Bisakah Anda Mencari Dalam Satu Percakapan iMessage? Tidak Secara Spesifik

Jika Anda pengguna iPhone, aplikasi perpesanan Anda kemungkinan besar adalah iMessage. Ini adalah aplikasi iOS bawaan yang sangat berguna dengan fungsionalitas serbaguna. Baik Anda menggunakan iMessage di iPhone, iPad, atau Mac, Anda dapat menyimpan pesan sebanyak yang Anda inginkan. Tapi ini mungkin berarti Anda memiliki ribuan pesan di iPhone.

Jadi, bagaimana Anda mencari pesan tertentu di iMessage, terutama dalam satu percakapan? Sampai saat ini, Apple tidak menawarkan banyak solusi, tetapi sekarang ada beberapa cara Anda dapat menemukan apa yang Anda cari dalam percakapan iMessage.

Dapatkah Anda Mencari Dalam Satu Percakapan iMessage?

Beberapa orang dengan cepat menghapusnya seluruh percakapan iMessage, terutama jika tidak aktif atau masalah telah diselesaikan. Yang lain memilih untuk menyimpan setiap percakapan yang pernah mereka lakukan di iMessage dan aplikasi SMS lainnya.

Menyimpan pesan adalah ide yang baik jika Anda tahu bahwa pesan itu berisi informasi penting. Misalnya, pesan mungkin berisi detail kontak penting, tetapi Anda belum menyimpannya.

Menelusuri percakapan tertentu dalam iMessage dapat memberikan hasil yang Anda butuhkan. Namun, pada perangkat iOS, Anda tidak memiliki opsi untuk membuka satu percakapan di iMessage dan menelusurinya. Oleh karena itu, Anda perlu mencoba rute lain untuk mendapatkan hasil yang Anda butuhkan.

Cara Mencari iMessage Dengan Kata Kunci Tertentu

Fitur pencarian di iMessage cukup intuitif dan praktis. Saat Anda ingin menemukan informasi tertentu, Anda dapat menggunakan bilah pencarian dalam daftar percakapan iMessage.

Bilah pencarian tidak selalu terlihat, jadi Anda mungkin perlu menggeser ke bawah untuk membuatnya muncul. Katakanlah Anda ingin memeriksa informasi seputar rencana Natal yang Anda miliki dengan anggota keluarga. Inilah cara Anda dapat menemukan jawaban yang Anda butuhkan:
Akses bilah pencarian di tampilan Percakapan di iMessage. Masukkan kata kunci “Natal.” Aplikasi iMessage akan menampilkan tiga pesan terakhir yang berisi kata “Natal.” Jika tidak ada yang menawarkan hasil yang Anda inginkan, ketuk “Lihat semua” untuk melihat lebih banyak. Selain itu, Anda akan melihat kontak, foto, dan tautan yang berisi kata kunci yang sama.
Pesan yang berisi kata “Natal” akan dicantumkan secara kronologis dan berdasarkan kontak. Jadi, Anda mungkin melihat berbagai nama terdaftar, tetapi Anda dapat mengikuti cap tanggal dan waktu untuk menemukan yang Anda butuhkan.

Ketika Anda melihatnya, ketuk pesan, dan percakapan itu akan terbuka untuk menampilkan informasi lebih lanjut. Secara alami, semakin spesifik kata kunci, semakin mudah pencariannya. Perlu diingat, opsi ini hanya tersedia di iOS 13 ke atas.

Cara Mencari Percakapan iMessage Dengan Spotlight

Ada cara cepat lain untuk menemukan bagian percakapan di iMessage: Spotlight. Ini adalah fitur pencarian bawaan yang dimiliki setiap perangkat iOS dan berfungsi dengan Siri. Itu juga membuat pencarian melalui iMessage menjadi proses yang mudah. Berikut cara menggunakannya:
Untuk mengakses Spotlight, geser ke bawah dari layar utama iPhone atau iPad Anda. Di bagian paling atas layar, Anda akan melihat bilah pencarian. Masukkan kata kunci dan ketuk “Cari.” Spotlight kemungkinan akan mencantumkan banyak hasil dari iMessage dan web, serta aplikasi lain di ponsel Anda.
Jika pencarian Anda cukup spesifik, Anda mungkin akan menemukan apa yang Anda butuhkan relatif cepat. Menggunakan Spotlight sangat berguna jika Anda tidak yakin apakah informasi yang Anda cari dikirim atau diterima melalui iMessage.

Jika Spotlight tidak menampilkan hasil untuk aplikasi iMessage, yang Anda cari mungkin ada di pesan teks lain aplikasi di perangkat Anda. Kemungkinan lain adalah pesan atau utas pesan yang Anda cari telah dihapus.

Seberapa Jauh Anda Dapat Mencari Percakapan iMessage

Salah satu fitur terbaik yang tersedia untuk pengguna Apple adalah penyimpanan iCloud. Memiliki akses ke iCloud berarti Anda dapat mengambil semua kontak, foto, dan percakapan iMessage selama dicadangkan terlebih dahulu. Untuk memastikan semua pesan Anda disimpan:
Buka Pengaturan lalu ketuk ID Apple Anda. Pilih iCloud lalu nyalakan tombol “Pesan”.
Namun, jika fitur ini tidak diaktifkan, Anda hanya dapat mencari pesan di telepon. Ini mungkin membuat Anda bertanya-tanya seberapa jauh ke masa lalu Anda dapat benar-benar mencari.

Itu sepenuhnya tergantung pada pengaturan saat ini di perangkat Anda. Anda dapat menyimpan pesan Anda selama 30 hari, satu tahun, atau selamanya.

Jika ruang penyimpanan Anda memungkinkan, menyimpan pesan selamanya mungkin tidak menjadi masalah. Tetapi beberapa orang memilih pendekatan yang berbeda. Untuk memeriksa berapa lama pesan Anda disimpan:
Buka Pengaturan lalu pilih “Pesan.” Pilih “Simpan Pesan” di bawah bagian Riwayat Pesan.Pilih pengaturan yang paling sesuai untuk Anda.
Menemukan Kata yang Tepat dengan Cepat

Menggulir satu percakapan untuk menemukan informasi spesifik dapat menjadi tugas yang memakan waktu dan membosankan. Ini terutama bermasalah jika itu adalah percakapan iMessage dengan orang yang sering berkomunikasi dengan Anda, dan utas Anda sangat panjang.

Hal yang sama berlaku untuk pesan grup di mana Anda mungkin tidak yakin siapa yang menulis apa. Dengan kata kunci yang tepat, pencarian melalui pesan di perangkat Apple Anda adalah proses yang cepat.

Fitur pencarian dalam aplikasi menunjukkan hasil secara kronologis. Jika Anda memiliki gagasan bagus tentang kapan sesuatu ditulis, itu adalah pencarian yang mudah. Sayangnya, mencari dalam satu percakapan tidak mungkin, tetapi Anda juga dapat menggunakan pencarian Spotlight untuk mempersempit kemungkinan.

Apa yang biasanya Anda cari di aplikasi perpesanan? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: