Bisakah Google Classroom Melihat Layar Anda?

Dengan begitu banyak siswa yang menggunakan Google Classroom untuk pelajaran online mereka, wajar jika beberapa orang bertanya-tanya informasi pribadi apa yang tersedia untuk guru dan siswa lainnya. Lebih khusus lagi, banyak siswa tertarik apakah layar mereka dapat dilihat oleh orang lain selama panggilan video.

Artikel ini akan membahas apakah guru dan siswa lain dapat melihat layar Anda di Google Classroom. Kami juga akan membahas siapa yang dapat melihat layar Anda di Google Meet, perpanjangan dari Google Classroom.

Dapatkah Guru yang Menggunakan Google Classroom Melihat Layar Anda?

Google Classroom adalah salah satu platform terbaik untuk pembelajaran online karena memberi Anda banyak pilihan. Guru dapat menggunakan Google Classroom untuk membuat tugas, berbagi sumber daya, membuat pengumuman, membuat kuis online, dan memposting jenis dokumen lainnya. Di sisi lain, siswa dapat menggunakan platform ini untuk menyerahkan pekerjaan rumah mereka, mengomentari postingan, dan menemukan informasi bermanfaat. Secara keseluruhan, Google Classroom adalah aplikasi yang digunakan terutama untuk tujuan pendidikan, dan ditujukan untuk memungkinkan Anda berbagi dokumen dan pengumuman. Gunakan. Saat Anda menggunakan Google Classroom secara bersamaan dengan guru Anda, mereka bahkan tidak akan dapat melihat apakah Anda sedang online. Selain itu, pengajar yang menggunakan Google Classroom tidak dapat melihat layar Anda.

Faktanya, pengajar memiliki akses yang sangat terbatas ke informasi siswa di Google Classroom. Mereka hanya dapat melihat nama, foto, dan alamat email Anda. Namun, pengajar dapat memantau aktivitas pengguna Google Classroom dengan laporan penggunaan. Laporan ini memungkinkan pengajar melihat jumlah kelas yang aktif dan postingan yang dibuat oleh siswanya. Meskipun demikian, laporan tidak membedakan pengguna individu. Mereka ada hanya untuk menyediakan statistik bagi guru untuk digunakan untuk meningkatkan kelas mereka.

Tentu saja, semua yang Anda kirimkan akan terlihat oleh semua anggota grup Google Classroom Anda. Fungsi ini mirip dengan memposting konten di platform media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Anggota grup Google Classroom Anda juga dapat melihat komentar atau tanggapan apa pun yang Anda buat di pos guru atau siswa lain. Dengan mengingat hal itu, penting untuk berhati-hati dengan apa yang Anda posting.

Dapatkah Orang Lain Melihat Layar Anda di Google Meet?

Secara teknis, Google Classroom dan Google Meet adalah dua aplikasi yang berbeda. Namun, Google Meet terintegrasi ke dalam Google Classroom untuk memungkinkan siswa berpartisipasi dalam kelas virtual real-time. Pengajar dapat menggunakan Google Classroom untuk membuat link untuk Google Meet. Fitur ini sangat nyaman, dan memungkinkan pengajar mengundang hingga 250 siswa ke satu sesi Google Meet.

Fitur Google Meet mirip dengan aplikasi obrolan video lainnya, seperti Skype, Zoom, Microsoft Teams, dll. Siswa menggunakan Google Meet untuk pelajaran online mungkin memiliki kekhawatiran tentang apa yang sebenarnya dapat dilihat oleh guru mereka. Mungkin ada halaman, aplikasi, atau file tertentu yang bersifat pribadi dan tidak perlu dilihat oleh seluruh kelas Anda.

Pertanyaan tentang apa yang dapat dilihat pengajar dan siswa lain di Google Meet bergantung pada beberapa faktor. Semua orang akan dapat melihat nama dan foto profil Anda, baik Anda sedang online atau tidak. Jika Anda bertanya-tanya apakah orang lain dapat melihat wajah Anda selama panggilan video Google Meet, itu tergantung pada apakah Anda mengaktifkan kamera atau tidak.

Jika Anda tertarik dengan cara menonaktifkan video Anda di Google Meet, itu cukup sederhana. Yang perlu Anda lakukan adalah mengklik ikon kamera di bagian bawah layar. Anda bahkan dapat mematikan kamera sebelum atau selama sesi Google Meet. Setelah Anda menonaktifkan kamera Anda, guru Anda akan melihat gambar profil Anda di layar bergaya grid mereka alih-alih umpan kamera Anda. Ingatlah bahwa beberapa guru mengharuskan Anda menyalakan kamera untuk pelajaran.

Hal yang sama berlaku untuk layar Anda. Jika Anda telah mengaktifkan fitur berbagi layar selama pelajaran Google Meet, semua orang akan dapat melihat layar Anda. Jika belum, tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Jika Anda tertarik dengan cara mengaktifkan berbagi layar di Google Meet, begini caranya:
Aktifkan Google Meet.Masuk ke akun Google Anda jika belum melakukannya .Memulai panggilan video atau bergabung dengan yang sedang berlangsung.Klik tombol “Present Now” di sudut kanan bawah layar Anda.Pilih “Seluruh layar Anda” atau “Jendela”.Jika Anda memilih “Jendela, ” pilih jendela mana yang ingin Anda bagikan.Klik tombol “Bagikan”.
Setelah opsi berbagi layar diaktifkan, guru Anda dan siswa lain akan dapat melihat semua yang ada di layar Anda. Itulah mengapa penting untuk menyertakan hanya konten yang diperlukan. Saat Anda ingin berhenti berbagi layar, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengeklik tombol “Berhenti Berbagi” di pojok kanan bawah.

Dengan pembaruan Google Meet terbaru, pengajar memiliki opsi untuk menonaktifkan berbagi layar untuk siswa. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengetahui caranya:
Buka Google Meet di browser Anda.Mulai panggilan video baru.Klik ikon “Kontrol host” di sudut kiri bawah layar. Ini akan membuka jendela “Keamanan Rapat”. Di bawah “Biarkan Semua Orang”, alihkan tombol “Bagikan layar mereka”.
Hanya guru yang memiliki opsi untuk menonaktifkan berbagi layar untuk semua orang. Mereka juga dapat menonaktifkan fitur chat.

Tidak banyak informasi yang tersedia untuk pengajar selama panggilan video Google Meet. Meskipun mereka dapat melihat nama dan foto profil Anda, Anda tidak perlu membagikan video atau layar Anda kecuali jika diminta oleh guru Anda.

Opsi Privasi Google Kelas dan Google Meet

Saat Anda menggunakan Google Kelas, guru Anda tidak dapat bahkan melihat apakah Anda sedang online, apalagi apa yang terjadi di layar Anda. Di sisi lain, apakah pengajar dapat melihat layar Anda selama panggilan video Google Meet atau tidak bergantung pada apakah Anda telah mengaktifkan opsi berbagi layar atau tidak. Jika Anda bukan orang yang membagikan layar Anda, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Hal yang sama berlaku untuk feed video Anda.

Pernahkah Anda membagikan layar Anda di Google Meet? Jenis informasi apa yang Anda sajikan? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: