Bagaimana-Untuk Bertahan Malam Pertama Anda di Minecraft

Permainan Minecraft adalah banyak hal bagi mereka yang bermain. Bagi sebagian orang, ini tentang terhubung dengan komunitas dan bekerja sama untuk membuat hal-hal luar biasa. Bagi yang lain, ini adalah kanvas untuk mengekspresikan sisi kreatif mereka. Bagi yang lain, ini adalah arena untuk menguji keterampilan mereka bertarung melawan pemain lain. Namun, pada intinya, Minecraft adalah permainan bertahan hidup, di mana satu pemain diadu dengan lingkungan mereka dalam upaya untuk bertahan hidup dan akhirnya berkembang.

Meskipun ada mekanisme untuk membuat ini lebih sulit seiring berjalannya waktu, seperti kesulitan lokal, pada umumnya, permainan menjadi lebih mudah saat Anda mengumpulkan sumber daya dan membangun tempat yang aman yang dirancang untuk membantu Anda bertahan di dunia yang unik ini. Dengan demikian, malam pertama Anda adalah salah satu tantangan terbesar untuk bertahan hidup dalam permainan Minecraft, tetapi itu pasti bisa dilakukan jika Anda tetap fokus dan terburu-buru di hari pertama Anda.

Siklus Siang-Malam 

Minecraft memiliki siklus siang-malam, tetapi karena tidak praktis untuk menjadikannya siklus 24 jam penuh seperti yang kita alami di kehidupan nyata, pengembang menggunakan siklus 20 menit yang jauh lebih pendek yang dibagi rata antara 10 menit sehari dan 10 menit malam.

Seperti yang dapat Anda bayangkan, 10 menit bukanlah waktu yang lama untuk mengumpulkan sumber daya yang Anda butuhkan untuk bertahan hidup di malam yang dipenuhi gelombang monster bermusuhan yang tampaknya tak berujung, terutama saat Anda memulai dari awal, jadi kami harus menghitung setiap menit.

Untungnya, Anda tidak harus memulai dari awal jika tidak mau! Minecraft memang memiliki opsi pada penciptaan dunia untuk diberikan peti bonus dengan beberapa alat dasar untuk membantu Anda memulai. Jika Anda baru mengenal Minecraft dan ini adalah dunia pertama Anda, tidak ada salahnya menggunakan opsi ini hanya untuk memberi Anda sedikit lompatan di hari pertama Anda. Peti bonus muncul di dekat tempat Anda menelurkan saat penciptaan dunia. Ini adalah peti tunggal yang dikelilingi dengan 4 obor, 1 di setiap sisi peti dan berisi pilihan persediaan dasar secara acak yang dapat mencakup alat-alat (bisa beliung kayu atau batu dan kapak), balok kayu (bisa kayu gelondongan dari berbagai jenis pohon dunia luar), dan atau makanan (seperti apel atau roti).

Setelah Anda mengambil persediaan dari peti, Anda juga dapat mengambil peti dan obor, yang merupakan salah satu bonus terbesar untuk malam pertama Anda.

Panduan ini akan menganggap Anda membiarkan opsi ini tidak dicentang dan memulai sendiri dan tanpa sumber daya.

Hari Pertama Anda 

Jadi, Anda muncul di dunia baru dan tidak memiliki sumber daya. Inventaris Anda mencakup ruang kerajinan 2×2 dasar, bagus untuk persediaan dasar seperti obor, tetapi Anda akan membutuhkan ruang kerajinan 3×3 yang lebih serbaguna yang disediakan oleh meja kerajinan untuk membuat item yang lebih kompleks seperti alat. Ini terbuat dari kayu jadi tugas nomor satu adalah menemukan pohon dan mengumpulkan beberapa batang kayu.

Karena Anda belum memiliki alat apa pun, cukup gunakan tangan kosong Anda dan tahan klik kiri pada mouse sambil mengarahkan garis bidik ke apa yang Anda sedang mencoba untuk mengumpulkan. Anda akan melihat saat Anda menahan tombol mouse bahwa lengan Anda bergerak menjiwai Anda “meninju” apa pun yang Anda lihat dan blok yang Anda kumpulkan akan mengubah teksturnya sedikit untuk menunjukkan itu sedang rusak.

Setelah log mencapai titik tertentu untuk dihancurkan, itu akan berhenti ada sebagai blok yang ditempatkan di dunia dan akan berubah menjadi barang kecil yang melayang tepat di atas tanah yang dapat Anda kumpulkan dengan berjalan di atasnya.

Selamat, Anda mendapatkan log pertama Anda! Sekarang, tekan tombol “E” pada keyboard Anda untuk membuka inventaris. Anda akan melihat itu berisi 1 log (atau mungkin lebih jika Anda bersemangat meninju sisa pohon itu). Anda juga harus memperhatikan kanan atas inventaris memiliki kisi kerajinan 2×2 yang disebutkan sebelumnya.

Menggunakan mouse Anda, klik log dari inventaris Anda untuk mengambilnya dan klik lagi di kotak kerajinan untuk meletakkannya di sana. Anda akan melihat kotak kecil di sebelah kanan kisi kerajinan akan menampilkan item baru. Ini adalah produk yang akan dihasilkan dari kerajinan apa pun yang Anda tempatkan di kotak kerajinan, dalam hal ini, 4 papan kayu. Shift-klik untuk memasukkan produk ke dalam inventaris Anda.

Bagus! Sekarang Anda memiliki papan kayu, cukup untuk membuat meja kerajinan Anda. Sekarang, ambil papan kayu Anda dan tempatkan 1 di masing-masing dari 4 kotak kotak kerajinan. Anda dapat mengambil seluruh tumpukan papan kayu dengan mengklik kiri di atasnya kemudian saat Anda mengarahkan kursor ke setiap kotak kotak kerajinan, klik kanan padanya sekali untuk menempatkan 1 item dari tumpukan di kotak itu. Setelah Anda menempatkan papan keempat di kotak, Anda akan melihat bahwa produk baru muncul, meja kerajinan.

Ambil ini dan pindahkan ke hot bar Anda, yang terletak di bawah inventaris Anda. Ada 9 slot yang sesuai dengan tombol angka pada keyboard Anda 1 hingga 9. Silakan dan letakkan ini di kotak paling kiri 1 dan tutup inventaris Anda. Anda dapat menutup ini dan menu lainnya dengan menekan tombol “Esc” pada keyboard Anda.

Sekarang, untuk menggunakan meja crafting, kita harus menempatkannya di dunia. Pilih kotak 1 di hot bar Anda dengan menggulirnya dengan roda mouse atau dengan menekan tombol 1 pada keyboard Anda (tepat di atas dan di sebelah kiri tombol “Q”). Sekarang, arahkan bidik Anda ke lokasi di tanah di suatu tempat di dekat Anda dan klik kanan. Ini akan menempatkan balok yang Anda pegang (dalam hal ini meja kerajinan) di tempat yang Anda cari. Sekarang, kita memiliki akses ke kotak kerajinan yang lebih besar untuk membuat item yang lebih kompleks. Sayangnya, kita semua kehabisan bahan jadi kembalilah ke pohon itu dan ambil 2 batang kayu lagi.

Log ini akan kita ubah menjadi papan kayu lagi, jadi lanjutkan dan lakukan itu di kisi kerajinan inventaris Anda, atau jika Anda lebih suka menggunakan meja kerajinan baru yang mewah, Anda dapat melakukannya dengan mengklik kanan sambil melihatnya. Sekarang, ambil 2 papan kayu dan letakkan di mana saja di kisi kerajinan, pastikan salah satunya berada tepat di atas yang lain. Ini akan menghadirkan produk baru yang belum pernah kita lihat sebelumnya, sticks. Ambil tongkat dan letakkan di inventaris Anda (Mungkin Anda sudah memiliki tongkat jika Anda merobohkan seluruh pohon karena kadang-kadang jatuh dari daun yang membusuk. Tidak apa-apa karena digunakan dalam banyak resep kerajinan dan tidak ada salahnya untuk memiliki tambahan of).

Sekarang tempatkan 3 papan kayu yang tersisa di sudut kiri atas kotak kerajinan 3×3 membuat panah kecil dan tempatkan 2 tongkat pada kotak kerajinan di slot paling tengah dan slot tengah bawah. Ini akan menghadirkan produk baru untuk Anda ambil, kapak kayu. Ambil ini dan letakkan di bilah panas Anda di slot 1. 

Sekarang Anda memiliki kapak! Ini mungkin terbuat dari kayu, tetapi itu akan membantu Anda mengumpulkan kayu lebih cepat daripada hanya menggunakan tangan Anda, jadi gunakan benda itu untuk menebang pohon terdekat sebanyak mungkin. Jika Anda berada di area dengan pohon ek, cobalah untuk mengambilnya terlebih dahulu karena terkadang mereka dapat menjatuhkan apel. Setelah Anda mengumpulkan semua kayu gelondongan dari pohon, daunnya akan mulai membusuk, perlahan-lahan rontok dengan sendirinya dan menjatuhkan barang-barang darinya, dalam kasus pohon ek baik pohon ek, batang, atau apel. Tidak semua daun akan menjatuhkan item sehingga Anda mungkin tidak mendapatkan banyak salah satu dari ini, tetapi setelah beberapa pohon, Anda harus memiliki masing-masing. Apel dapat berfungsi sebagai sumber makanan permainan awal yang baik, tetapi jika Anda tidak memilikinya, jangan khawatir, ada opsi lain yang dapat Anda ambil dalam beberapa hari mendatang sebelum Anda benar-benar membutuhkan apa pun.

Anda akan melihat bahwa saat Anda menggunakan kapak, bilah hijau muncul di bagian bawah gambar kapak di bilah panas Anda. Ini adalah daya tahan kapak yang tersisa. Itu akhirnya akan berubah menjadi kuning, lalu merah, dan akhirnya akan menghancurkan item dan mengeluarkannya dari inventaris Anda. Ini adalah bagian dari Minecraft; Anda selalu dapat membuat alat baru, jadi jangan khawatir jika Anda merusak alat.

Setelah Anda mengumpulkan dua atau tiga pohon, Anda mungkin memiliki cukup kayu untuk malam itu dan saatnya mencari sumber daya yang lebih baik, tetapi Anda memerlukan alat baru, beliung. Masukkan kembali ke meja kerajinan dan letakkan papan kayu di tiga slot teratas, satu stik di slot tengah, dan stik lainnya di slot tengah bawah. Ini akan membuat beliung kayu di kotak keluaran. Ambil ini dan letakkan di slot 2 hot bar Anda.

Sekarang Anda perlu menemukan beberapa batu. Kadang-kadang akan ada beberapa di permukaan, tetapi sebagian besar waktu Anda harus menggali ke sisi bukit besar atau turun ke tanah untuk sampai ke batu. Untuk melewati kotoran, Anda akhirnya ingin membuat sekop, tetapi untuk hari pertama cukup gunakan tangan Anda.

Penting untuk dicatat pada titik ini bahwa Anda tidak boleh menggali langsung ke bawah. Sebagai gantinya, saya merekomendasikan salah satu dari selubung tangga atau berdiri di garis antara dua balok dan memecahkannya satu per satu bolak-balik, jadi jika Anda memecahkan balok dan menemukan sesuatu yang tidak ingin Anda jatuhkan (lava, gua yang dalam , dll.) Anda dapat berhenti sebelum jatuh ke dalamnya. Seharusnya tidak lama sebelum Anda mencapai batu yang dapat Anda kumpulkan dengan beliung Anda. Dimungkinkan untuk memecahkan batu dengan kepalan tangan Anda, tetapi perlu waktu lama dan balok tidak akan jatuh untuk Anda kumpulkan sebagai item kecuali jika Anda menggunakan beliung. Setelah Anda menemukan batu, gunakan beliung Anda dan ambil setidaknya 16. Mereka akan jatuh sebagai batu bulat, bukan batu, tetapi itulah yang Anda inginkan dalam hal ini, jadi itu sempurna.

Setelah Anda memiliki batu bulat, gunakan itu dan beberapa tongkat untuk membuat kapak dan beliung baru (pola yang sama dengan versi kayu, cukup ganti Papan Kayu dengan batu bulat) dan sekarang kita akan membuat beberapa item baru; pedang batu dan tungku.

Mari kita mulai dengan pedang. Tempatkan 1 tongkat di ruang tengah bawah pada kisi kerajinan 3×3 dan 1 batu bulat di ruang tengah, dan ruang tengah atas. Ini akan menampilkan pedang batu yang dapat Anda ambil dan letakkan di bar panas Anda.

Selanjutnya, ambil 8 batu bulat Anda yang tersisa dan tempatkan 1 di setiap slot kisi kerajinan 3×3 kecuali slot tengah. Ini akan menampilkan tungku. Ambil ini dan letakkan di bar panas.

Malam Pertama Anda 

Pada titik ini, Anda mungkin kehabisan cahaya matahari, jadi gunakan kapak Anda untuk memecahkan dan mengambil meja crafting Anda dan bawa semua ini ke tempat Anda akan berlindung di malam hari. Ini bisa berupa pintu masuk gua yang dangkal, bangunan yang terbengkalai, atau Anda dapat membuat tempat perlindungan sendiri dengan menggali lubang untuk melompat ke dalam atau dengan cepat mendirikan rumah yang sangat kecil. Sesampai di sana, letakkan meja kerajinan dan tungku Anda dan gunakan balok yang tersisa untuk menutup area dengan Anda di dalamnya.

Anda dapat membuat pintu jika Anda mau (isi semua kecuali 3 slot kiri pada kisi 3×3 dengan papan kayu untuk membuat 3 pintu), tetapi selama Anda disegel, Anda baik-baik saja.

Secara teknis, Anda dapat berkendara di malam hari di tempat penampungan Anda saat berdiri dan baik-baik saja, tetapi hanya duduk selama 10 menit dalam kegelapan pekat di ruang kecil sepertinya tidak menyenangkan atau efisien sehingga saat malam berlangsung, kami akan mengambil waktu untuk melakukan beberapa hal lagi.

Pertama-tama, kita perlu cahaya. Ketika Anda menemukan batu, Anda mungkin juga menemukan batu bara. Jika demikian, Anda dapat membuat 4 obor dengan 1 batubara dan 1 batang dengan menempatkannya di salah satu kisi kerajinan dengan batubara tepat di atas tongkat.

Jika tidak menemukan batubara, Anda dapat membuat arang dan membuatnya dengan cara yang sama dengan tongkat untuk membuat 4 obor.

Untuk membuat arang kita perlu menggunakan tungku. Buka menu tungku dengan mengklik kanan di atasnya. Tempatkan 1 atau lebih kayu gelondongan di slot paling atas untuk “dimasak” atau “dilebur” dan tempatkan sumber bahan bakar (papan kayu mungkin paling mudah, tetapi hampir semua barang kayu bisa digunakan seperti perkakas kayu tua, pintu tambahan, atau bahkan pohon ek itu) di slot bawah. Setelah keduanya ditempatkan, Anda akan melihat bahwa Tungku menyala, menghasilkan cahaya untuk tempat berlindung Anda untuk sementara, dan bilah kemajuan di menu Tungku menunjukkan berapa banyak waktu yang tersisa hingga menyelesaikan item yang sedang dikerjakannya. Anda tidak perlu melihat tungku mencium barang-barang Anda. Anda dapat keluar dari menu ini dan melakukan hal lain saat tungku melakukan tugasnya.

Setelah selesai, ambil arang dan buat obor Anda. Letakkan ini di bar panas Anda.

Untuk ruang yang Anda miliki, Anda mungkin hanya perlu menempatkan 1 untuk menerangi semuanya, tetapi jika Anda ingin menggunakan lebih banyak, Anda bisa.

Akhirnya, Anda terlindungi dari malam dan tidak duduk dalam kegelapan. Tetap saja, tidak ada salahnya untuk mempersiapkan hari esok. Karena Anda memiliki obor tambahan untuk menerangi apa yang Anda gali, Anda dapat mulai memperluas ke tanah untuk mencoba dan menemukan beberapa besi atau sumber daya berguna lainnya. Buat saja tangga ke tanah dan kumpulkan sumber daya yang meneranginya saat Anda pergi untuk mencegah gerombolan musuh muncul di dalam ruang aman Anda. Saya merekomendasikan menempatkan obor setidaknya setiap 7 kotak, meskipun lebih banyak cahaya tidak ada salahnya.

Selamat karena selamat dari malam pertama Anda di Minecraft! Jelas masih ada satu ton permainan, tetapi sekarang Anda memiliki dasar untuk tidak hanya bertahan, tetapi untuk berkembang!

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: