Bisakah Saya Menonton Kabel di TV Roku?

TLC Roku TV adalah TV pemenang penghargaan yang menawarkan kualitas video dan audio yang sempurna dan semua manfaat dari platform streaming Roku. Meskipun memiliki berbagai kelebihan, orang tidak yakin apakah mereka dapat menghubungkan kotak kabel mereka ke televisi modern ini.

Jika Anda salah satu yang masih belum memotong kabel, Anda tidak perlu khawatir. TV Roku tidak berbeda dari TV biasa dalam hal konektivitas. Jika Anda memiliki langganan kabel dan kotak kabel (atau hanya kabel koaksial) di rumah, Anda dapat dengan mudah menghubungkannya ke TV Anda. Artikel ini akan menjelaskan cara menghubungkan keduanya.

Pertama: Menghubungkan Kotak Kabel dengan Roku TV

Untuk menghubungkan Roku TV ke kotak kabel, Anda harus memperhatikan input audio dan video dari kedua perangkat. Roku TV Anda memiliki berbagai port input yang terletak di sisi kiri atau kanannya (tergantung serinya) dan mencakup beberapa port HDMI (termasuk Arc), port USB, port koaksial, dan input AV-IN dengan adaptor.

Pertama, Anda Anda perlu memeriksa kotak kabel Anda dan melihat input mana yang diperlukan. Jika Anda memiliki perangkat lama, Anda mungkin memerlukan input AV-IN dengan adaptor. Di sisi lain, perangkat yang lebih baru menggunakan kabel koaksial atau input HDMI. Tak satu pun dari kabel ini disertakan dengan TV, dan jika Anda belum menerimanya dalam paket kotak kabel, Anda harus membelinya.

Jika Anda memiliki opsi untuk memilih antara kabel HDMI dan koaksial, Anda harus memilih kabel HDMI. Ini adalah cara termudah untuk menghubungkan kedua perangkat. Selain itu, ini memberikan kualitas audio dan video tertinggi.

Pastikan Anda memiliki remote TV Roku dan menggunakannya untuk mematikan TV. Kemudian, sambungkan kedua perangkat dengan kabel yang sesuai. Setelah selesai, Anda harus melanjutkan ke langkah berikut.

Mengakses Kabel dengan Roku TV – HDMI

Ketika Anda menghubungkan kedua perangkat dengan kabel HDMI, akses televisi kabel seharusnya sangat mudah. Nyalakan TV kabel lalu gunakan remote untuk menyalakan TV Roku. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut:
Tekan tombol ‘Home’ pada remote untuk mengakses layar awal Roku. Arahkan ke menu akses cepat ke kanan menggunakan tombol panah pada remote Anda. Sorot kartu ‘HDMI 1’. Tekan tombol ‘ tombol OK’ pada remote Anda. Ini akan menampilkan konten dari kotak kabel dan Anda dapat menggunakan remote TV Roku Anda untuk menelusuri saluran seperti yang Anda lakukan di TV biasa.
Jika kotak kabel Anda dihidupkan dan kabel dicolokkan, semuanya akan berfungsi dengan baik. Jika Anda tidak dapat melihat gambar, hidupkan kedua perangkat dan periksa apakah kabel sudah terpasang dengan baik. Kemudian, hidupkan dan coba lagi.

Mengakses Kabel dengan Roku TV – Kabel Coaxial

Jika kotak kabel Anda memerlukan kabel koaksial untuk terhubung ke Roku TV, caranya sedikit berbeda dari yang di atas. Ikuti langkah-langkah berikut:
Colokkan kabel koaksial ke dalam kotak kabel dan TV Roku Anda.Nyalakan TV Roku.Tekan tombol ‘Home’ pada remote Roku Anda.Gunakan tombol panah pada remote Anda untuk menavigasi ke kartu ‘Antenna’. Tekan ‘OK’ untuk mengonfirmasi. Pilih ‘Mulai mencari saluran’ untuk menyiapkan antena kabel dan temukan semua saluran yang tersedia. Pilih ‘Tidak, saluran 3 dan 4 tidak diperlukan’ pada layar berikut. Tunggu hingga TV memindai semua saluran yang tersedia.
Setelah pemindaian selesai, TV akan memberi tahu Anda berapa banyak saluran yang ditemukan, memberi tahu Anda bahwa kotak kabel berhasil disiapkan. Selama cable box Anda terhubung ke Roku TV, Anda akan dapat mengaksesnya melalui kartu ‘Antenna’.

Mengakses Kabel dengan Roku TV – Audio/Video IN Input

Kebanyakan receiver dan cable box saat ini tidak menggunakan AV- IN input untuk mentransfer media dari perangkat ke layar TV. Namun, jika Anda memiliki kotak kabel yang lebih lama, Anda mungkin perlu menggunakan kabel ini alih-alih HDMI atau koaksial. Untungnya, semua TV Roku memiliki port AV-IN di bagian belakang perangkat.

Untuk menghubungkan perangkat melalui input AV, Anda memerlukan kabel AV komposit. Kabel ini berisi tiga jack berbeda di setiap ujungnya. Setiap soket berwarna berbeda dan mewakili input yang berbeda:
Kuning untuk video.Putih atau hitam untuk audio saluran kiri.Merah untuk audio saluran kanan.
Ikuti langkah-langkah ini untuk menyambungkan perangkat:
Matikan Roku TV Anda.Colokkan jack ke port dengan warna yang cocok (colokkan kuning ke port kuning dan sebagainya).Nyalakan TV.Tekan tombol ‘Home’ pada remote Anda untuk mengakses layar awal.Jika Anda mencolokkan semuanya dengan benar dan TV mengenali kotak kabel, kartu AV Anda akan menampilkan pratinjau kecil dari apa yang saat ini ada di layar kabel.Gunakan tombol panah pada remote Roku Anda untuk menavigasi ke AV.Tekan tombol ‘OK’ pada remote.
Kualitas Sempurna – Beberapa Perangkat

Seperti yang sekarang Anda hargai , siapa pun dapat dengan mudah menyambungkan Roku TV ke kotak kabel menggunakan salah satu port kabel yang tersedia. Prosesnya tidak berbeda dengan menghubungkan TV lain ke kabel atau penerima satelit, dan pada saat yang sama, ini memberikan gambar yang jelas dan audio yang jauh lebih baik (terutama jika Anda menghubungkannya ke port HDMI).

Berkat variasinya dari port yang tersedia, Anda dapat menghubungkan beberapa perangkat ke TV Roku Anda. Misalnya, Anda dapat menghubungkan kotak kabel dengan kabel koaksial, saat Anda menghubungkan Chromecast atau platform streaming lainnya di port USB. Masing-masing memberi Anda konten definisi tinggi yang tak terhitung jumlahnya.

Sudahkah Anda berhasil menyambungkan TV Roku ke kabel? Apakah Anda puas dengan kualitasnya? Bagikan pengalaman Anda di bagian komentar di bagian bawah halaman.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: