tab terbuka di jendela.Apakah Anda ingin mengganti kartu, mencoba menemukan perangkat lunak yang didukung untuk perangkat Anda, atau hanya mencari informasi umum tentang perangkat keras Anda, informasi di tab “Tampilan” biasanya semua yang Anda butuhkan.
Menggunakan TechPowerUp GPU-Z untuk Mengidentifikasi Informasi GPU n Windows 10

GPU-Z (juga dikenal sebagai TechPowerUp GPU-Z) adalah utilitas yang benar-benar gratis, jadi jangan khawatir harus membayar untuk menggunakan aplikasi di perangkat Anda.

Sebaliknya, Anda akan dapat menggunakan program untuk mengetahui lebih banyak tentang kartu grafis komputer Anda daripada yang Anda ketahui sebelumnya. Mulailah dengan membuka halaman ini untuk mengunduh utilitas.

GPU-Z dapat memberi kami beberapa informasi tambahan tentang kartu grafis Anda, jadi jika Anda mencari informasi tertentu—kecepatan jam, versi BIOS, tanggal rilis prosesor Anda, atau apa pun—berikut cara melakukannya.

Di sini Anda akan menemukan dua tema terpisah: versi standar GPU-Z dan program bertema ASUS ROG (Republic of Gamers, ASUS’s line of gamer-focused equipment). Untuk kebutuhan kami, kami hanya membutuhkan versi standar, tetapi jika Anda mencari beberapa flash visual di utilitas Anda, Anda juga dapat mengambil yang ASUS. Kedua aplikasi akan melakukan tugas dasar yang sama.
Unduh GPU-Z dan instal.Luncurkan GPU-Z, lalu pilih versi standar GPU-Z atau program bertema ASUS ROG (Republic of Gamers, ASUS’s line of gamer-focused equipment) .Pada pandangan pertama, aplikasi ini memiliki banyak informasi yang mungkin Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan. Pilih tab “Kartu Grafik” untuk melihat detail GPU. Jika Anda bingung tentang apa artinya, Anda dapat mengarahkan kursor ke kolom entri teks di setiap bagian aplikasi untuk lebih jelasnya. Terakhir, Anda juga dapat menggunakan drop- bawah daftar GPU di bagian bawah aplikasi untuk beralih di antara informasi kartu, jika komputer Anda memiliki dua kartu grafis.
Memahami Bagian GPU-Z
Tombol Pencarian: Mengklik ini akan meluncurkan browser Anda untuk memuat halaman pada kartu grafis spesifik Anda, bersama dengan gambar perangkat, tanggal rilis, dan banyak informasi lainnya. Sebagian besar ditampilkan dalam GPU-Z, tetapi jika Anda perlu mengirim atau membagikan info kartu grafis Anda dengan seseorang, basis data kartu grafis TechPowerUp dapat diandalkan, informasi yang mudah dibagikan. Nama: Ini akan menampilkan nama generik Anda kartu grafis (pada tangkapan layar di bawah, ini menampilkan Nvidia GeForce GTX 970). Namun, ini tidak akan menampilkan merek kartu grafis Anda (ini dikenal sebagai sub-vendor dalam GPU-Z). Teknologi: Ini menunjukkan ukuran dan struktur GPU Anda, diukur dalam nm (nanometer). Semakin kecil chip, semakin sedikit panas yang dihasilkan oleh GPU. Tanggal rilis: Tanggal rilis asli kartu grafis spesifik Anda. Subvendor: Pabrikan yang membuat kartu Anda (ASUS, EVGA, dll.). Jenis dan ukuran memori: Jenis dan pembuatan memori khusus yang terdapat dalam kartu grafis (VRAM) Anda. Ukurannya ditunjukkan di bawah tipe, tercantum dalam MB (megabyte). Semakin banyak VRAM, semakin kuat chip. Kecepatan jam: Ini adalah kecepatan yang diatur untuk dijalankan oleh GPU Anda. Ini dapat ditingkatkan dan di-overclock, tergantung pada kartu dan perangkat Anda, jadi Anda juga akan melihat informasi tentang kecepatan clock turbo-boost Anda di sini. Ini diukur dalam MHz (megahertz).***

Jika Anda tertarik untuk mengetahui cara kerja komputer Anda, atau Anda perlu meningkatkan atau memperbaiki masalah dengan kartu grafis Anda, mengetahui cara mencari informasi itu bisa menjadi alat yang berguna. Bahkan jika Anda hanya ingin mengetahui apakah Anda dapat menjalankan Cyberpunk 2077 di PC Anda, Anda akan senang mengetahui bahwa Windows 10 memiliki informasi grafis yang terpasang di dalamnya.

Tentu saja, GPU-Z dapat membantu Anda mempelajari seluk beluk cara kerja perangkat Anda. Karena kartu grafis sama pentingnya dengan menjalankan komputer, mengetahui cara mencari informasi di kartu Anda adalah salah satu tip paling berguna untuk diketahui. Jadi, apakah Anda sedang memecahkan masalah komputer Anda atau membeli game baru selama penjualan Steam berikutnya, Anda akan senang mengetahui di mana menemukan informasi yang Anda cari.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: